Comscore Tracker

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021

Quartararo sudah menangi empat balapan di musim 2021

Fabio Quartararo tampil mengesankan pada paruh pertama MotoGP 2021. Empat kemenangan dari sembilan balapan berhasil disabet pembalap Monster Energy Yamahan itu.

Ia pun kini memuncaki klasemen sementara dengan 156 poin, terpaut 34 poin dari Johann Zarco. Performa mengesankan di awal musim diakui sendiri oleh Quartararo. Ia menyebut dirinya mengendarai YZR-M1 2021 dengan lebih agresif.

1. Quartararo yang kurang puas dengan YZR-M1 musim 2020

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021Quartararo dan Bagnaia pada balapan GP Assen (motogp.com)

Pada musim 2020 lalu Quartararo merasa kurang puas dengan YZR-M1. Ia mengakui bahwa motor versi musim lalu bukan seperti yang diinginkannya.

Inkonsistensi pun terjadi dan berimbas pada performanya Quartararo di lintasan. Ia pun menyudahi musim di posisi kedelapan klasemen pembalap.

2. Cerita berganti, Yamaha tingkatkan kemampuan motor dan Quartararo ganti gaya balap

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021Quartararo saat pacu YZR-M1 di GP Belanda (motogp.com)

Namun, itu cerita musim lalu. Pada jeda musim dingin, Yamaha  melakukan peningkatan pada motor, terutama pada bagian depan. Di sisi lain, Quartararo juga mengubah gaya balapnya menjadi tidak biasa seperti musim lalu.

“Aku pikir semua pembalap butuh beradaptasi dengan motor mereka. Aku berkendara dengan gaya berbeda dari musim lalu. Ini tidak benar-benar alami, tapi bekerja dengan baik,” kata Quartararo dilansir Autosport.

Baca Juga: Aksi Nekat Buka Jaket Fabio Quartararo yang Kontroversial

3. Lebih agresif, Quartararo sebut cara berkendaranya sedikit seperti "binatang"

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021Quartararo pada GP Belanda (motogp.com)

Saat ditanya mengenai perubahan gaya balapnya, ia menyebut cara berkendaranya menjadi lebih agresif. Ia pun bahkan menyebut gaya balapnya sedikit seperti seekor binatang.

“Biasanya aku lebih menjadi pembalap yang melaju sangat cepat di tikungan. Saat ini aku mencoba menjadi lebih sedikit seperti binatang, mengerem dengan sangat lambat dan mencoba mengendarai dengan gaya yang sedikit berbeda.

“Seperti di tikungan pada GP Jerman saat aku bisa melaju lebih cepat, tapi aku memikirkan tentang motor perihal bagaimana bisa cepat tak hanya di tikungan saja. Di beberapa trek ini terjadi, jadi ini benar-benar tidak alami tapi Anda perlu beradaptasi." kata Quartararo.

4. Rasa puas Quartararo pada hasil paruh pertama musim 2021

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021Wajah ceria Quartararo usai menangi GP Belanda (motogp.com)

Secara keseluruhan, pada paruh pertama musim 2021 Quartararo yakin bahwa Yamaha mampu tampil cepat dalam segala kondisi. Meski sempat mengalami cedera arm pump di Jerez dan insiden wearpack di Barcelona, Quartararo merasa senang dengan performa di awal musim ini.

“Iya, benar-benar musim yang bagus. Sayangnya, kami ada masalah di Jerez dan Barcelona. Namun, kami tampil cepat di segala kondisi dan bahkan ketika kami kesulitan di Jerman atau saat kondisi basah di Le Mans. Kami mampu bersaing untuk posisi podium,” papar Quartararo dilansir Motorsport.com.

5. Capaian Quartararo musim 2021 dan musim 2020

Tampil Mengesankan, Quartararo Akui Lebih Agresif Pacu YZR-M1 2021Quartararo berpose di depan YZR-M1 (motogp.com)

Saat ini Quartararo berada di singgasana klasemen dengan 156 poin. Total, ia sudah enam kali naik podium dan empat kali memenangi balapan. Capaian ini menggambarkan peningkatan jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Pada musim 2020, pembalap asal Prancis itu hanya mengemas tiga kemenangan dan finis di klasemen pembalap pada posisi kedelapan. Mampukah Quartararo mempertahankan laju oke di paruh kedua musim ini?

Baca Juga: Fabio Quartararo Mengakui Sempat Dihantui Nama Besar Rossi

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya