Comscore Tracker

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP 

Marc Marquez berada di posisi teratas!

Kiprah Honda di ajang balap MotoGP sudah tidak perlu diragukan lagi. Gelar juara dunia pembalap hingga konstruktor sukses mereka raih sepanjang berkiprah di ajang balap tersebut.

Hingga saat ini, pabrikan asal Jepang tersebut sudah mengoleksi 801 kemenangan pada balapan di semua kelas yang digelar dalam MotoGP. Tercatat pula ada 100 pembalap yang telah berkontribusi memberikan kemenangan di setiap seri balap untuk Honda.

Dari jumlah sebesar itu tujuh diantaranya masuk daftar terbanyak seperti dilansir motorsport.com. Lantas, siapa saja para pembalap penyumbang kemenangan terbanyak bagi Honda?

Baca Juga: Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!

1. Marc Marquez (56 kali)

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Marc Marquez menempati urutan teratas dalam sumbangsihnya memberi kemenangan terbanyak untuk Honda. Total sudah ada 56 kemenangan diraih kakak dari Alex Marquez tersebut. Semuanya diperoleh ketika ia memperkuat tim di kelas utama sejak 2013.

Selama berada di tim Honda, Marc Marquez telah merengkuh enam gelar juara dunia masing-masing pada tahun 2013, 2014, serta 2016 hingga 2019 secara beruntun. Jumlah kemenangan itu masih bisa bertambah di musim depan, bahkan beberapa musim berikutnya.

2. Mick Doohan (54 kali)

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Mick Doohan menjadi nama kedua dalam daftar di belakang Marc Marquez. Legenda Honda dan MotoGP itu telah mengoleksi 54 kemenangan di kelas utama yang dulu dikenal sebagai kelas 500cc.

Selama sebelas musim berada di Honda, pembalap berkebangsaan Australia itu sukses keluar sebagai juara dunia lima kali beruntun pada musim 1994 sampai 1998. Namun, pada 1999 ia memutuskan pensiun usai alami cedera patah tulang kaki saat mengalami kecelakaan di GP Jerez.

3. Dani Pedrosa (54 kali)

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Sejak memulai perjalanan di ajang MotoGP sebagai pembalap aktif, Dani Pedrosa tidak pernah lepas dari Honda. Selama 18 musim Pedrosa memberi kemenangan demi kemenangan dalam berbagai seri balap.

Total sudah 54 kemenangan berhasil dicatat pembalap bernomor motor 26 ini hingga 2018 silam. Rinciannya, 8 kali di kelas 125cc, 15 pada kelas 250cc, dan 31 saat berlaga di kelas utama MotoGP.

Dari kemenangan-kemenangan itu pula Baby Samurai, julukan Pedrosa, telah melenggang sebagai juara dunia sebanyak sekali di 125cc serta dua kali di 250cc. Saat ini Pedrosa masih berkecimpung di MotoGP. Ia tercatat sebagai test rider tim Red Bull KTM Factory Racing.

4. Jim Redman (45 kali)

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP twitter.com/bgmotogp

Jim Redman, namanya mungkin asing di telinga penggemar MotoGP masa kini. Namun, jangan anggap remeh pembalap kelahiran London, Inggris satu ini. Sebab, ia telah menjadi juara dunia sebanyak enam kali.

Empat gelar juara di kelas 350cc serta dua lainnya di kelas 250cc adalah bukti kesuksesan Jim Redman. Di samping itu, ia juga telah berada di podium teratas sebanyak 45 kali dan semuanya didapat ketika mengendarai motor Honda.

5. Mike Hailwood (41 kali) 

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Selama berkiprah di MotoGP, Mike Hailwood sudah mengoleksi 75 kali kemenangan. Hasil yang mentereng itu bisa mengantarnya meraih 9 gelar juara dunia di tiga kategori kelas, yakni empat kali di 500cc, tiga kali di 250cc, dan dua kali di 350cc.

Dari 75 kali kemanangan tersebut, 41 diantaranya dilakukan Mike saat menunggangi motor Honda. Tak heran, ia bisa masuk posisi lima besar dalam daftar pembalap Honda yang meraih kemenangan terbanyak selama di tim tersebut.

6. Valentino Rossi (33 kali) 

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Honda dan Valentino Rossi pernah bersama pada awal 2000-an. Keduanya saling bahu membahu mengarungi kompetisi selama empat musim mulai 2000 hingga 2004 sebelum The Doctor menyeberang ke pabrikan Jepang lainnya, yaitu Yamaha.

Pada empat musim itu Rossi sanggup menjuarai 33 seri balap di kelas utama MotoGP. Rossi juga sukses merengkuh mahkota juara dunia tiga kali ketika itu. Tiga gelar diraih pembalap Italia itu secara berturut-turut dari 2001 hingga 2003.

Valentino Rossi masih berkompetisi di kelas 'para raja' musim 2021 mendatang. Ia bakal bertandem dengan Franco Morbidelli di Petronas Yamaha SRT.

Baca Juga: Valentino Rossi Siapkan Perpisahan Manis dengan Yamaha di Portugal 

7. Freddie Spencer (27 kali)

7 Pembalap Honda dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak di MotoGP motogp.com

Freddie Spencer merupakan nama ketujuh dalam urutan pembalap Honda yang mengumpulkan kemenangan paling banyak selama berkompetisi di MotoGP. Pembalap Amerika Serikat itu berhasil melenggang sebagai pemenang balapan pada 27 seri.

Rinciannya adalah 20 kali di kelas 500cc dan tujuh sisanya di kelas 250cc. Ia turut memberi tiga gelar juara dunia bagi Honda saat masih aktif membalap. Satu gelar diraih pada 1983 di 500cc serta dua gelar pada tahun 1985 sebab ia turun di dua kelas sekaligus. 

Tujuh pembalap yang memperkuat Honda ini adalah bukti eksistensi serta kekuatan tim Jepang tersebut di kancah MotoGP. Meski pada musim 2020 terseok-seok, asa Honda meraih hasil baik terbuka lebar musim depan. 

Apakah Honda akan kembali berkuasa di MotoGP 2021? Well, kita nantikan saja di musim berikutnya dan pastikan tetap update informasi seputar MotoGP di IDN Times!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya