Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP Spanyol

Ia belum pernah raih podium di kelas utama

Pembalap LCR Honda Idemitsu Takaaki Nakagami hampir saja finis di posisi tiga besar di GP Spanyol. Sayangnya, ia masih belum mampu menggapainya untuk berada di podium sebab harus puas sudahi balapan di posisi keempat.

Ada cerita unik yang terjadi setelah balapan usai. Usai memarkirkan motornya dalam garasi tim, Nakagami rupanya menangis sebab masih belum bisa naik podium sejak pertama kali berada di kelas utama pada 2018. 

1. Campur aduk perasaan Nakagami usai GP Spanyol

Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP SpanyolNakagami tertunduk usai balapan GP Spanyol (motogp.com)

Nakagami memang tak bisa menyembunyikan kekecewaannya lantaran gagal finis di tiga besar. Namun di sisi lain, pembalap asal Jepang itu bangga pada penampilan dirinya pada balapan selama 25 lap tersebut.

“Setelah balapan aku berteriak. 50 persen aku bangga, tapi 50 persen aku tidak kecewa. Aku tak tahu bagaimana menjelaskan perasaan itu”, kata Nakagami dilansir Autosport.

“Ketika aku menuju pit box, aku menangis karena aku mulai berpikir tentang podium pertamaku. Aku sedikit kecewa tapi inilah balapan”, lanjutnya.

2. Catatkan hasil bagus sepanjang pekan balap di Jerez

Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP SpanyolNakagami saat balapan di GP Spanyol (motogp.com)

Performa apik Nakagami sejatinya sudah terlihat sejak sesi latihan Jumat GP Spanyol di Jerez. Data dari MotoGP mencatat pada sesi latihan pertama ia berada di posisi ke-11. Sesi latihan kedua Nakagami sukses bercokol di posisi ke-6.

Sesi latihan ketiga yang menjadi penentu untuk bisa langsung lolos ke sesi kualifikasi kedua atau Q2 pun dilahapnya dengan baik. Nakagami menjadi yang tercepat di sesi itu. Saat kualifikasi pun ia sukses memperoleh posisi start ke-5.

Baca Juga: MotoGP 2021: LCR Honda Rilis Motor Versi Takaaki Nakagami

3. Pergantian ke sasis lama membantunya lebih cepat di lintasan

Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP SpanyolNakagami saat di pit box pada GP Spanyol (motogp.com)

Salah satu kunci performa mengesankan Nakagami di Jerez ialah penggunaan sasis lama. Nakagami dan timnya melakukan pengujian dua jenis sasis, yakni sasis versi lama dan versi terbaru untuk musim ini pada GP Spanyol.

Namun, setelah dicoba ternyata Nakagami lebih nyaman memakai sasis lama. Komponen tersebut mampu memberikannya daya cengkeram lebih kuat pada bagian belakang motor.

4. Menangi ‘duel’ lawan Aleix Espargaro untuk raih posisi finis keempat

Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP SpanyolNakagami membuntuti Aleix Espargaro di GP Spanyol (motogp.com)

Kegigihan Nakagami untuk peroleh posisi finis keempat dibuktikan dengan dirinya yang sukses menang dalam duel lawan Aleix Espargaro. Ia berhasil menyalip pembalap Aprilia tersebut setelah beberapa lap harus berada di belakang sang rival.

“Beberapa lap saya di belakang Aleix dan saya berpikir di mana saya bisa menyalipnya. Saya berpikir untuk menyalipnya di tikungan terakhir, tapi setelah tikungan 12 selalu ada jarak di antara kami”, jelas Nakagami dikutip Motorsport.com.

“Kemudian, aku lihat Quartararo mulai melambat, kemudian Aleix mulai lebih lambat sepersepuluh detik. Hal ini membuatku sadar inilah saatnya dan jika aku melewatkannya Joan Mir akan datang dan terjadilah pertarungan besar”, lanjutnya.

5. Ban depan Aleix Espargaro menyenggol lengan Nakagami saat duel

Nakagami Menangis Usai Gagal Raih Podium di GP SpanyolNakagami menggeber motor di GP Spanyol (motogp.com)

Lebih lanjut, Nakagami mengungkapkan jika ia berusaha masuk ke sisi dalam tikungan 4 dan 5 untuk menyalip sekaligus menutup ruang Aleix. Di saat itu, ia menyadari bahwa lengannya bersenggolan dengan ban motor milik pembalap asal Spanyol tersebut.

“Jadi, aku tutup mataku dan mencoba untuk masuk ke sisi dalam tikungan 4 dan di tikungan 5 mencoba menutup ruang. Dia mencoba untuk tetap di sisi dalam tikungan dan kami bersentuhan”.

“Pada pakaian balapku Anda bisa melihat di bahu kanan ada tanda hitam yang besar karena ban depan miliknya menyentuh lengan kananku. Tapi, itu gerakan yang bagus”, pungkasnya.

Baca Juga: 9 Potret Takaaki Nakagami, Satu-satunya Rider Asia di MotoGP 2020

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya