Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP Portugal

YZR-M1 masih kurang memuaskan!

Seri perdana MotoGP 2023 di Portimao, Portugal, menjadi kisah yang ingin segera dilupakan Fabio Quartararo. Betapa tidak, pembalap asal Prancis itu meraih hasil kurang maksimal saat sprint dan main race

Quartararo menyoroti performa YZR-M1 yang melempen jelang bergulirnya GP Argentina akhir pekan ini. Ia merasa Yamaha masih punya pekerjaan guna kembali bersaing di deretan depan saat balapan.

1. Start dari posisi ke-11, Quartararo hanya mampu finis kesepuluh saat sprint race

Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP PortugalFabio Quartararo menjalani balapan MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Fabio Quartararo mendapati hasil kurang maksimal saat sesi kualifikasi. Ia harus puas menduduki posisi start ke-11 dengan catatan waktu 1 menit 37,920 detik.

Ketika sprint race berlangsung, Quartararo tampak kesulitan menembus barisan depan. Ia lebih banyak berkutat dalam rombongan tengah dan harus puas melintasi garis finis di posisi ke-10.

2. Quartararo harus puas finis di posisi kedelapan saat main race

Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP PortugalFabio Quartararo menjalani balapan MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Quartararo sejatinya punya peluang finis di posisi lima besar saat main race. El Diablo berada dalam barisan pembalap yang berduel untuk posisi keempat. Selain Quartararo, ada Johann Zarco, Alex Marquez, Brad Binder, dan Jack Miller yang saling adu cepat dalam kelompok tersebut.

Jarak kelima pembalap juga tidak terlampau jauh. Namun, Quartararo masih kalah cepat jika dibandingkan dengan empat pembalap lain. Ia merampungkan main race di posisi ke-8 dan membawa 8 poin dari Algarve International Circuit.

 

Baca Juga: Sprint Race buat Fabio Quartararo Harus Siap Tampil Lebih Konsisten

3. Quartararo meminta Yamaha mencari penyebab kurang garangnya YZR-M1

Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP PortugalFabio Quartararo berada di belakang Aleix Espargaro dan Alex Rins saat balapan GP Portugal 2023. (motogp.com)

Quartararo sadar bahwa YZR-M1 masih kalah cepat ketimbang motor-motor lainnya. Walau ada perkembangan pada bagian mesin, ia tetap meminta Yamaha mencari tahu penyebab performa motornya yang kurang garang di GP Portugal.

"Kami butuh mencari tahu bagaimana kami bisa lebih dekat dengan mereka pada akhir trek lurus untuk memulai manuver menyalip. Saat ini, mereka masih melaju jauh dari kami di trek lurus. Kami harus mencoba pada titik di mana itu sulit untuk menyalip," kata Quartararo dilansir Speedweek.

4. Quartararo turut mengomentari performa YZR-M1 saat kualifikasi

Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP Portugalpembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (motogp.com)

Tak hanya saat balapan, Quartararo juga menaruh perhatian pada performa YZR-M1 yang masih kurang maksimal ketika kualifikasi. Apalagi, Quartararo juga mengalami masalah pada launch control saat sprint race sehingga menghambat lajunya pada lap awal.

"Kecepatan kami bagus. Akan tetapi, karena posisi start yang buruk dan fase awal yang tertahan, sulit untuk kembali ke barisan depan. Kami harus meningkat secara signifikan saat kualifikasi karena sangat penting memulai balapan di barisan depan," tandas Quartararo.

5. Capaian Quartararo lebih baik ketimbang Franco Morbidelli di GP Portugal

Fabio Quartararo Soroti Performa Melempem YZR-M1 di GP PortugalFranco Morbidelli menjalani balapan GP Portugal 2023. (motogp.com)

Hasil yang didapat Quartararo di GP Portugal lebih baik ketimbang rekan setimnya, Franco Morbidelli. Pembalap asal Italia itu finis di posisi ke-14 saat sprint dan main race.

Hasil kedua pembalap yang kurang mengesankan itu berdampak pada posisi Monster Energy Yamaha di klasemen tim. Mereka bertengger di posisi kedelapan lewat raihan 10 poin.

GP Argentina yang berlangsung pada 31 Maret--2 April 2023 tentunya akan dimanfaatkan oleh Quartararo dan Yamaha untuk meraih hasil bagus. Namun, mengingat motor YZR-M1 yang masih kalah saing dibandingkan motor pabrikan lain, bisakah mereka kembali bertarung di barisan depan untuk setidaknya meraih posisi podium?

Baca Juga: Yamaha Ultimatum Morbidelli, Harus Berhasil jika Ingin Bertahan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya