5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyak

Lewis Hamilton samai rekor Michael Schumacher

Formula 1 GP Turki yang berlangsung di Istanbul pada Minggu (15/11) lalu menjadi saksi resminya Lewis Hamilton keluar sebagai juara dunia musim 2020. Meski masih menyisakan tiga balapan lagi, poin di klasemen yang diperoleh Hamilton sudah tak mungkin bisa dikejar rekan setimnya Valtteri Bottas.

Koleksi gelar juara dunia milik pembalap bernomor mobil 44 itu kini setara dengan Michael Schumacher yakni tujuh gelar juara. Selain Hamilton dan Schumacher terdapat sejumlah pembalap dalam daftar peraih gelar juara dunia Formula 1 terbanyak. Siapa sajakah mereka? Langsung saja simak berikut ini.

1. Michael Schumacher (7 kali)

5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyakformula1.com

Meski tak lagi berada di ajang Formula 1 nama Michael Schumacher masih terus dikenang hingga kini. Ayah dari pembalap Formula 2, Mick Schumacher, ini sudah mengoleksi tujuh gelar juara dunia.

Gelar pertamanya diraih pada musim 1994 saat memperkuat Mild Seven Benetton. Semusim berikutnya ia mampu kembali juara dengan tim yang sama. Barulah pada 1996 pembalap berkebangsaan Jerman itu memulai petualangannya bersama Ferrari. Di awal kebersamaannya bersama Ferrari Schumacher langsung bisa mengakhiri musim di posisi ketiga pada klasemen akhir.

Manisnya gelar juara baru didapatkannya bersama tim berjuluk kuda jingkrak itu pada musim 2000. Gelar juaranya sekaligus menuntaskan dahaga Ferrari sebab tim tak ada pembalap dari tim tersebut yang menyabet gelar juara dunia selama 21 tahun.

Dominasi Schumacher dan Ferrari pun berlanjut secara berturut-turut hingga 2004. Total ia sukses mempersembahkan lima gelar juara bersama tim berwarna khas merah itu. Kini, meski kondisi kesehatannya masih jadi bahan perbincangan selepas alami cedera di kepala saat bermain ski pada Desember 2013 lalu tapi kehebatannya selama berkarier di Formula 1 tetap dikenang hingga kini.

2. Lewis Hamilton (7 kali)

5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyaktwitter.com/LewisHamilton

Lewis Hamilton kini bersanding dengan Michael Schumacher sebagai peraih gelar juara dunia terbanyak Formula 1. Sebuah rekor yang sebelumnya tak pernah tersentuh sejak 2004 ketika Schumacher terakhir kali juara dunia. Kepastian itu diperoleh saat memenangi GP Turki di musim ini.

Menilik perjalanan Hamilton sebelumnya, gelar pertama pembalap kelahiran 7 Januari 1985 diperoleh kala memperkuat Vodafone McLaren Mercedes pada 2008. Saat itu usia 23 tahun 300 hari dan menempatkannya sebagai pembalap termuda kedua dalam sejarah Formula 1 yang mampu raih gelar juara dunia.

Bersama dengan Mercedes AMG Petronas, Hamilton merentangkan jalan suksesnya dengan berhasil meraih enam gelar. Musim 2014 adalah awal dominasi Mercedes dan Hamilton ditandai dengan gelar juara dunia kedua pembalap bernama lengkap Lewis Carl Davidson Hamilton yang berlanjut pada musim 2015.

Sempat gagal juara dunia pada 2016 setelah rekan setimnya kala itu Nico Rosberg yang sukses merengkuh gelar prestisius tersebut, Hamilton kian tak tertandingi dan menyabet empat gelar beruntun sejak musim 2017 hingga 2020 ini.

Baca Juga: Mirip F1, Ini 7 Istilah Balapan Formula E yang Perlu Kamu Tahu 

3. Juan Manuel Fangio (5 kali)

5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyakgrandprixhistory.org

Pria kelahiran 24 Juni 1911 sudah masuk di dunia otomotif sejak usia 11 tahun. Saat itu ia bekerja sebagai mekanik dan menghabiskan waktunya selama empat dekade dalam pekerjaannya itu. 

Tak hanya sebagai seorang mekanik, Juan Manuel Fangio juga menjadi pembalap andal berbekal ilmu serta pengalamannya sebagai mekanik. Ditambah pengalamannya pernah mengikuti balapan lokal di negara asalnya Argentina serta di beberapa negara di Amerika Selatan membuatnya tampil oke selama di Formula 1.

Lima gelar juara dunia adalah bukti nyata kehebatan pembalap berjuluk El Maestro tersebut. Masing-masing gelar diperoleh pada 1951 dan empat kali beruntun mulai 1954 hingga 1957.

4. Alain Prost (4 kali)

5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyakplanetf1.com

Sampai sejauh ini Alain Prost masih jadi pembalap Prancis tersukses di ajang Formula 1. Empat gelar juara dunia yang telah direngkuhnya menempatkannya sebagai pembalap dengan jumlah gelar terbanyak sepanjang sejarah kompetisi.

Kolaborasi Prost dengan Marlboro McLaren membawa pria yang kini aktif sebagai Non-Executive Director Renault F1 Team ini sepanjang 1984 hingga 1989 menghasilkan tiga gelar juara dunia. Sempat cuti semusim pada 1992 setelah berpisah dengan Ferrari Alain Prost rupanya masih bisa meraih gelar juara dunia.

Pada 1993, memperkuat Canon Williams Prost mengukir gelar keempat sekaligus menandai akhir perjalanannnya di Formula 1 sebagai pembalap. The Professor menyampaikan salam perpisahan dengan mengatakan bahwa olahraga yang ia geluti selama ini tak bernilai lagi.

"Olahraga telah memberiku banyak hal, tetapi aku memutuskan bahwa permainan ini tak lagi bernilai", ujar Prost kala itu seperti dilansir formula1.com.

5. Sebastian Vettel (4 kali)

5 Pembalap Formula 1 Pengoleksi Gelar Juara Terbanyakredbull.com

Sebastian Vettel jadi pembalap kelima penyandang predikat peraih gelar juara dunia terbanyak di Formula 1. Empat gelar berhasil diraih pembalap asal Jerman itu bersama dengan Red Bull Racing. 

Gelar pertamanya pada musim 2010 menempatkan pria yang kini memperkuat Scuderia Ferrari itu sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah kompetisi yang mampu menorehkan gelar juara dunia. Saat itu usianya menginjak 23 tahun 133 hari.

Sepanjang musim 2010 hingga 2013 Vettel melaju bersama Red Bull Racing mendominasi Formula 1. Total selama empat musim menjadi juara dunia Vettel telah mengantongi 34 kali kemenangan dan 53 kali naik podium.

Kelima pembalap ini telah membuktikan kemampuan mereka di atas lintasan. Prestasi mereka layak diapresiasi sebab bukan perkara mudah meraih kemenangan demi kemenangan di setiap balapan.

Formula 1 musim 2020 kini menyisakan tiga seri. Dua seri akan digelar beruntun di Bahrain pada 29 November dan 6 Desember serta seri penutup di Abu Dhabi pada 13 Desember mendatang. So, jangan lewatkan dan terus update informasi seputar Formula 1 di IDN Times ya!

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP dengan Jumlah Start Balap Terbanyak, Ada Rossi Lho!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya