5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termuda

Verstappen masih yang termuda lho!

Usia muda sering dikaitkan dengan banyak hal. Jiwa berani, suka mengeksplorasi hal-hal baru, serta terbukanya banyak peluang adalah beberapa hal yang begitu melekat di kepala kebanyakan orang ketika merujuk ke kondisi usia muda.

Berbicara soal terbukanya peluang, beberapa di antaranya bahkan sudah mulai meniti karier dari usia muda, termasuk menjadi seorang pembalap F1. Nah, berikut ini IDN Times akan menyajikan 5 pembalap yang menjalani balapan perdana di usia termuda. Siapa saja? Langsung simak saja, ya!

1. Max Verstappen (17 tahun dan 166 hari)

5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termudaskysports.com

Max Verstappen masih menyandang status sebagai pembalap termuda yang menjalani balapan untuk pertama kalinya di F1. Rekor ini sudah dipegangnya sejak awal musim 2015 silam. Ketika itu ia menjalani balapan perdana saat masih berusia 17 tahun dan 166 hari.

GP Australia adalah panggung awal pembalap asal Belanda itu di ajang F1 bersama Toro Rosso. Memulai balapan dari posisi ke-11, Verstappen sejatinya punya peluang meraih poin, tetapi masalah mesin membuatnya gagal finis.

Kini Verstappen menjadi salah satu pembalap yang diperhitungkan untuk bisa meraih juara di musim 2021. Bersama Red Bull, ia mampu bersaing melawan Hamilton dan Mercedes.

2. Lance Stroll (18 tahun dan 148 hari)

5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termudaf1i.com

Dua musim setelah Max Verstappen, muncul pembalap muda lainnya yang masuk daftar rekor ini. Pembalap itu ialah Lance Stroll. Ia menjalani balapan pertama pada GP Australia 2017 di usia 18 tahun dan 148 hari bersama Williams Mercedes.

Ia pun menjadi pembalap Kanada pertama yang berkiprah di F1 sejak Jacques Villeneuve yang terakhir kali berada di ajang balap jet darat ini pada 2006 silam. Kini Stroll membalap untuk Aston Martin bersama Sebastian Vettel.

Baca Juga: Sirotkin Resmi Dampingi Lance Stroll di Tim Williams Formula 1

3. Lando Norris (19 tahun dan 124 hari)

5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termudasupercars.com

Pembalap yang menyandang status sebagai yang termuda menjalani balapan pertama di F1 selanjutnya ialah Lando Norris. Pembalap asal Inggris itu pertama kali berada di balik kemudi mobil F1 dalam sebuah balapan pada GP Australia 2019.

Di balapan perdananya itu Norris berhasil finis di posisi ke-12. Pada akhir musim 2019, Norris berhasil menempati posisi ke-11 dengan total 49 poin. Saat ini Norris masih berada di McLaren bersama Daniel Ricciardo sebagai rekan setimnya di musim 2021.

4. Jaime Alguersuari (19 tahun dan 125 hari)

5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termudamomentogp.com

GP Hungaria adalah waktu yang tak akan dilupakan Jaime Alguersuari. Pada hari itu ia naik status sebagai pembalap Toro Rosso. Ia menggantikan Sebastien Bourdais yang meninggalkan tim selepas GP Jerman 2009. Saat itu, umurnya 19 tahun dan 125 hari.

Pembalap kelahiran Barcelona, Spanyol, itu mengalahkan rekor pembalap termuda yang balapan perdana di F1 yang sebelumnya dipegang Mike Thackwell. Selama berkiprah di F1, Alguersuari total mengumpulkan 31 poin dari 46 balapan yang dilakoni. Kini ia tak lagi berada di lintasan balap. Alguersuari fokus berkarier sebagai DJ dan memiliki nama panggung Squire.

5. Mike Thackwell (19 tahun dan 182 hari)

5 Pembalap F1 yang Menjalani Balapan Perdana di Usia Termudagoodwood.com

Nama terakhir yang masuk daftar lima besar pembalap termuda yang menjalani balapan pertama kali di F1 ialah Mike Thackwell. Saat itu, pembalap asal Selandia Baru itu masih berusia 19 tahun dan 182 hari kala menjalani balapan GP Kanada 1980.

Rekor pembalap termuda yang menjalani balapan perdana di F1 dipegangnya selama 29 tahun sebelum akhirnya berpindah tangan ke Jaime Alguersuari. Perjalanan Mike Thackwell di F1 pun tergolong singkat dengan hanya dua kali balapan dari lima kali partisipasi pada raceweek.

 

Itulah lima pembalap yang berstatus sebagai pembalap termuda yang menjalani balapan perdana di F1. Di antara kelima pembalap itu, apakah ada yang kamu favoritkan?

Baca Juga: 10 Pembalap F1 Terbaik 2020 Versi Voting Antar Pembalap F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya