Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP Italia

Masih merasa tidak nyaman usai alami cedera bahu

Miguel Oliveira menjalani awal musim MotoGP 2023 dengan penuh liku. Pembalap RNF Team itu sudah dua kali absen lantaran mengalami cedera pada tubuhnya. Posisi Oliveira di klasemen pembalap juga di luar 15 besar.

Jelang GP Italia yang akan berlangsung pada 9–11 Juni 2023 mendatang, Oliveira justru tak yakin bisa ikut serta. Pasalnya, pembalap berkebangsaan Portugal itu masih merasa tak nyaman dengan kondisi bahunya.

1. Miguel Oliveira sudah melewatkan dua seri balap MotoGP 2023

Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP ItaliaMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (twitter.com/MotoGP)

Miguel Oliveira sudah melewatkan dua pekan balap pada awal musim 2023. Pembalap bernomor motor 88 itu tak turun saat GP Argentina yang digelar pada 31 Maret–2 April 2023 di Autodromo Termas de Rio Hondo. Saat itu, Oliveira mengalami cedera tendon pada rotator eksternal kaki kanan usai mengalami insiden dengan Marc Marquez di main race GP Portugal.

Nasib kurang beruntung kembali menerpa Oliveira. Ia gagal finis setelah terjatuh pada tikungan pertama ketika main race GP Spanyol di Sirkuit Jerez. Kali ini, Oliveira mengalami cedera bahu akibat kejadian tersebut. Alhasil, Oliveira tak bisa ikut pekan balap GP Prancis yang dihelat di Le Mans.

2. Miguel Oliveira merasa ragu bisa ikut serta di GP Italia

Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP Italiapembalap RNF Team Miguel Oliveira (motogp.com)

Cedera bahu yang kini sedang mendera membuat Miguel Oliveira ragu untuk bisa turun di pekan balap GP Italia. Pasalnya, butuh waktu untuk memulihkan kondisi hingga dinyatakan fit untuk turun balapan. Hal tersebut disampaikannya baru-baru ini usai menunggangi RS-GP22 di Sirkuit Misano.

“Bahu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipulihkan. Akan tetapi, kami melakukan hal terbaik yang kami bisa dengan fisio di rumah untuk mengembalikan bahu ke performa terbaik. Aku melakukan beberapa lap dengan motor MotoGP untuk penggemar dan tidak mendorong terlalu keras. Namun, aku masih merasa sangat tidak nyaman di atas motor,” ungkap Oliveira dilansir Crash.

3. Miguel Oliveira kini berfokus pulihkan kondisi fisik agar tampil prima

Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP Italiapembalap RNF Racing Miguel Oliveira (twitter.com/rnfracingteam)

Miguel Oliveira tak ingin terburu-buru untuk kembali balapan. Fokus dirinya saat ini adalah pemulihan cedera dengan harapan dapat kembali mengaspal dalam kondisi fisik yang prima. Untuk itu, keputusan apakah akan ikut GP Italia atau tidak akan disampaikan pada pekan depan.

“Aku tak tahu apakah akan balapan di Mugello, tetapi aku akan menunggu hingga pekan balap untuk melihat apakah aku bisa balapan atau tidak. Aku ingin kembali pada kondisi fisik 100 persen dan menjadi kompetitif.

Itu adalah target utamanya. Aku tahu bahwa itu akan jadi hal sulit karena setiap balapan Anda kehilangan ritme, kecepatan, dan Anda harus kembali dengan cara yang aman. Anda tak bisa berpikir tentang cedera apa pun. Itu akan jadi targetnya,” jelas Oliveira.

4. Miguel Oliveira terlempar dari posisi 15 besar di klasemen pembalap

Miguel Oliveira Ragu Bisa Ikut Balapan di MotoGP ItaliaMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Miguel Oliveira saat ini tak berada di posisi 15 besar di klasemen pembalap. Ia bertengger di posisi ke-16 setelah mengumpulkan 21 poin. Posisinya jauh lebih baik ketimbang Raul Fernandez yang berada di posisi ke-25 lewat raihan 3 poin.

Sementara itu, RNF Team menduduki posisi ke-10 setelah memperoleh 28 poin. Mereka tertinggal 63 poin dari Aprilia Racing yang bercokol di posisi kelima. Kedua tim sama-sama menggunakan motor RS-GP dengan Aprilia Racing sebagai tim utama.

Masih ada beberapa hari untuk Miguel Oliveira menimbang keputusan apakah ikut serta di GP Italia atau tidak. Ia tentunya akan mempertimbangkan aspek kesehatan demi mencegah kondisi fisiknya tak semakin parah.

Baca Juga: Bos RNF Team Puas atas Performa Miguel Oliveira di GP Amerika

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya