AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022

Sebastian Vettel dan Lance Stroll masih memperkuat tim

Setelah Haas dan Red Bull meluncurkan mobil untuk gelaran Formula 1 2022, kini giliran Aston Martin yang berkesempatan menampilkan mobil mereka. AMR22 adalah nama mobil yang akan dipakai Lance Stroll dan Sebastian Vettel pada musim ini.

Acara peluncuran berlangsung di markas Aston Martin yang berlokasi di Gaydon, Inggris pada Kamis (10/2/2022) malam WIB. Seperti apa penampilan mobil anyar Aston Martin kali ini?

1. Warna hijau dipertahankan pada AMR22, terdapat sejumlah perbedaan dengan AMR21

AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022perbandingan mobil AMR22 dan AMR21 (twitter.com)

AMR22 masih menggunakan warna hijau sebagai warna livery utama pada mobil. Aksen merah muda pada AMR21 kini berganti menjadi kuning pada AMR22. Perubahan lain yang dapat terlihat antara lain bentuk hidung mobil, sayap depan, sidepod inlet, hingga sayap belakang.

Perubahan besar pada AMR22 terjadi karena adanya regulasi baru yang diterapkan oleh Formula 1 mulai musim 2022. Alhasil, AMR22 punya beberapa bagian yang berbeda dibandingkan dengan AMR21.

Tak lupa, ada tonjolan pada bagian engine cover yang dibubuhi logo sponsor crypto.com. Tonjolan ini sejatinya terdapat pula pada AMR21 yang menjadi ciri khas mesin Mercedes. Itu merupakan ruang khusus untuk mengalirkan udara ke ruang pembakaran. Udara yang berada pada ruang tersebut menjadi sangat dingin.

2. Perbandingan mobil AMR22 dibandingkan dengan mobil konsep Formula 1

AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022perbandingan mobil AMR22 dan mobil konsep Formula 1

Sekarang, mari kita membandingkan mobil AMR22 dengan mobil konsep Formula 1. Pertama, bentuk hidung mobil AMR22 jauh lebih ramping dibandingkan dengan mobil konsep. Lalu, endplate juga berdiri tegak dan tidak miring seperti pada mobil konsep.

Beralih pada bagian flap (nomor 3) mobil AMR22. Jika pada mobil konsep ada lengkungan puncak yang cukup terlihat, flap AMR22 justru terlihat lebih landai. Brake duct (nomor 4) juga punya bentuk yang berbeda dari yang tersemat pada mobil konsep.

Salah satu bagian yang juga terlihat berbeda adalah sidepod inlet. Lubang justru berbentuk persegi pada mobil AMR22, sedangkan pada mobil konsep tidak demikian. Selain itu, airbox inlet (nomor 6)j juga bentuknya berbeda. Bahkan, ada besi yang tersemat pada airbox inlet mobil AMR22 yang berbentuk seperti huruf A.

Baca Juga: Daniel Ricciardo Sempat Kewalahan Saat Debut di Formula 1

3. Perbandingan mobil AMR22 dengan mobil konsep Formula 1 dari tampak atas

AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022perbandingan mobil AMR22 dan mobil konsep Formula 1

Jika dilihat dari atas, AMR22 dan mobil konsep juga memiliki perbedaan. Engine cover AMR22 terlihat lebih mengembang ketimbang mobil konsep. Ditambah lagi lubang udara atau grill pada bagian engine cover punya ukuran lebih besar serta jumlah yang lebih banyak

Kemudian, pada bagian dekat sayap belakang juga berbeda. AMR22 punya bagian yang lebih sempit daripada mobil konsep. Pada bagian sayap belakang, AMR22 menampilkan DRS actuator yang fungsinya menggerakkan sayap belakang saat DRS diaktifkan.

4. Sebastian Vettel berhasrat meraih lebih banyak kemenangan pada 2022

AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022Sebastian Vettel dan Lance Stroll (formula1.com)

Sebastian Vettel pada acara peluncuran mengaku terkesan dengan AMR22. Dirinya berhasrat meraih lebih banyak kemenangan bersama Aston Martin. Selain itu, pembalap asal Jerman itu begitu antusias menjadi bagian dari rencana besar Aston Martin untuk berkembang lebih jauh lagi.

“Semua orang ingin menang, termasuk diriku. Tak ada orang yang akan berada di Formula 1 jika impian mereka bukan mengincar kemenangan. Hal paling utama adalah tetap melaju dan bertumbuh.

Ini baru tahun kedua dari rencana lima tahun, jadi kami masih cukup dekat dengan permulaan. Namun, tim ini punya ambisi dan rencana besar. Aku sangat bersemangat menjadi bagian dari itu,” kata Vettel dilansir situs Formula 1.

5. Lance Stroll berupaya membawa Aston Martin mendekati persaingan di deretan atas

AMR22, Mobil Baru Aston Martin untuk Formula 1 2022Lance Stroll dan Sebastian Vettel sedang mengintip mobil AMR22. (formula1.com)

Senada dengan Vettel, Lance Stroll juga berambisi membawa Aston Martin lebih dekat ke barisan depan pada Formula 1 musim 2022. Meski begitu, pembalap bernomor mobil 18 itu tetap meminta timnya bersikap realistis menghadapi ketatnya persaingan di kejuaraan. 

“Seperti yang dikatakan Vettel, sangat mustahil mengetahui posisi setiap tim saat ini sampai kami berada di trek. Bahkan, Anda mungkin juga tak tahu siapa yang benar-benar melakukannya dengan baik hingga sesi kualifikasi GP Bahrain. Aston Martin punya beberapa orang-orang pintar, jadi aku optimis kita bisa membuat progres bagus tahun ini,” ucap Stroll.

 

Pada musim 2021, Aston Martin bercokol di peringkat ke-7 klasemen konstruktor dengan meraih 77 poin. Prestasi terbaik mereka adalah finis posisi kedua pada GP Azerbaijan yang direngkuh Sebastian Vettel. Akankah musim 2022 menjadi momen peningkatan Aston Martin?

Baca Juga: Aston Martin Resmi Umumkan Otmar Szafnauer Meninggalkan Tim

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya