Comscore Tracker

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020

Siapa pembalap peraih pole position terbanyak?

MotoGP 2020 sudah usai akhir November lalu. Joan Mir keluar sebagai juara dunia MotoGP setelah ungguli Franco Morbidelli dan rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins. Meski musim 2021 bakal digelar di bulan Maret mendatang, tak ada salahnya kita menengok catatan para pembalap di kelas utama pada musim 2020.

Salah satu catatan yang bakal disajikan kali ini ialah peraih pole position. Setidaknya, ada tujuh pembalap yang mampu catatkan waktu tercepat di sesi kualifikasi dan berhak memulai balapan dari posisi pertama.

Siapa sajakah tujuh pembalap ini? Apakah ada nama Joan Mir di dalamnya? Simak ulasannya berikut ini, yuk.

1. Fabio Quartararo (4 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Fabio Quartararo berhasil empat kali meraih pole position dari 14 balapan yang digelar sepanjang musim 2020. Empat pole position itu diraih pada GP Spanyol, Andalusia, Prancis serta Aragon.

Dari empat kali pole position itu, dua di antaranya dapat dikonversi menjadi kemenangan. Dua kemenangan tersebut terjadi pada dua seri pembuka yang berlangsung di Jerez yakni GP Spanyol dan Andalusia.

Total, pembalap asal Prancis itu memenangi tiga balapan termasuk pada seri Catalunya. Namun, inkonsistensi penampilannya membuat Quartararo gagal merengkuh gelar juara dunia dan harus finis di peringkat ke-8 klasemen akhir.

2. Maverick Vinales (3 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales pada musim 2020 telah tiga kali menuntaskan sesi kualifikasi sebagai yang tercepat. GP Austria, San Marino, serta Emilia Romagna adalah seri balap di mana pembalap asal Spanyol itu start dari posisi pertama.

Dari ketiganya, hanya GP Emilia Romagna yang berhasil dimenangi Vinales sekaligus menjadi satu-satunya kemenangan untuknya di musim 2020. Meski begitu, Vinales masih dapat bertengger di posisi ke-6 klasemen dengan mengemas 132 poin.

3. Franco Morbidelli (2 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Franco Morbidelli menjadi salah satu dari dua pembalap yang meraih posisi pertama dalam sesi kualifikasi sebanyak dua kali pada MotoGP 2020. Pembalap Petronas Yamaha SRT itu melenggang sebagai pole-sitter pada GP Catalunya dan Valencia.

GP Valencia berhasil dimenanginya setelah memulai balapan dari posisi pertama. Sementara itu, dua kemenangan lainnya pada GP San Marino dan Teruel terjadi saat Morbidelli start dari posisi kedua.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Joan Mir Selama Balapan MotoGP 2020, Sukses Jadi Juara!

4. Pol Espargaro (2 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Sepanjang 14 seri balap MotoGP musim 2020, Pol Espargaro sukses menjadi yang pertama dalam sesi kualifikasi GP Styria dan Eropa. Meski begitu, kedua balapan tersebut diakhirinya dengan finis di posisi ketiga.

Selain dua seri tersebut, Pol Espargaro juga finis di peringkat ketiga pada GP Emilia Romagna, Prancis, dan Valencia. Pembalap yang musim depan bertandem dengan Marc Marquez di Repsol Honda itu total lima kali naik podium tanpa sekalipun menang.

5. Johann Zarco (1 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Johann Zarco adalah satu dari tiga pembalap yang sempat merasakan posisi start terdepan meski hanya sekali di musim 2020. Zarco jadi yang terdepan di kualifikasi GP Republik Ceko. 

Pada balapan tersebut, Zarco gagal menang. Tetapi, ia masih mampu naik podium usai finis di posisi ketiga. Rekan senegara Fabio Quartararo itu melintas garis finis di belakang Brad Binder dan Franco Morbidelli.

6. Takaaki Nakagami (1 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Pembalap kedua yang meraih satu kali pole position pada MotoGP 2020 adalah Takaaki Nakagami. Pembalap asal Jepang itu mendapatkannya saat GP Teruel. Namun, Nakagami gagal memenangi balapan itu.

Pembalap LCR Honda tersebut gagal finis usai terjatuh saat sedang memimpin balapan pada lap pertama. Alhasil, kesempatan meraih kemenangan perdana dalam kariernya di kelas utama pun sirna.

7. Miguel Oliveira (1 kali)

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020motogp.com

Pembalap terakhir yang sukses mendapat posisi start terdepan ialah Miguel Oliveira. Pembalap yang musim depan memperkuat Red Bull KTM Factory Racing itu menjadi pole-sitter pada seri terakhir yang berlangsung di negaranya sendiri yakni Portugal.

Tak hanya memulai balapan sebagai yang terdepan, Oliveira juga menuntaskan balapan sebagai pemenang. Selain GP Portugal, ia juga memenangi GP Styria dan berhak mendapatkan hadiah spesial, yaitu berupa satu buah mobil BMW M4 dalam balapan spesial yang disponsori perusahaan otomotif asal Jerman tersebut.

8. Infografis peraih pole position MotoGP 2020

7 Pembalap MotoGP Peraih Pole Position Sepanjang Musim 2020Dok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita

Ketujuh pembalap adalah mereka yang sukses meraih pole position pada MotoGP musim 2020 lalu. Musim balap 2021 direncanakan akan digelar pada 28 Maret mendatang. 

GP Qatar masih didaulat sebagai balapan pembuka. Sementara itu, GP Indonesia yang bakal digelar di Mandalika masih masuk dalam daftar cadangan. Tetap bersabar ya, MotoGP Fans!

Baca Juga: Kaleidoskop MotoGP 2020: Marc Marquez Apes, Juara Baru Muncul

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Motorsports Enthusiast. For inquiry and business: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya