Pierre Gasly Ingin Nikmati Momen saat Balapan di Paul Ricard

Masa depan Paul Ricard masih jadi tanda tanya

Pierre Gasly akan kembali menyapa publik negaranya sendiri akhir pekan ini. Pasalnya, Formula 1 akan menggelar GP Prancis yang berlangsung di Circuit Paul Ricard pada 22--24 Juli 2022.

Jelang pekan balap kali ini, Gasly mengaku ingin menikmati setiap momen yang dijalaninya saat GP Prancis. Apalagi, nasib Paul Ricard pada kalender balap Formula 1 selepas musim 2022 masih belum menentu.

1. Kontrak Paul Ricard habis pada musim 2022, belum ada tanda-tanda perpanjangan

Pierre Gasly Ingin Nikmati Momen saat Balapan di Paul Ricardtampilan Circuit Paul Ricard (twitter.com/HaasF1Team)

Berdasarkan data Racing News 365, kontrak Circuit Paul Ricard dengan Formula 1 akan berakhir pada musim 2022. Belum diketahui apakah nantinya kedua belah pihak sepakat meneken perpanjangan kontrak untuk beberapa musim mendatang.

Perlu diketahui, pihak Circuit Paul Ricard membayar hosting fee sebesar 22 juta dolar AS setiap tahunnya kepada Formula 1. Jumlah fee yang dibayarkan tersebut diperkirakan lebih banyak daripada yang dibayarkan oleh pihak sirkuit jalanan Monte Carlo yang menyetor 15 juta dolar AS per tahun.

2. Tak hanya Paul Ricard, Spa-Francorchamps juga terancam terdepak dari kalender Formula 1

Pierre Gasly Ingin Nikmati Momen saat Balapan di Paul Ricardbalapan Formula 1 GP Belgia 2021 (formula1.com)

Tak hanya masa depan Circuit Paul Ricard yang terancam, sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia juga kemungkinan bakal tak lagi ada dalam kalender balap Formula 1 pada masa mendatang.

Hal ini menyusul masuknya beberapa seri baru ke dalam kalender Formula 1, seperti GP Arab Saudi, Qatar, Miami, dan Las Vegas. Tentunya dengan makin banyaknya seri balap yang masuk, Formula 1 harus memilah sirkuit mana saja yang dihapus dari kalender balapan mereka. Apalagi, saat ini Formula 1 menggelar 22 seri balap pada musim ini dari yang seharusnya adalah 23 seri. GP Rusia terpaksa dibatalkan imbas dari negara tersebut yang melakukan invasi ke Ukraina.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Paul Ricard, Sirkuit F1 yang Desainnya Bikin Bingung

3. Gasly ingin nikmati balapan GP Prancis di tengah rumor masa depan Paul Ricard

Pierre Gasly Ingin Nikmati Momen saat Balapan di Paul Ricardpembalap AlphaTauri Pierre Gasly (formula1.com)

Rumor Paul Ricard yang tak akan lagi menghiasi musim balap Formula 1 selepas tahun ini tentu menjadi kabar kurang mengenakkan bagi Pierre Gasly, Esteban Ocon, dan penggemar Formula 1 di Prancis. Meski begitu, Gasly ingin menikmati momen-momen balapannya akhir pekan ini di tengah perbincangan masa depan sirkuit yang memiliki panjang 5,842 km tersebut.

"Ini adalah akhir pekan yang spesial karena ini adalah balapan di negaraku, khususnya tahun ini, sebab ada ketidakpastian terkait masa depan GP Prancis. Kami tak yakin apakah bakal bertahan di kalender tahun depan. Jadi, aku ingin menikmati momen dan membagikannya kepada semua penggemar, suporter, dan orang-orang yang antusias terhadap GP Prancis," kata Gasly dilansir F1i.

4. Ada grandstand khusus untuk pendukung Pierre Gasly dan Esteban Ocon saat GP Prancis

Pada GP Prancis, pihak Circuit Paul Ricard menyediakan grandstand khusus untuk para pendukung Pierre Gasly. Adapun grandstand untuk pembalap AlphaTauri tersebut berada di chicane tikungan 8 dan 9. 

Tak hanya Gasly, grandstand untuk Esteban Ocon juga tersedia pada sirkuit yang pertama kali menggelar Formula 1 pada 1971 itu. Letak grandstand rekan setim Fernando Alonso tersebut berada di Virage du Pont atau area di tikungan 15.

"Sangat bagus bisa melakukan sesuatu yang sedikit lebih personal dan terhubung dengan mereka sedikit lebih banyak dari biasanya. Itu akan menjadi suasana yang baik dan aku berharap kami bisa tampil cukup baik untuk memberi hasil bagus di hadapan mereka," jelas Gasly.

5. Gasly berharap upgrade pada AT03 bisa bawa dirinya meraih hasil bagus pada GP Prancis

Pierre Gasly Ingin Nikmati Momen saat Balapan di Paul RicardPierre Gasly pada GP Austria 2022 (twitter.com/AlphaTauriF1)

AlphaTauri datang ke Paul Ricard dalam kondisi kurang baik. Pasalnya, Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda gagal cetak poin dalam tiga balapan beruntun.

Gasly pun berharap paceklik poin yang dialami dirinya dan tim bisa terputus pada akhir pekan ini. Terlebih, AlphaTauri membawa paket upgrade untuk mobil AT03 yang diharapkan bisa meningkatkan performa saat berada di lintasan.

"Itu utamanya pada sisi aerodinamika dan seharusnya memberikan kemajuan nyata dalam aspek performa. Jadi, aku tertarik mencobanya di sini dengan harapan itu bisa membawa kami kembali ke pertarungan di zona poin," pungkas Gasly dikutip F1i.

GP Prancis menjadi seri ke-12 pada Formula 1 musim 2022. Keseruan balap pada akhir pekan ini tentunya akan dinantikan oleh para penggemar ajang balap di seluruh dunia. Supaya tidak ketinggalan balapan akhir pekan ini ada baiknya kalian mengecek jadwal berikut ini.

  • Jumat, 22 Juli 2022

Sesi latihan 1: 19.00---20.00 WIB

Sesi latihan 2: 22.00---23.00 WIB

  • Sabtu, 23 Juli 2022

Sesi latihan 3: 18.00---19.00 WIB

Kualifikasi: 21.00 WIB

  • Minggu, 24 Juli 2022

Main Race: 20.00 WIB.

Baca Juga: Berger Sebut Pierre Gasly Pantas Mendapat Promosi Lagi ke Red Bull

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya