Comscore Tracker

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan Ferrari

Kedua tim kini bersaing untuk posisi ketiga di akhir musim

McLaren kembali dikalahkan oleh Ferrari. Terbaru, tim yang identik dengan warna livery oranye-biru itu gagal meraih poin lebih banyak Ferrari pada balapan GP Amerika Serikat.

Hal ini pun membuat McLaren harus waspada. Sebab, jarak poin mereka dengan Ferrari kini tinggal 3,5 poin saja dalam perebutan posisi ketiga di klasemen konstruktor. Sementara itu, Formula 1 musim 2021 kini menyisakan lima seri balap.

1. Ferrari tampil dominan atas McLaren di GP Amerika Serikat, mampu pangkas jarak di klasemen konstruktor

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan FerrariCarlos Sainz pada balapan GP Amerika Serikat (the-race.com)

Ferrari mampu tampil dominan atas McLaren di Circuit of The Americas pada Senin (25/10) dini hari WIB. Charles Leclerc sukses finis keempat di depan Ricciardo yang tuntaskan balapan di posisi kelima.

Sementara itu, Carlos Sainz mampu lewati garis finis di posisi ketujuh tepat di depan Lando Norris. Atas hasil tersebut, Ferrari mampu pangkas jarak di klasemen konstruktor dengan surplus 4 poin yang diraih pada GP Amerika Serikat.

2. Andreas Seidl akui jika McLaren perlu maksimalkan performa mobil MCL35M pada balapan sisa di musim 2021

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan Ferraripotret Andreas Seidl (f1i.com)

Mendapati kenyataan kembali takluk dari Ferrari, Andreas Seidl selaku ketua tim McLaren mengakui jika pihaknya perlu memaksimalkan mobil MCL35M pada balapan sisa di musim ini. Ia pun juga tak menampik jika faktanya Ferrari alami peningkatan performa dalam beberapa balapan terakhir.

“Sebuah realita bahwa mereka membuat langkah maju dengan paket mobil dan mungkin juga berkaitan dengan upgrade mesin yang mereka lakukan. Itu memberi mereka keuntungan, khususnya dalam dua balapan terakhir”, kata Seidl dilansir F1i.

3.  McLaren kini bergantung pada kecermatan dalam eksekusi saat balapan

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan FerrariLando Norris pada balapan GP Amerika Serikat (twitter.com/McLarenF1)

Lebih lanjut, Seidl menekankan bahwa kini McLaren perlu bergantung pada kecermatan dalam melakukan eksekusi saat balapan. Sebab, performa kedua tim bisa dibilang naik turun bergantung pada sirkuit yang menjadi venue balapan.

“Sangat penting fokus pada diri kami sendiri. Kami tahu tak ada upgrade lagi pada mobil, khususnya pada mesin kami. Jadi, penting untuk kami memaksimalkan paket mobil yang ada pada tiap pekan balap dengan tidak melakukan kesalahan saat balapan."

Baca Juga: Jadwal Resmi Rilis, 5 Fakta soal Balapan Formula 1 Musim 2022  

4. Ferrari puas dengan upgrade mesin terbaru, mampu di depan McLaren pada GP Amerika Serikat

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan FerrariCharles Leclerc pada balapan GP Amerika Serikat (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Di sisi lain, Ferrari merasa puas dengan upgrade mesin yang sudah mereka lakukan dalam beberapa balapan terakhir. Mattia Binotto selaku team principal tim berjuluk kuda jingkrak itu mengakui bahwa pihaknya mampu berada di depan McLaren di sepanjang pekan balap GP Amerika Serikat.

“Jika Anda melihat secara umum di musim ini, McLaren selalu sangat kompetitif di tikungan berkecepatan menengah hingga tinggi dan ini kasusnya yang sama seperti di Austin. Tapi, merujuk pada performa di pekan ini kami berada di depan mereka”, papar Binotto dikutip GPBlog

5. Meski puas, Binotto akui masih ada jarak antara Ferrari dengan tim bermesin terbaik di musim 2021

McLaren Butuh Maksimalkan MCL35M Guna Kalahkan FerrariCharles Leclerc dan Mattia Binotto jelang balapan GP Amerika Serikat (formula1.com)

Walau merasa puas dengan hasil GP Amerika Serikat, Binotto juga tetap realistis pada kondisi timnya. Ia masih merasa ada jarak dengan tim-tim yang memiliki mesin terbaik, dengan kata lain adalah Mercedes dan Honda. Tapi, musim ini tidak begitu jomplang dibanding musim lalu.

“Jika Anda mengacu pada musim lalu, tahun ini adalah sebuah langkah maju yang sangat besar. Kami tahu masih ada gap dengan mesin terbaik saat ini. Tapi, kami percaya bahwa gap yang ada tidak begitu dramatis."

Baca Juga: 9 Juara Dunia Formula 1 yang Tak Pernah Menang di GP Monako

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya