Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatar

Aleix Espargaro jadi yang tercepat di hari pertama

MotoGP telah merampungkan sesi tes pramusim di Losail, Qatar. Sesi tes untuk para pembalap kelas utama ini dilakukan selama dua hari, yakni Sabtu (6/3) dan Minggu (7/3) waktu setempat.

Hasilnya, Fabio Quartararo menjadi pembalap dengan catatan waktu tercepat di hari kedua. Sementara itu, pembalap Aprilia, Aleix Espargaro, menuntaskan hari pertama sebagai pembalap tercepat.

1. Quartararo unggul 0,077 detik dari Jack Miller

Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatartwitter.com/YamahaMotoGP

Fabio Quartararo sukses mencatatkan waktu tercepat dengan torehab 1 menit 53,940 detik. Pembalap Monster Energy Yamaha tersebut unggul 0,077 detik dari pembalap Ducati, Jack Miller.

Hasil ini merupakan peningkatan setelah pada hari pertama Quartararo hanya berada di posisi ke-15. Catatan waktunya saat itu adalah 1 menit 55, 707 detik. 

2. Pakai sasis lama, Vinales terkejut dengan kecepatan long-run YZR-M1  

Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatartwitter.com/araihelmetjapan

Di sisi lain, rekan setim Quartararo, Maverick Vinales, merasa terkejut dengan kecepatan long-run dari YZR-M1 yang ditungganginya. Padahal, ia tak pakai sasis baru dan lebih berfokus pada gaya berkendara dan pengaturan elektronik untuk motornya 

“Sebenarnya, kami belum bekerja memakai sasis baru. Kami baru saja dapat paket sasis lama dan beberapa hal umum pada motor kedua,” kata Vinales dikutip dari motorsport.com.

“Aku berkonsentrasi pada gaya balap, berkonsentrasi lebih banyak untuk catatkan waktu putaran yang baik dan mencoba tidak terlalu stres saat berada di atas motor untuk dapat aliran yang baik,” lanjutnya.

Pada hari pertama, Vinales mencatatkan waktu 1 menit 55,259 detik. Raihan ini menjadi lebih baik lagi di hari kedua dan menempatkan Top Gun, julukan Vinales, pada posisi ke-7 dengan 1 menit 54,395 detik.

3. Valentino Rossi tercecer di luar 10 besar

Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatartwitter.com/sepangracing

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, tak masuk 10 besar pembalap tercepat di dua hari penyelenggaraan tes pramusim di Qatar. Bahkan, ada penurunan catatan waktu antara hari pertama dan kedua.

Berdasarkan data yang dihimpun dari motogp.comThe Doctor pada hari pertama mencatatkan waktu 1 menit 55,584 detik dan berada di posisi ke-14. Pada hari kedua, Rossi justru lebih lambat dan melorot menjadi posisi ke-20 dengan 1 menit 55,708 detik.

Baca Juga: Valentino Rossi Bicara Soal Pensiun, Lagi-lagi Menggantung

4. Aleix Espargaro catatkan waktu tercepat di hari pertama

Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatartwitter.com/madridenmoto

Aleix Espargaro mampu menjadi pembalap paling cepat pada hari pertama tes pramusim. Kakak Pol Espargaro tersebut melaju dengan waktu 1 menit 54,687 detik. Pada hari kedua, catatan waktunya mengalami peningkatan meski berada di posisi ketiga tercepat dengan 1 menit 54,152 detik. 

Aleix mengatakan bahwa RS-GP21 yang dikendarainya tidak terlihat seperti sebuah revolusi dari motor versi 2020. Namun, ia merasa bahwa motornya kini cukup berbeda. 

“Terutama soal stabilitas, kami membuat sebuah langkah maju yang besar karena motor jadi lebih stabil dan juga sisi aerodinamika mereka melakukan sebuah pekerjaan besar,” ungkap Aleix.

“Motor kini benar-benar berbeda. Dalam hal akselerasi, aku merasa bahwa kami menciptakan sebuah peningkatan dan motor punya lebih banyak downforce. Motor menjadi benar-benar kuat kuat dibanding dengan motor musim lalu,” katanya.

5. Hasil tes pramusim Qatar hari pertama dan kedua

Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di QatarDok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita

Buat kalian yang kelewatan untuk mengikuti jalannya sesi tes pramusim bisa melihat hasil lengkapnya berikut ini. Setelah tes pramusim untuk kelas utama, MotoGP juga akan menggelar tes pramusim untuk kelas Moto2 dan Moto3 pada 19--21 Maret 2021 mendatang.

Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya