Comscore Tracker

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga Detik

Alhasil, Quartararo finis keenam di GP Catalunya

Sebuah kejadian terjadi saat balapan di GP Catalunya. Wearpack yang dipakai oleh Fabio Quartararo mengalami masalah. Ritsleting wearpack pembalap Monster Energy Yamaha itu terbuka.

Akibat kejadian ini, Quartararo mendapat tambahan hukuman penalti tiga detik. Posisinya pun jadi melorot ke posisi enam dalam hasil balap GP Catalunya.

1. Wearpack terlepas tiga lap menjelang balapan usai

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga DetikInsiden ritsleting wearpack Quartararo terbuka (twitter.com/MotoGP)

Insiden tak biasa yang menimpa pembalap asal Prancis itu terjadi tiga lap menjelang balapan usai. Pada beberapa tayangan ulang pun terlihat jika pelindung dada yang ada di dalam wearpack lepas sehingga membahayakan sang pembalap.

Meski begitu, Quartararo tetap melanjutkan balapan hingga tuntas. Ia memang finis ketiga, tetapi karena memotong jalur di tikungan 1 dan 2, ia dipenalti tiga detik. El Diablo gagal naik podium dan harus puas berada di posisi keempat.

2. Insiden diselidiki pengawas balapan, Quartararo kembali dijatuhi hukuman tiga detik

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga DetikQuartararo sesaat sebelum balapan GP Catalunya (motogp.com)

Meski balapan telah usai, pengawas balapan tetap melakukan investigasi terhadap Quartararo. Hasilnya, ia kembali memperoleh hukuman penalti tiga detik akibat wearpack yang bermasalah.

“Karena mengendarai tanpa memakai wearpack dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) telah diberikan penalti waktu tiga detik yang diterapkan pada hasil balapan GP Catalunya,” bunyi pernyataan resmi MotoGP melalui situs resmi mereka.

Sanksi itu membuat posisinya di hasil balapan kembali melorot. Ia dinyatakan finis di posisi keenam. Hal tersebut membuat Joan Mir dan Maverick Vinales menyabet posisi finis keempat dan kelima pada GP Catalunya.

Baca Juga: Ternyata Ini Rahasia di Balik Wearpack MotoGP! 

3. Ada aturan terkait keselamatan saat balapan

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga DetikAturan mengenai perlengkapan keselamatan pembalap (fim-moto.com)

Kejadian ritsleting wearpack Quartararo yang terlepas saat balapan melanggar aturan keselamatan yang ada pada FIM World Championship Grand Prix Regulations. Pada pasal 2.4.5.2 mengenai peralatan keselamatan pembalap, dijelaskan bahwa peralatan balap harus dikenakan dengan benar selama aktivitas di lintasan.

Selain itu, pada pasal yang sama dijelaskan pula komponen apa saja yang termasuk dalam perlengkapan keselamatan pembalap. Komponen tersebut terdiri dari helm, jaket balap, sarung tangan, sepatu boots, pelindung belakang, serta pelindung dada.

4. Quartararo melancarkan sindiran usai dapat tambahan penalti

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga DetikSindiran Quartararo usai terkena tambahan penalti (twitter.com/lilacf1car)

Usai dijatuhi hukuman terkait masalah wearpack Quartararo melancarkan sindiran pada pihak-pihak yang mengajukan komplain terkait insiden tersebut. Melalui Instagram stories, ia bersikukuh tidak membahayakan pembalap lain dan mengaku sulit berkendara dalam kondisi semacam itu.

“Selamat kepada semua orang yang mengajukan komplain untuk penalti lainnya. Aku tidak membahayakan pembalap lainnya, seperti yang dikatakan seorang pembalap, dan sulit bagiku berkendara dalam kondisi tersebut.

“Tapi, luar biasa melihat wajah asli beberapa orang. Aku juga berterima kasih pada semua orang yang sudah mendukungku dan menolongku melewati masa sulit. Sampai jumpa di seri berikutnya,” ujar Quartararo dikutip Motorsport.com.

5. Hasil lengkap MotoGP 2021 seri Catalunya usai Quartararo dihukum penalti

Akibat Wearpack Terbuka, Quartararo Kena Tambahan Hukuman Tiga DetikHasil balapan MotoGP 2021 seri Catalunya (motogp.com)

Usai Quartararo dijatuhi tambahan penalti tiga detik, MotoGP mengeluarkan hasil balapan yang telah direvisi. Nah, untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak pada gambar berikut ini.

Saat ini, Quartararo masih memimpin klasemen dengan 115 poin. Ia unggul 14 dari Johann Zarco yang ada di posisi kedua. Seri berikutnya akan berlangsung di Sachsenring, Jerman, pada 20 Juni mendatang.

Baca Juga: Berjaya di GP Italia, Quartararo Yakin pada Performa Yamaha

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya