Comscore Tracker

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le Mans

Miller punya hubungan pasang surut dengan Le Mans

Jack Miller kembali meraih kemenangan di kelas utama MotoGP. GP Spanyol yang berlangsung di Jerez menandai kemenangan keduanya selama berkiprah di kelas premier

Kini, Miller mengincar kemenangan di GP Prancis. Ia bertekad membalaskan ‘dendam’ setelah di musim lalu gagal finis pada balapan di Le Mans. Lalu, seperti apa persiapan pembalap asal Australia itu jelang GP Prancis?

1. Hubungan ‘cinta dan benci’ Miller dengan sirkuit Le Mans

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le MansJack Miller kala memenangi GP Prancis 2014 (motogp.com)

Miller punya hubungan pasang surut dengan sirkuit Le Mans. Ia pernah memenangi GP Prancis kala masih berkompetisi di Moto3 pada 2014 silam. Itu menjadi satu-satunya kemenangan Miller sepanjang karier di semua kelas MotoGP.

Di sisi lain, ia menelan pil pahit pula saat beradu kecepatan di Le Mans. Ia pernah mengalami kecelakaan pada 2017 seusai melibas tikungan 1 kala sesi latihan ketiga tengah berlangsung. Musim lalu, ia gagal finis akibat masalah pada motornya.

“Ya, pastinya! Aku punya hubungan cinta dan benci dengan Prancis dan Le Mans secara khusus. Aku pernah menang di sini ketika di Moto3, aku juga hampir mati di sini di tikungan pertama, dan, tahun lalu, aku seperti mati di sini sebab motorku bermasalah ketika balapan tersisa 7 lap,” kata Miller dilansir Crash.

2. Kemenangan di Jerez membuat Miller bersemangat incar hasil bagus di GP Prancis

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le MansMiller dan Bagnaia merayakan kesuksesan di GP Spanyol (motogp.com)

Motivasi Miller untuk meraih hasil bagus di GP Prancis juga didorong oleh kemenangan yang didapatkannya pada GP Spanyol. Menurutnya, sukses menaklukkan sirkuit Jerez membuat dirinya bersemangat untuk lancarkan ‘balas dendam’ atas hasil kurang oke di Le Mans musim lalu.

“Itu (kemenangan di Jerez) akan membuat Anda lebih bersemangat untuk seri selanjutnya. Pada akhirnya, sebagai seorang pembalap, kami selalu melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari serta apa yang bisa kami lakukan. Sebab, kami selalu ingin lebih baik.

Jadi, pastinya saya ingin datang ke sini dan melakukan akhir pekan yang kuat seperti yang terjadi di Spanyol,” lanjutnya.

Baca Juga: Masuk Favorit Juara Dunia MotoGP 2021, Jack Miller Tanggapi Santai

3. Siap dengan segala kondisi cuaca yang bakal terjadi di Le Mans

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le MansJack Miller saat di garasi Ducati pada tes resmi Jerez (motogp.com)

Cuaca di Le Mans diperkirakan hujan pada akhir pekan ini. Meski begitu, Miller mengaku siap menghadapi pekan balap kali ini dengan kondisi cuaca apa pun. Kondisi serupa pernah terjadi saat ia meraih kemenangan pertama di kelas utama MotoGP pada 2016 di Assen, Belanda.

“Aku pikir kami sudah siap untuk semua kondisi yang akan datang pada akhir pekan ini. Aku pun juga dikenal cukup baik dalam balapan di kondisi hujan jika itu terjadi. Aku merasa harus menyelesaikan hal dengan Le Mans setelah apa yang terjadi di musim lalu. Jadi aku menantikan waktu berada di sini,” papar Miller.

4. Bagnaia juga punya rekam jejak bagus di Le Mans

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le MansBagnaia saat konferensi pers GP Prancis (motogp.com)

Tak hanya Miller yang punya kisah dengan Le Mans. Rekan setimnya di Ducati, Francesco Bagnaia, juga punya cerita tersendiri. Pembalap asal Italia itu sudah tiga kali naik podium di GP Prancis.

“Kami meraih tiga podium di sini. Satu kali saat di Moto3, sekali menang, dan sekali posisi kedua di Moto2. Jadi, ini adalah trek yang aku suka dan ini sangat cocok untuk motor kami,” ujar Bagnaia dikutip Motorsport.com.

5. Jadwal lengkap MotoGP 2021 seri Prancis

MotoGP: Gagal Musim Lalu, Miller Bertekad Raih Kemenangan di Le MansBalapan MotoGP seri Prancis 2020 (motogp.com)

Akhir pekan ini MotoGP kembali menggelar balapan. Masih di daratan Eropa, kali ini balapan akan berlangsung di Le Mans, Prancis. 

Nah, sembari menikmati suasana Lebaran, kalian bisa menyaksikan keseruan aksi para pembalap di lintasan pada akhir pekan ini. Untuk itu, IDN Times telah merangkum jadwal lengkapnya berikut ini.

Jumat, 14 Mei 2021

  • Sesi latihan 1: 14.55--15.40 WIB
  • Sesi latihan 2: 19.10--19.55 WIB

Sabtu, 15 Mei 2021

  • Sesi latihan 3: 14.55--15.40 WIB
  • Sesi latihan 4: 18.30--19.00 WIB
  • Kualifikasi 1: 19.10--19.25 WIB
  • Kualifikasi 2: 19.35--19.50 WIB

Minggu, 16 Mei 2021

  • Main Race: 19.00 WIB

Baca Juga: MotoGP: Ikut Tes Kedua Aprilia, Dovizioso Tak Pikirkan Wildcard

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya