Comscore Tracker

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!

Rossi kini bertandem dengan Franco Morbidelli

Semakin mendekati seri pertama MotoGP 2021, kian banyak tim yang merilis motor serta skuad edisi terbaru. Petronas Yamaha SRT pun tak ketinggalan melakukan 'tradisi' serupa.

Senin (1/3) sore WIB tim satelit Yamaha tersebut merilis YZR-M1 yang bakal mereka pakai di musim ini. Tak ketinggalan pula para pembalap tim itu diperkenalkan ke hadapan publik. Valentino Rossi kini resmi bertandem dengan Franco Morbidelli.

1. Menjadi musim ketiga keikutsertaan Petronas Yamaha SRT di kelas utama

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!motogp.com

Musim 2021 menjadi musim ketiga bagi tim yang berbasis di Sepang, Malaysia, itu di kelas utama MotoGP. Dalam waktu singkat, tim yang dikepalai Razlan Razali sudah meraih enam kemenangan.

Seperti dilansir motogp.com, Razlan Razali mengaku bangga bisa mewakili Malaysia dan Petronas di ajang MotoGP hingga saat ini. Ia pun siap mendukung Valentino Rossi serta Franco Morbidelli guna mendapat hasil terbaik.

"Kami menanti musim baru, bersemangat memberi Franco dan Valentino kesempatan yang terbaik. Untuk Franco, ini kesempatan luar biasa untuk meraih hal yang lebih baik lagi dari musim gemilang di 2020 lalu," ujar Razlan.

"Untuk Rossi, kami berharap tim barunya kini bisa memberi kesempatan terbaik guna memanfaatkan talenta dan keahliannya," lanjutnya.

2. Warna jadi lebih biru, sponsor baru hiasi motor Rossi dan Morbidelli

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!Dok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita

Terkait motor YZR-M1 edisi terbaru pada tim Petronas Yamaha SRT Team terdapat beberapa perubahan. Meski tetap menggunakan warna hitam, warna hijau yang pada musim lalu melekat pada motor kini menjadi lebih biru.

Selain itu, ada beberapa tambahan sponsor baru yang menempel di bodi motor kedua pembalap. Monster Energy adalah salah satu yang terlihat pada bagian bawah bodi motor.

Perlu diketahui, perusahaan minuman berenergi asal Amerikat Serikat tersebut merupakan salah satu sponsor yang menyokong Valentino Rossi. Maka, tak heran kepindahannya ke Petronas Yamaha turut diikuti oleh Monster Energy.

Baca Juga: Monster Energy Yamaha Rilis Motor Baru Guna Arungi Musim MotoGP 2021

3. Rossi sudah 16 musim mengendarai motor Yamaha

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!motogp.com

Meski tak lagi berada di tim utama, Valentino Rossi tetap bersama dengan Yamaha. Kebersamaan The Doctor dengan pabrikan asal Jepang tersebut kini memasuki musim ke-16.

Rossi pun sudah memasang target di 2021. Ia berupaya untuk bisa kompetitif dan meraih posisi terbaik di klasemen pembalap.

"Targetku di 2021 adalah menjadi kompetitif, bertarung untuk memenangkan balapan, bersaing merengkuh podium, dan juga bertarung untuk posisi terbaik di klasemen kejuaraan di akhir musim," papar Rossi.

4. Morbidelli berharap musim 2021 menjadi musim baik bersama Rossi

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!motogp.com

Beralih ke tandem Valentino Rossi, yakni Franco Morbidelli. Pembalap yang senegara dengan Rossi ini berharap musim 2021 menjadi musim yang baik bagi mereka berdua. Terlebih ia mengaku punya hubungan baik dengan Rossi.

"Kami punya hubungan yang sangat kuat selama beberapa tahun dan kami akan belajar lebih baik satu sama lain. Targetku di 2021 secara pribadi adalah menjadi lebih baik dan meningkatkan diriku sebagai pembalap dan atlet," paparnya.

5. Franco Morbidelli pakai 'A-Spec', Valentino Rossi dapat spesifikasi tim pabrikan

Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!motogp.com

Meski berada dalam satu tim, Rossi dan Morbidelli tak akan mendapatkan spesifikasi motor yang sama. Valentino Rossi masih akan mendapat motor YZR-M1 2021 seperti yang dipakai oleh pembalap tim utama Yamaha, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Namun, hal ini tak akan didapat oleh Morbidelli. Seperti dilansir motorsport.com, Yamaha memutuskan memberi motor YZR-M1 'A-Spec' kepada Morbidelli. Motor tersebut adalah motor YZR-M1 2019 yang dipakainya pada musim 2020 lalu.

Menilik ke hasil musim lalu, Morbidelli berhasil finis di posisi runner-up klasemen akhir pembalap. Ia menjadi pembalap Yamaha terbaik di klasemen meski menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang tak pakai spesifikasi tim utama.

Baca Juga: Morbidelli: Valentino Rossi Bakal Bikin Petronas Lebih Menyenangkan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya