Comscore Tracker

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Baru

Marc Marquez kini punya tandem baru!

Tim pabrikan Honda, yakni Repsol Honda, secara resmi merilis RC213V edisi 2021. Tim tersebut meluncurkan motor pada Senin (22/2) sore WIB.

Dalam peluncuran tersebut Marc Marquez hadir memperkenalkan motor untuk mengarungi musim baru MotoGP. Di sisi lain, ada wajah baru yang menghiasi tim tersebut. Lalu, seperti apa tampilan motor serta pembalap baru Repsol Honda?

1. Livery masih tetap sama seperti musim lalu

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Barumotogp.com

RC213V edisi 2021 memiliki tampilan luar yang sama persis dengan edisi musim sebelumnya. Warna merah-putih-oranye masih menghiasi motor tersebut di musim terbaru ini.

Namun, ada yang berbeda pada motor rekan setim Marc Marquez. Pasalnya, kini pembalap peraih delapan gelar juara dunia di semua kelas MotoGP itu tak akan bertandem dengan Alex Marquez.

Pol Espargaro akan jadi rekan setim Marc Marquez di musim 2021. Otomatis, nomor 73 milik Alex Marquez pun berganti jadi 44 milik mantan pembalap KTM tersebut.

Baca Juga: Tujuan Pol Espargaro Masuk Honda: Bersaing dengan Marc Marquez

2. Repsol masih jalin kerjasama dengan HRC hingga 2022

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Barumotogp.com

Perusahaan gas dan minyak asal Spanyol, Repsol, masih akan tetap bersama dengan Honda Racing Corporation (HRC) pada musim 2021 ini. Untuk itulah nama perusahaan tersebut masih akan terlihat di bodi motor RC213V.

Seperti dilansir repsol.com, perusahaan yang berbasis di Madrid itu masih akan bekerja sama dengan Honda di MotoGP hingga 2022 mendatang. Kebersamaan keduanya telah terjalin sejak 1995 dan pada 2022 nanti akan jadi musim ke-28 Repsol bersama dengan pabrikan asal Jepang tersebut.

3. Repsol Honda perkenalkan pembalap baru, yakni Pol Espargaro

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Barumotogp.com

Dalam perilisan yang digelar Repsol Honda, muncul sosok Pol Espargaro. Mengenakan wearpack khas tim, adik dari Aleix Espargaro itu secara resmi menjadi bagian dari tim pabrikan tersebut.

Seperti dilansir motogp.com, Pol Espargaro sangat bersemangat menyambut musim 2021 bersama tim baru. Penantian ini baginya diibaratkan seperti menanti musim pertama di ajang balap atau ketika debut di kelas utama MotoGP.

"Membalap untuk Repsol Honda adalah cita-cita dan sesuatu yang dibanggakan. Setiap minggu aku telah ambil banyak langkah, melihat motor di rumahku dan sekarang mengenakan pakaian balap. Langkah terakhir adalah menunggangi RC213V untuk kali pertama di Qatar," ucapnya.

4. Marc Marquez sudah rindu pada RC213V dan keseruan balapan

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Barumotogp.com

Di sisi lain, Marc Marquez sudah sangat rindu pada motor RC213V serta atmosfer balapan. Musim 2020 menjadi musim buruk baginya sebab harus absen hingga akhir musim lantaran mengalami cedera saat balapan GP Spanyol.

Meski ingin segera kembali ke lintasan balap, ia mengaku harus tetap mengikuti saran dokter demi pemulihan cederanya. Sebab, proses pemulihan akan membantunya untuk segera kembali balapan.

"Aku dapat membayangkan comeback terbaik adalah mulai kembali mengendarai motor dan menjadi seperti sebelumnya, tetapi itu akan sulit untuk jadi seperti ini," ujarnya.

"Tapi, kita akan lihat apakah butuh satu balapan, dua balapan, setengah musim untuk jadi Marc yang sama seperti sebelumnya," tandas Marc.

5. Jadwal peluncuran motor dari tim-tim MotoGP 2021

Repsol Honda Rilis RC213V Edisi 2021 dan Perkenalkan Pembalap Barumotogp.com

Usai Repsol Honda meluncurkan motor, masih ada tim lain yang akan meluncurkan motor baru mereka untuk musim 2021. Setidaknya ada 4 tim yang akan merilis motor dalam waktu dekat ini. Tim tersebut adalah

  1. Pramac Racing (25 Februari 2021);
  2. Petronas Yamaha SRT (1 Maret 2021);
  3. Suzuki Ecstar (6 Maret 2021);
  4. Aprilia Gresini (Belum diumumkan).

Nah, buat yang penasaran dengan perilisan motor baru dari empat tim tersisa, jangan lupa pantau perkembangannya di IDN Times, ya!

Baca Juga: Repsol Honda Sebut Kondisi Marc Marquez Baik-baik Saja

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya