Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR Honda

Alex Rins tak mengesampingkan tawaran dari tim satelit

Bursa pembalap MotoGP untuk musim 2023 masih terus jadi sorotan di tengah jadwal balap yang padat. Silih berganti isu-isu kepindahan pembalap muncul ke permukaan yang tentunya melibatkan sejumlah tim.

Salah satu yang jadi perhatian adalah Alex Rins. Baru-baru ini, pembalap berkebangsaan Spanyol itu dikabarkan dalam pembicaraan serius dengan LCR Honda. Lantas, seperti apa perkembangan terkini dari rumor tersebut?

1. Joan Mir dan Alex Rins mencari tim baru setelah Suzuki putuskan hengkang dari MotoGP

Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR HondaAlex Rins dan Joan Mir pada GP Amerika 2022 (motogp.com)

Sejak Suzuki memutuskan angkat kaki dari MotoGP pada akhir musim 2022, Joan Mir dan Alex Rins praktis harus menjadi tim baru agar tetap bisa melanjutkan kiprah di ajang tersebut. Apalagi, sejumlah tim, terutama tim pabrikan, sudah memastikan komposisi pembalap mereka untuk musim depan.

Memang masih ada Ducati Lenovo Team dan Repsol Honda yang baru menetapkan satu pembalap guna mengarungi musim 2023. Akan tetapi, Ducati Lenovo akan memilih di antara Jorge Martin atau Enea Bastianini untuk mendampingi Francesco Bagnaia.

2. Joan Mir santer dikabarkan akan jadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda

Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR Hondapembalap Suzuki Ecstar Joan Mir (motogp.com)

Sementara itu, satu tempat di Repsol Honda masih menjadi tanda tanya. Joan Mir begitu santer diberitakan akan menjadi tandem Marc Marquez. Ini menyusul performa kurang mengesankan Pol Espargaro yang selama dua musim terakhir bersama tim.

Berdasarkan data MotoGP, Polyccio baru dua kali naik podium bersama Repsol Honda. Ia mendapatkannya saat finis kedua pada GP Emilia Romagna 2021 dan finis ketiga dalam balapan GP Qatar musim ini.

Baca Juga: 5 Alasan Joan Mir Cocok Bergabung ke Repsol Honda

3. Alex Rins dikabarkan sudah memasuki fase kedua pembicaraan dengan LCR Honda

Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR HondaAlex Rins pada pekan balap GP Jerman 2022 (motogp.com)

Sementara Joan Mir dikabarkan akan merapat ke Repsol Honda, lain halnya dengan Alex Rins. Pembalap bernomor motor 42 itu diisukan menjalin komunikasi dengan LCR Honda. Hal ini sudah disampaikan oleh Alberto Puig selaku tim manajer HRC beberapa hari lalu.

"Tentunya, Honda telah berbicara dengan dua pembalap Suzuki. Mereka menghubungi kami setelah berita terkait masa depan timnya telah jelas diketahui," ungkap Puig dilansir Motorsport.com.

Bahkan, Rins dan LCR Honda kini sudah memasuki fase kedua dari pembicaraan negosiasi. Tahap tersebut seharusnya akan rampung dalam kurun waktu 15 hari ke depan.

4. Jika Rins benar-benar bergabung dengan LCR Honda, Alex Marquez bakal terdepak

Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR Hondapembalap LCR Honda Alex Marquez (motogp.com)

Dilansir Motorsport Total, jika Rins dan LCR Honda mencapai kesepakatan, pembalap berusia 26 tahun tersebut bakal menggusur Alex Marquez. Masa depan adik kandung Marc Marquez itu masih abu-abu dan bergantung pada pergerakan bursa pembalap yang terjadi saat ini.

Sementara itu, Takaaki Nakagami kemungkinan juga akan lengser. Ai Ogura yang saat ini berada di kelas Moto2 digadang-gadang akan mengisi posisi seniornya itu dalam tim yang dikepalai Lucio Cecchinello tersebut. Nantinya Nakagami akan mendapat posisi sebagai test rider berama dengan Stefan Bradl.

5. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kepindahan Rins ke LCR Honda, apa saja?

Alex Rins Dikabarkan dalam Pembicaraan Serius dengan LCR Hondapembalap Suzuki Ecstar Alex Rins (motogp.com)

Peluang Rins untuk memperkuat LCR Honda musim depan ditentukan sejumlah faktor. Pertama, LCR perlu memperoleh persetujuan dari Honda. Pasalnya, pabrikan asal Jepang itu punya kekuatan berkaitan dengan tim satelit mereka.

Selain itu, faktor ekonomi juga menjadi pertimbangan LCR Honda merekrut Alex Rins. Ini berkaitan dengan gaji serta sponsor yang kemungkinan dibawa oleh Rins ketika bergabung dalam tim.

 

Kabar merapatnya Alex Rins ke LCR Honda masih perlu dipantau dalam beberapa hari ke depan. Akankah keduanya akan menjalin kesepakatan untuk musim depan?

Baca Juga: Takaaki Nakagami Berdamai dengan Francesco Bagnaia dan Alex Rins

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya