7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatar

Rossi dan Stoner masih jadi raja GP Qatar

GP Qatar akan membuka lembaran baru MotoGP di musim 2021. Sorotan mata penggemar akan tertuju ke Losail International Circuit pada akhir pekan ini. Kita yang menggemari ajang balap motor tersohor ini pun akan menjadi saksi siapa yang bakal memulai musim dengan kemenangan.

Berbicara soal kemenangan, rupanya sudah ada tujuh pembalap yang sukses memenangi balapan di Qatar sejak pertama kali menggelar balapan pada 2004 silam. Siapa saja pembalap itu dan berapa banyak mereka menang di sana?

7. Sete Gibernau (1 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Sete Gibernau merupakan pembalap yang memenangi seri Qatar 2004 silam. Seri tersebut menjadi debut awal GP Qatar di ajang MotoGP. Ketika itu, balapan tidak digelar pada malam hari seperti saat ini.

Pada balapan tersebut, pembalap asal Spanyol tersebut berhasil finis di depan Colin Edwards dan Ruben Xaus. Di akhir musim, ia harus puas berada di posisi runner-up pembalap dengan 257 poin, tertinggal 47 poin dari juara dunia kala itu, Valentino Rossi.

Baca Juga: Cerdas dan Hangatnya Petronas Yamaha Bikin Rossi Girang

6. Maverick Vinales (1 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Musim 2017 adalah waktu saat Maverick Vinales berganti tim. Sebelumnya, ia memperkuat Suzuki Ecstar dan berpindah ke tim pabrikan Yamaha. Tak butuh waktu lama bagi pembalap asal Spanyol itu memberi kemenangan bagi tim barunya.

GP Qatar yang menjadi seri pembuka di musim itu berhasil ditaklukkannya usai finis terdepan. Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi melenggang lewati garis finis di posisi kedua dan ketiga.

5. Marc Marquez (1 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatardueruote.it

Di musim perdana berada di kelas utama, Marc Marquez belum bisa memenangi balapan di GP Qatar. Namun, semusim berselang, tepatnya pada 2014, ia berhasil berada di podium tertinggi bersama Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang finis di belakangnya.

Pada musim tersebut, Marc Marquez total mengumpulkan 13 kemenangan dari 18 seri balap yang digelar. Total 362 poin membuat kakak kandung Alex Marquez tersebut keluar sebagai juara dunia dua kali beruntun di kelas premier.

4. Andrea Dovizioso (2 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Andrea Dovizioso dua kali memenangi GP Qatar dan itu terjadi beruntun pada musim 2018 serta 2019. Kemenangan yang diraih Dovi ini terjadi lewat pertarungan sengit dengan Marc Marquez.

Pada musim 2018, Dovi berhasil finis lebih dulu di depan Marquez dengan jarak waktu tipis, 0,027 detik. Semusim berselang, persaingan kembali terjadi di antara keduanya. Hasilnya, Dovi kembali mengasapi Marquez dengan keunggulan 0,023 detik!

3. Jorge Lorenzo (3 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Di posisi tiga ada nama Jorge Lorenzo yang sukses memenangi tiga balapan di Qatar. Hasil apik itu disabet pada 2012, 2013, dan 2016. Hasil tersebut menjadikannya sebagai pembalap Spanyol paling sukses di Losail, Qatar.

Perlu diketahui, Jorge Lorenzo kini sudah tak lagi membalap di kelas utama MotoGP. Lima kali juara dunia semua kelas MotoGP tersebut memutuskan pensiun pada musim 2019. Terakhir, ia tercatat sebagai test rider tim pabrikan Yamaha musim lalu sebelum digantikan oleh Cal Cruthlow.

2. Casey Stoner (4 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Casey Stoner menjadi salah satu dari dua pembalap yang meraih kemenangan terbanyak pada seri Qatar. Pembalap berkebangsaan Australia tersebut menyabet empat kemenangan di Losail.

Tiga kemenangan diraih beruntun ketika memperkuat Ducati pada 2007 hingga 2009. Sementara itu, satu kemenangan didapatnya pada 2011 bersama Repsol Honda. Hingga akhir musim 2012 yang menjadi musim terakhirnya membalap, Stoner sudah merengkuh dua gelar juara dunia pada 2007 bersama Ducati dan 2011 dengan Honda.

1. Valentino Rossi (4 kali)

7 Pembalap MotoGP yang Pernah Memenangi Balapan di GP Qatarmotogp.com

Selain Casey Stoner, Valentino Rossi juga mengoleksi empat kemenangan pada seri balap Qatar. Kemenangan itu semuanya berhasil diraih saat memperkuat tim Yamaha. Kemenangan tersebut diraih pada 2005, 2006, 2010, dan 2015.

Valentino Rossi musim ini akan memperkuat Petronas Yamaha SRT. Ia masih punya kesempatan merebut kemenangan pada akhir pekan ini sekaligus menambah rekor kemenangan di sirkuit yang sama.

 

Itu tujuh pembalap kelas utama MotoGP yang sukses meraih kemenangan di Losail, Qatar. Kira-kira, siapa yang nantinya bakal melenggang sebagai pemenang di GP Qatar akhir pekan ini?

Baca Juga: MotoGP: Menanti Persaingan Valentino Rossi dan Luca Marini

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya