Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi Dijual

Zarco memakai motor itu pada musim 2014

Baru-baru ini, motor yang dipakai Johann Zarco saat balapan di Moto2 sedang dijual. Motor tersebut dipakai pembalap asal Prancis itu saat membela tim AirAsia Caterham. Seperti apa kondisinya dan berapa harganya?

1. Pada Moto2 2014, Johann Zarco mampu finis ke-6 di klasemen akhir

Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi DijualJohann Zarco saat berkiprah di Moto2 2014. (motogp.com)

Sebelum membahas harga dan kondisi motor Caterham Suter yang dijual, mari kita menengok performa Zarco saat berkiprah di Moto2 2014. Memakai motor Suter MMX2, Zarco mampu finis di posisi ke-6 klasemen pembalap dengan raihan 146 poin.

Saat itu, ia mampu membukukan pole position untuk pertama kalinya sejak berada di kelas Moto2 pada 2012. Selain itu, Zarco juga berhasil naik podium sebanyak empat kali dan semuanya didapat dengan finis ketiga saat balapan.

2. Suter tak lagi ada di Moto2 usai 2017, kalah saing dengan Kalex

Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi DijualSasis Suter terpasang pada sebuah motor Moto2. (motogp.com)

Di sisi lain, nama Suter sebagai pabrikan sasis di Moto2 resmi berakhir pada pengujung 2017. Ini karena pabrikan asal Swiss tersebut memutuskan mundur karena tak banyak tim yang mau memakai jasa mereka.

Dilansir MotoMatters, Suter hanya mampu menggaet satu tim untuk memakai sasis buatan mereka menjelang 2018. Adalah The Dynavolt Intact Team yang kala itu menjadi tim satu-satunya yang mau memakai sasis Suter, sebelum berpindah ke Kalex setelah pengumuman undur diri Suter.

Kedigdayaan Kalex di Moto2 sejak 2013 pula yang membuat Suter sulit mendapat tim untuk menjadi pelanggan mereka. Pada 2017, yang jadi akhir perjalanan mereka, Suter menyokong Kiefer Racing dan Dynavolt Intact.

Baca Juga: Finis Kelima di Misano, Johann Zarco Makin Percaya Diri 

3. Motor Suter MMX2 Johann Zarco dijual seharga 33.200 euro

Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi Dijualinformasi motor Caterham Suter MMX2 yang dijual (racebikemart.com)

Dikutip Motosan, motor itu dijual seharga 33.200 euro atau setara dengan 534 juta rupiah. Motor tersebut bisa ditemukan pada situs Race Bike Mart.

Pada keterangan produk, tertera Speedbox sebagai penjual dengan lokasi yang disematkan di Swiss. Perlu diketahui, Speedbox merupakan bengkel yang khusus mempersiapkan motor untuk dipakai balapan.

4. Dijual dalam kondisi telah diservis dan memakai komponen orisinal

Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi DijualJohann Zarco saat berkiprah di Moto2 2014. (motogp.com)

MMX2 yang dijual sudah dalam kondisi diservis dan memakai komponen orisinal seperti saat Zarco menggunakannya pada Moto2 2014. Mesin yang dipakai pada motor tersebut masih sama, yakni ExternPro.

ExternPro sendiri merupakan pemasok mesin untuk kelas Moto2 kala itu, sebelum Triumph masuk pada 2019. Pada tahun ini, Triumph resmi memperpanjang kontrak untuk menyuplai mesin di kelas intermediete hingga 2024 mendatang.

5. Spesifikasi Suter MMX2 milik Zarco yang dijual. Tertarik membelinya?

Motor Caterham Suter Moto2 yang Dipakai Johann Zarco Resmi DijualJohann Zarco saat berkiprah di Moto2 2014. (motogp.com)

Selain Johann Zarco, Marc Marquez pernah menggunakan motor Suter MMX2 pada musim 2012 di Moto2. Saat itu, kakak kandung Alex Marquez itu mampu keluar sebagai juara pada akhir musim dengan membukukan 9 kali kemenangan dan 14 kali naik podium.

Untuk yang penasaran soal spesifikasi motor MMX2 milik Johann Zarco, bisa mengecek daftarnya berikut ini. Apakah kamu tertarik membelinya atau hanya CLBK alias cuma lihat beli kagak?

  • Extern Pro Engine
  • 2D Datalogging
  • WP Factory Moto2 fork
  • WP Moto2 shock
  • Brembo Moto2 brake system
  • HRC Alternator
  • HM GP quickshifter
  • FCC Moto2 clutch
  • OZ Magnesium wheels

Baca Juga: 10 Fakta Unik Johann Zarco, Pembalap Prancis yang Haus Gelar Juara

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya