Juara Dunia, Quartararo Akui Sulit Makan Jelang GP Emilia Romagna

Pada akhirnya Quartararo mampu meraih gelar juara dunia!

Kesuksesan Fabio Quartararo merengkuh gelar juara dunia MotoGP musim 2021 pada GP Emilia Romagna menyisakan cerita tersendiri. Pembalap Monster Energy Yamaha itu harus memulai balapan dari posisi ke-15 berdasarkan hasil kualifikasi.

Rupanya, posisi start yang didapatnya itu membuat perasaannya campur aduk. Bahkan, ia sulit makan beberapa jam jelang balapan!

1. Quartararo start dari posisi ke-15

Juara Dunia, Quartararo Akui Sulit Makan Jelang GP Emilia RomagnaQuartararo pada balapan GP Emilia Romagna (motogp.com)

Sebelum balapan GP Emilia Romagna, Quartararo gagal lolos ke sesi kualifikasi kedua. Start dari posisi ke-15 pun menjadi hasil kualifikasi terburuk yang pernah didapatkannya.

Tekanan yang dirasakan Quartararo pun kian tinggi karena Bagnaia mampu meraih pole position. Peluang pembalap berjuluk El Diablo itu untuk memenangkan balapan di Misano atau finis di depan Bagnaia guna menyegel gelar juara dunia pun menjadi sulit.

2. Quartararo finis keempat dan rengkuh gelar juara dunia

Juara Dunia, Quartararo Akui Sulit Makan Jelang GP Emilia RomagnaQuartararo setelah balapan GP Emilia Romagna (motogp.com)

Pada prosesnya, Quartararo mampu memberikan performa terbaik sepanjang balapan yang berlangsung 27 lap. Ia mampu menyalip para pembalap di depannya. Quartararo pun melintasi garis finis di posisi keempat.

Hasil itu sudah cukup baginya menyegel gelar juara dunia pertama dalam kariernya di kelas utama MotoGP. Di lain pihak, Bagnaia terjatuh pada lap 23 di tikungan ke-15 dalam upaya menjaga posisi pertama dari kejaran Marc Marquez.

Baca Juga: [BREAKING] Fabio Quartararo Juara MotoGP 2021

3. Quartararo akui perasaannya campur aduk sebelum balapan, bahkan sulit makan!

Juara Dunia, Quartararo Akui Sulit Makan Jelang GP Emilia RomagnaQuartararo saat selebrasi perayaan gelar juara dunia MotoGP 2021 (motogp.com)

Quartararo menyampaikan apa yang terjadi beberapa jam sebelum balapan GP Emilia Romagna. Pembalap asal Prancis itu mengakui bahwa perasaannya tidak enak dan sulit makan apa pun karena memikirkan balapan.

“Itu hal berat sebab aku membuat permulaan yang benar-benar buruk. Aku juga belum pernah merasakan start dari posisi yang jauh di belakang. Aku pikir tekanan ban depan kami naik begitu tinggi.

Ini pengalaman baru untukku dan juga dengan tekanan kejuaraan di hari ini aku merasa benar-benar buruk di pagi hari. Aku merasakan sakit di perut. Pertama kalinya aku merasakan sulit makan sebelum balapan. Jadi, hari ini adalah hari besar dan kami bisa meraih gelar juara dunia,” kata Quartararo dilansir Motorsport.com.

4. Tanggapi insiden Bagnaia, Quartararo akui tak ingin menang dengan kondisi rival terdekatnya jatuh saat balapan

Selain cerita soal tak bisa makan di pagi hari jelang balapan, Quartararo juga menanggapi perihal insiden jatuhnya Bagnaia. Pembalap bernomor motor 20 itu mengaku tak ingin menang dengan kondisi rival terdekatnya gagal finis.

“Ini bukanlah cara yang aku inginkan untuk menang karena Bagnaia mengalami insiden. Tapi, kami sukses memperoleh tahun yang hebat dengan banyak kemenangan dan podium. Saat ini aku berada di momen terbaik dalam karierku dan aku bahkan tak tahu harus berkata apa,” papar Quartararo dikutip Autosport.

5. Quartararo pembalap Prancis pertama yang juara di kelas utama MotoGP

Juara Dunia, Quartararo Akui Sulit Makan Jelang GP Emilia RomagnaQuartararo merayakan kesuksesan jadi juara dunia MotoGP 2021 (motogp.com)

Kesuksesan Quartararo merengkuh gelar juara menjadikan dirinya sebagai pembalap Prancis pertama di kelas premier yang meraih titel juara dunia. Ia pun menuntaskan dahaga Yamaha yang terakhir kali peroleh gelar juara dunia pembalap pada 2015 melalui Jorge Lorenzo.

Musim ini Yamaha dan Quartararo layak berpesta. Tapi, masih ada dua balapan sisa yang pastinya tak boleh dilewatkan oleh seluruh pencinta MotoGP. Toutes nos félicitations, El Diablo!

Baca Juga: 5 Fakta Fabio Quartararo, Pembalap Prancis Juara Dunia MotoGP 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya