Comscore Tracker

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!

Mugello dan KymiRing debut sebagai tuan rumah!

Gelaran MotoE secara resmi merilis jadwal sementara untuk musim 2022 mendatang. Sebanyak tujuh sirkuit akan menggelar ajang balap motor listrik tersebut.

Tercatat ada dua sirkuit yang akan debut menjadi tuan rumah ajang MotoE. Sirkuit mana saja yang akan menggelar MotoE di musim 2022?

1. MotoE musim 2022 akan gelar 14 balapan pada tujuh sirkuit berbeda

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!balapan MotoE 2021 GP San Marino (motogp.com)

MotoE World Cup akan memasuki musim keempat pada 2022. Jika pada musim 2021 ada tujuh balapan yang digelar pada enam sirkuit, musim depan jumlah itu akan bertambah banyak.

Total ada tujuh sirkuit yang nantinya menggelar balapan tersebut dengan tiap sirkuit akan menggelar dua balapan sekaligus atau dikenal dengan istilah double-header. Itu berarti terdapat 14 balapan dalam tujuh seri yang akan dihelat.

2. Mugello dan KymiRing bakal debut sebagai tuan rumah MotoE

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!sirkuit Mugello di Italia (motogp.com)

Berdasarkan data dari Dorna.com, terdapat lima sirkuit yang masih akan menggelar MotoE di musim 2022. Kelima sirkuit itu adalah Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), Assen (Belanda), Red Bull Ring (Austria), dan Misano (San Marino).

Sirkuit Catalunya yang masuk kalender MotoE musim 2021 kini tak lagi ada di kalender sementara musim 2022. Sirkuit Mugello (Italia) dan KymiRing (Finlandia) nantinya akan menjalani debut sebagai tuan rumah untuk ajang MotoE.

Baca Juga: Kentalnya Aroma Indonesia di Gresini dalam Balapan MotoE

3. Sirkuit Mandalika sejatinya punya ketertarikan menggelar MotoE

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!tampilan Sirkuit Internasional Mandalika (worldsbk.com)

Dirilisnya jadwal sementara untuk musim 2022 menandakan bahwa MotoE masih akan digelar di daratan Eropa. Sejak digelar pertama kali pada musim 2019, MotoE belum pernah menggelar balapan di luar Eropa.

Dilansir Crash, sejatinya sirkuit Mandalika memiliki ketertarikan untuk menggelar ajang balap MotoE. Hal tersebut diutarakan langsung oleh CEO MGPA Ricky Baheramsjah beberapa waktu lalu.

“Kami telah berdiskusi dengan Dorna terkait MotoE. Itu adalah sebuah ajang balap yang fantastis dan juga berpotensi membuka jalan untuk masa depan motorsport. MotoE belum merambah ke Asia Tenggara, tapi kami telah membuka dialog dengan Dorna. Pastinya, itu adalah event yang akan sangat menarik untuk kami suguhkan,” kata Ricky.

4. MotoE 2022 jadi musim terakhir Energica sebagai pemasok motor tunggal

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!balapan MotoE 2021 GP Prancis (motogp.com)

MotoE musim 2022 juga akan menjadi musim terakhir Energica sebagai manufaktur tunggal penyedia motor untuk para tim di kejuaraan itu. Pada musim 2023, Ducati akan memulai debutnya sebagai pemasok motor untuk para tim yang berkompetisi.

Selain itu, MotoE juga akan menggelar tes pramusim resmi sebelum kejuaraan musim depan dimulai. Nantinya, para tim dan pembalap akan melakukan tes pada 7--9 Maret dan 11--13 April 2022 di sirkuit Jerez.

5. Infografis jadwal sementara MotoE World Cup 2022

MotoE Rilis Jadwal Sementara Musim 2022, Bakal Ada 14 Balapan!kalender sementara MotoE World Cup 2022 (Dok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita)

Musim lalu, Jordi Torres kembali keluar sebagai juara di MotoE World Cup usai berduel sengit dengan Dominique Aegerter. Bahkan, penentuan juara harus ditentukan di seri terakhir di Misano.

Kedua pembalap terlibat insiden di lap terakhir dengan Jordi Torres terjatuh setelah adanya kontak dengan Dominique Aegerter. Pada prosesnya, Aegerter terkena penalti akibat insiden itu dan Jordi Torres pun melenggang sebagai juara MotoE musim 2021.

 

Nah, buat kalian yang penasaran dengan jadwal lengkap MotoE World Cup 2021 ada baiknya menyimak infografis berikut ini. Jangan lupa dicatat, ya!

Baca Juga: MotoE Bakal Terapkan Aturan Baru di Musim 2022, Apa Saja?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya