Comscore Tracker

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021

Kontrak kedua belah pihak berlangsung hingga 2025

Rumor pisah jalan antara Petronas dan Mercedes akhirnya menemui titik terang. Kedua belah pihak membantah kabar burung yang beredar beberapa waktu terakhir ini.

Hal ini disampaikan pada Senin (18/10/2021) jelang balapan Formula 1 2021 GP Amerika Serikat. Kebersamaan Petronas dan Mercedes pun akan terus berlanjut selepas musim 2021 berakhir.

1. Petronas dan Mercedes beri pernyataan resmi

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021Mobil Valtteri Bottas keluar garasi pada GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Melalui pernyataan resmi, Petronas dan Mercedes menjelaskan bahwa mereka telah memperpanjang kontrak untuk durasi yang lebih lama. Diakui juga bahwa kerja sama yang terjalin hingga saat ini memberi keuntungan untuk kedua belah pihak.

“Petronas dan Mercedes telah menjadi mitra sejak 2010 dalam hubungan kolaborasi jangka panjang yang memberikan keuntungan bagi dua pihak. 

Tahun lalu, kami memperpanjang kontrak untuk durasi yang panjang dan kami bangga melanjutkan kerja sama untuk memberikan performa terbaik,” bunyi pernyataan resmi Petronas dan Mercedes dilansir Motorsport.com.

2. Petronas dan Mercedes memperpanjang kontrak pada 2019

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021Mobil Lewis Hamilton berada di garasi tim (twitter.com/MercedesAMGF1)

Kerja sama antara Petronas dan Mercedes telah beberapa kali mengalami perpanjangan kontrak. Terbaru, kedua pihak kembali memperpanjang kemitraan mereka pada tahun 2019 lalu.

Kontrak perusahaan migas asal Malaysia dengan tim yang kini diperkuat Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas itu akan berakhir pada tahun 2025 mendatang.

Baca Juga: Petronas Dikabarkan Hengkang, Aramco Bakal Jadi Sponsor Mercedes

3. Petronas dikabarkan memiliki masalah keuangan dan Aramco digadang sebagai pengganti

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021Valtteri Bottas pada GP Belanda (motorsport.com)

Sebelumnya, beredar rumor bahwa Petronas akan mundur sebagai sponsor Mercedes pada akhir musim 2021. Dikutip GrandPrix247, alasan Petronas mundur diduga karena perusahaan ‘pelat merah’ itu mengalami kerugian akibat pandemi COVID-19 ditambah dengan jatuhnya harga minyak.

Aramco sebagai Global Partner Formula 1 digadang akan menjadi pengganti Petronas. Apalagi, INEOS sebagai salah satu sponsor Mercedes juga menjalin kerja sama dengan perusahaan migas asal Arab Saudi tersebut.

4. Kerja sama dengan Mercedes berbeda dengan kemitraan bersama SRT di MotoGP

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021Rossi ketika sesi tes resmi di Jerez (motogp.com)

Cerita kerja sama Petronas yang berlanjut dengan Mercedes di Formula 1 berbanding terbalik dengan yang terjadi di MotoGP. Mereka memutuskan tak lagi menjadi sponsor tim Sepang Racing Team (SRT) setelah musim 2021 usai.

Tak berselang lama, SRT pun mengumumkan nama baru yakni RNF Racing. Meski begitu, belum ada sponsor utama yang melekat pada nama tim sebab masih dalam proses mencari sepeninggalan Petronas.

5. Posisi Mercedes dan kedua pembalap mereka di klasemen sementara Formula 1 2021

Petronas dan Mercedes Bantah Rumor Pisah Jalan Selepas Formula 1 2021Lewis Hamilton merayakan kemenangan ke-100 di Formula 1 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Saat ini Mercedes masih memimpin klasemen konstruktor dengan 433,5 poin. Mereka kini unggul dengan 36 poin dari pesaing terdekatnya, Red Bull Racing.

Pada klasemen pembalap, Lewis Hamilton menduduki posisi kedua lewat raihan 256,5 poin dan Valtteri Bottas di posisi ketiga dengan 177 poin. Tersisa enam balapan lagi di musim 2021, termasuk GP Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Komplain Red Bull Terhadap 'Trik' Mesin Mercedes Ditolak FIA

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya