Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTM

Kontrak Pol Espargaro akan habis akhir musim nanti

Bursa pembalap MotoGP untuk musim 2023 masih menjadi topik bahasan hangat hingga saat ini. Masih banyak pembalap yang belum memastikan tempat untuk musim mendatang mengingat kontrak mereka yang bakal habis akhir musim 2022 ini.

Salah satu yang ada dalam pusaran bursa pembalap adalah Pol Espargaro. Pembalap yang saat ini memperkuat Repsol Honda dirumorkan akan kembali ke KTM. Rencananya, ia akan memperkuat tim satelit pabrikan asal Austria itu, yakni Tech3 KTM.

1. Pol Espargaro bukan wajah asing untuk KTM

Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTMPol Espargaro ketika masih memperkuat KTM Factory Racing (motogp.com)

Pol Espargaro bukan wajah asing dalam skuad KTM. Adik kandung Aleix Espargaro itu pernah memperkuat tim utama KTM pada musim 2017 hingga 2020. 

Selama empat musim bersama KTM, Pol Espargaro mampu naik podium 6 kali. Finis terbaiknya di klasemen adalah posisi kelima pada musim 2020 lewat raihan 135 poin.

2. Pindah ke Honda, Pol Espargaro masih kesulitan meraih kemenangan

Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTMPol Espargaro saat naik podium pada GP Qatar 2022 (motogp.com)

Memutuskan pindah ke Repsol Honda, Pol Espargaro punya misi untuk meraih kemenangan bersama pabrikan asal Jepang tersebut. Akan tetapi, hasil yang diidamkan belum juga mampir ke pembalap bernomor motor 44 tersebut selama dua musim terakhir ini.

Polyccio, julukan Pol Espargaro, memang sudah dua kali naik podium selama memperkuat Repsol Honda hingga GP Catalunya, Minggu (5/6/2022). Hasil balapan terbaiknya adalah posisi runner-up pada GP Emilia Romagna musim 2021.

Meski begitu, hasil tersebut tampaknya belum memuaskan pihak Repsol Honda sekaligus dirinya. Apalagi, Honda sudah mencoba melakukan modifikasi pada RC213V guna menyesuaikan dengan kebutuhan Pol Espargaro.

Baca Juga: Berebut Kursi Honda, Manajer Pol Espargaro Peringatkan Joan Mir

3. Spekulasi terkait masa depan Pol Espargaro di Honda merebak, ia pun diisukan kembali ke KTM

Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTMpembalap Repsol Honda Pol Espargaro (motogp.com)

Hasil yang masih kurang oke ditambah dengan kontrak yang akan habis akhir musim ini menimbulkan spekulasi pada masa depan Pol Espargaro di Honda. Terlebih, hingga saat ini pihak tim masih belum memberi kejelasan apakah akan memperpanjang kontrak pembalap asal Spanyol itu atau tidak.

Ketidakpastian nasib di Repsol Honda memunculkan rumor Pol Espargaro akan "pulang" ke KTM. Sementara itu, Joan Mir dikabarkan akan mengisi posisi yang mungkin saja akan ditinggalkan oleh Polyccio jika rumor itu menjadi kenyataan.

4. Pol Espargaro punya pengaruh pada pengembangan motor KTM RC16

Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTMPol Espargaro saat memperkuat KTM Factory Racing (motogp.com)

Kehadiran Pol Espargaro di KTM memang memberi pengaruh pada arah pengembangan RC16. Hal tersebut diakui oleh Pit Beirer selaku Direktur KTM Motorsport dalam sebuah wawancara.

Menurutnya, sumbangsih Polyccio membuat RC16 mengalami perkembangan yang baik dan menghasilkan sejumlah catatan bagus. Atas hal itulah Pit Beirer menilai Pol Espargaro adalah pembalap dengan talenta luar biasa di grid MotoGP.

"Dengan bantuannya kami bisa berada di posisi saat ini. Pol masih punya banyak hal untuk dilakukan di KTM. Saat motor punya kelayakan untuk menang, dia meninggalkan kami untuk pabrikan lain guna mengejar impian masa kecilnya.

Sementara itu, telah terlihat bahwa tak semua hal berjalan lebih mudah di sana dibandingkan di tim ini. Seperti Jack Miller, Pol punya talenta luar biasa," kata Beirer dilansir GPOne.

5. Jika Pol Espargaro kembali ke KTM, maka Raul Fernandez kemungkinan bakal hengkang

Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTMpembalap Tech3 KTM Raul Fernandez (motogp.com)

Jika nantinya rumor itu menjadi kenyataan, maka Pol Espargaro diprediksi akan menjadi rekan setim Remy Gardner di Tech3 KTM. Sejatinya, kontrak Remy Gardner dan Raul Fernandez akan habis pada akhir musim nanti. 

Namun, dilansir Motorcycle Sports, Remy Gardner berpeluang besar mendapat perpanjangan kontrak ketimbang Raul Fernandez. Jika skenario berjalan seperti itu, maka runner-up Moto2 musim 2021 itu kemungkinan besar akan berlabuh ke RNF Team yang musim depan akan menggunakan motor dari Aprilia.

Bursa pembalap MotoGP 2023 masih akan menjadi pusat perhatian selama beberapa waktu ke depan. Layak dinanti apakah rumor kepindahan Pol Espargaro ke KTM sungguh bakal terjadi atau tidak.

Baca Juga: Marc Marquez Serahkan Putusan Nasib Pol Espargaro ke Pihak Honda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya