Comscore Tracker

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022

RNF sebelumnya bernama SRT, kini disponsori oleh WithU

Setelah ditinggal Petronas sebagai sponsor utama, SRT mengalami perubahan nama menjadi RNF. Musim 2022 akan menjadi penanda awal eksistensi tim yang didirikan oleh Razlan Razali.

Menyongsong dimulainya musim baru, RNF melakukan beragam persiapan termasuk soal pendanaan tim. Razlan Razali menargetkan dalam satu tahun tim akan membutuhkan bujet 11-13 juta euro.

1. SRT berubah menjadi RNF setelah Petronas mundur dari posisi sebagai sponsor utama

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022Andrea Dovizioso saat sesi latihan GP San Marino (motogp.com)

Pada musim 2021, Sepang Racing Team (SRT) menerima kabar kurang menyenangkan. Petronas sebagai sponsor utama mereka memutuskan untuk mundur. Alhasil, Razlan Razali selaku Team Principal SRT mengambil alih tim dan mengubahnya menjadi RNF.

Bersamaan dengan itu tim SRT yang ada di kelas Moto2 dan Moto3 resmi dibubarkan. Nantinya, pada musim 2022 RNF akan memiliki tim di MotoGP dan MotoE saja.

2. Razlan Razali mengakui butuh bekerja ekstra dalam membangun tim kedua di MotoGP

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022Pihak Yamaha dan RNF Racing berfoto bersama (motogp.com)

Setelah Petronas undur diri dan tim berganti menjadi RNF, WithU masuk sebagai sponsor utama tim. Hal tersebut bersamaan dengan dikonfirmasinya Yamaha sebagai penyokong motor tim serta Andrea Dovizioso dan Darryn Binder yang ditetapkan sebagai pembalap untuk RNF.

Razlan Razali sendiri mengaku banyak pekerjaan yang harus dilakukan saat membangun tim kedua di kelas utama. Apalagi, dirinya harus menarik atensi sponsor agar mau mendanai tim guna berkompetisi di kejuaraan.

“Membangun tim MotoGP kedua bukanlah hal menyenangkan. Ada banyak yang dikerjakan, khususnya saat Anda memulai untuk merencanakan tim pada bulan September hingga Oktober 2021. 

Pastinya, itu adalah sebuah tantangan untuk menggaet sponsor besar. Namun, kami harus terus melaju dan saat Anda melihat semua orang baru ini masuk, itu hal yang bagus,” kata Razali dilansir Crash.

Baca Juga: Menerka Gebrakan-Gebrakan yang Bakal Muncul di MotoGP 2022

3. Razali harus memastikan tim berjalan lancar yang dibentuknya berjalan lancar

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022Razlan Razali dan Lin Jarvis (twitter.com/yamaharacingcom)

Lebih lanjut, Razali mengakui jika tahun pertama yang nantinya akan dilakoni RNF pastinya tak akan berjalan mudah. Dirinya dan tim harus memastikan bahwa segalanya berjalan lancar dari sisi finansial serta menumbuhkan kepercayaan pada sponsor dan semua orang di tim.

Selain itu, Razali juga akan memanfaatkan bergulirnya musim 2022 sebagai momen membangun tim untuk jangka waktu 3 hingga 5 tahun ke depan. Dirinya turut bersyukur memiliki WithU sebagai sponsor utama RNF.

4. Dana yang dianggarkan per tahun berada di kisaran 11-13 juta euro

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022Andrea Dovizioso saat tes bersama RNF Racing di Jerez (motogp.com)

Terkait masalah bujet, Razali menyebut jika anggaran untuk tim berkisar di angka 11 sampai 13 juta euro. Dengan begitu, dirinya memastikan RNF dapat mempertahankan penampilan pada level tinggi yang sebelumnya ditunjukkan oleh SRT dalam beberapa musim sebelumnya.

“Bagi kami, penampilan adalah hal penting. Itu dapat memberi Anda kepercayaan diri serta profesionalitas. Aku rasa itu sama pentingnya dengan memiliki paket yang bagus dengan manufaktur motor.

Mereka yang mengetahui kami, tahu bagaimana kami telah menampilkan diri kami selama tiga tahun terakhir dan kami ingin untuk menjaga tampilan dan perasaan itu. Kami ingin menjaga tingkat pelayanan untuk semua sponsor kami. Jadi, berdasarkan spesifikasi motor, dana yang dianggarkan berkisar 11-13 juta euro per tahun,” papar Razali.

5. Petronas membayar SRT untuk menjadi sponsor utama di bawah 10 juta euro

RNF Racing Targetkan Bujet 11-13 Juta Euro untuk MotoGP 2022Franco Morbidelli pada tes resmi MotoGP di Catalunya (motogp.com)

Perlu diketahui, Petronas diperkirakan membayar SRT untuk menjadi sponsor tim di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 di bawah 10 juta euro. Sementara itu, Dorna memberi bantuan dana sebesar 2,5 juta euro per pembalap untuk menutupi biaya mesin untuk setiap tim independen di kelas utama.

Selama tiga musim sejak 2019, SRT memang merupakan tim independen atau tim satelit Yamaha. Berdasarkan data MotoGP.com, SRT mampu menjadi tim independen terbaik pada musim 2019 dan 2020. Namun, pada musim 2021, Pramac Racing yang keluar sebagai tim independen terbaik.

 

RNF nantinya akan melakoni shakedown test di akhir bulan Januari 2022 di Sepang ini sebab Darryn Binder berstatus sebagai pembalap rookie. Adapun Dovizioso akan ikut pada tes Sepang pada 5-6 Februari 2022 mendatang. Siapa yang sudah tidak sabar menanti kiprah RNF di MotoGP musim ini?

Baca Juga: 5 Sirkuit MotoGP 2022 dengan Lintasan Terpendek, Mana Saja?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya