Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 Championship

Bakal dipakai untuk penghargaan apa, ya?

George Russell baru-baru ini mendapat berita gembira. Sebab, namanya akan dipakai sebagai penghargaan dalam salah satu ajang balap dari negara asalnya.

Nama pembalap Mercedes itu akan menghiasi kejuaraan GB4 Championship untuk sebuah penghargaan yang bakal diperebutkan para pembalap muda. Kira-kira penghargaan apa yang bakal memakai nama George Russell?

1. Nama George Russell dipakai untuk penghargaan pole position

Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 Championshippembalap baru Mercedes George Russell (formula1.com)

Melansir WTF1, nama George Russell akan digunakan untuk penghargaan yang diberikan kepada para pembalap yang mampu meraih pole position terbanyak dalam satu musim. Adapun nama resminya adalah George Russell Pole Position Cup.

Pembalap yang mampu meraih pole position akan mendapat 125 pound sterling atau setara dengan 2,4 juta rupiah dan trofi pada setiap balapan. GB4 pada 2022 sendiri menggelar delapan seri balap. Pada setiap seri balap akan berlangsung kualifikasi serta tiga kali balapan.

Adapun pembalap yang mampu meraih pole position terbanyak dalam satu musim akan mendapat hadiah 4.000 pound sterling atau 76 juta rupiah serta piala penghargaan. Tentu hal ini makin membuat semangat para pembalap muda untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka di atas lintasan.

2. George Russell pernah memenangi penghargaan pole position pada 2014

Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 ChampionshipGeorge Russell saat memenangi penghargaan Jack Cavill Pole Position Cup 2014. (gb-4.net)

Penyematan nama George Russell dalam penghargaan pole position pada GB4 Championship bukan asal pilih. Sebab, sebelum menapaki karier seperti sekarang, Russell pernah berkiprah dalam ajang tersebut pada 2014 silam.

Saat itu, kejuaraan masih bernama BRDC Formula 4 Championship. George Russell memperkuat tim Lanan Racing. Selama 1 musim balapan, ia mampu meraih 3 kali pole position dari 8 seri balap yang dijadwalkan.

Pada akhir musim, Russell sukses meraih penghargaan pole position yang masih diberi nama Jack Cavill Pole Position Cup. Ia pun berhak atas hadiah trofi dan uang 1.000 pound sterling (Rp19 juta). Russell juga keluar sebagai juara setelah menempati posisi pertama dalam klasemen pembalap lewat raihan 483 poin.

3. Russell senang namanya dipakai untuk penghargaan pada GB4 Championship

Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 Championshippembalap Mercedes George Russell (twitter.com/MonsterEnergy)

George Russell mengaku senang namanya dipakai untuk penghargaan pada ajang balap yang menjadi jalan dirinya menapaki karier profesional seperti sekarang. Ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada John Cavill sebagai pencetus penghargaan itu pada GB4 Championship atas kehormatan yang diberikan kepadanya.

“John Cavill telah sangat mendukung sejak hari pertamaku dalam ajang balap dan menjadi sosok yang familier dalam musim 2014 saat aku memenangi kejuaraan. Dia telah memberikan dukungan kepada banyak pembalap muda di kejuaraan junior. Merupakan sebuah kehormatan untuk menerima undangannya untuk memberi dukungan pada inisiatifnya dalam GB4 Championship,” kata Russell dikutip situs resmi GB4 Championship.

4. Russell mengaku menjuarai BRDC F4 Championship sangat penting bagi kariernya

Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 ChampionshipGeorge Russell saat menjuarai BRDC F4 Championship 2014 (formulascout.com)

Russell juga menuturkan bahwa berhasil menjuarai BRDC F4 Championship pada 2014 silam sangat penting bagi perjalanan kariernya. Menurutnya, kejuaraan itu membuka jalan baginya untuk bisa menapaki kesuksesan seperti saat ini.

“Memenangi BRDC F4 Championship sangat penting bagi karierku. Sulit membayangkan aku akan berada pada posisi seperti sekarang tanpa hal itu. 

Aku yakin GB4 Championship akan memberikan kesempatan yang sama seperti yang aku dapatkan dahulu. Aku menantikan momen untuk mengucapkan selamat kepada pemenang penghargaan George Russell Pole Position Cup pada akhir musim nanti,” ucap Russell.

5. Kilas balik singkat perjalanan George Russell selepas BRDC F4 Championship 2014

Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 ChampionshipGeorge Russell saat berkiprah pada ajang Formula 2 (fia.com)

Setelah lulus dari BRDC F4 Championship, George Russell sukses menjuarai sejumlah seri yang tingkatnya lebih tinggi. Ia mampu merengkuh gelar juara GP3 Series pada 2017 bersama tim ART Grand Prix.

Semusim berselang, George Russell mampu finis pada klasemen akhir Formula 2 sebagai juara dengan tim yang sama seperti pada GP3 Series. Barulah pada 2019 Russell memulai debutnya pada ajang Formula 1 bersama Williams. 

Musim 2022, Russell akan berduet dengan Lewis Hamilton dalam skuad Mercedes. Akankah ia mampu menampilkan performa terbaiknya? Kita lihat saja nanti!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya