Comscore Tracker

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRT

Keluhkan lambatnya akselerasi motor setelah libas tikungan

Valentino Rossi masih belum bisa keluar dari performa kurang oke di awal musim 2021 ini. Dari empat balapan, Rossi baru mengumpulkan 4 poin. Posisi finis terbaik saat balapan pun terjadi pada GP Qatar, yaitu finis ke-12.

Selebihnya, Rossi terlempar dari posisi 15 besar yang menjadi posisi seorang pembalap bisa mendulang poin. Bahkan, Rossi gagal finis di GP Portugal. Meski begitu, Rossi masih mendapat dukungan dari timnya, Yamaha Petronas SRT.

1. Performa kontras antara Rossi dan Morbidelli

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRTFranco Morbidelli saat di podium GP Spanyol (motogp.com)

Performa Rossi yang masih jauh dari kata memuaskan ini justru berbanding terbalik dengan rekan setimnya, Franco Morbidelli. Terbaru, Morbidelli sukses naik podium usai finis ketiga di GP Spanyol. Kini, Morbidelli ada di posisi ke-8 klasemen dengan 33 poin.

Bahkan, jika dibandingkan dengan duo pembalap utama Yamaha, Rossi kian tertinggal jauh. Maverick Vinales mengantongi kemenangan di GP Qatar, sedangkan Fabio Quartararo menang beruntun di GP Doha dan Portugal.

2. Masih dihantui masalah daya cengkeram ban belakang

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRTRossi ketika sesi tes resmi di Jerez (motogp.com)

Salah satu masalah yang masih menggerogoti performa Rossi kala menunggangi YZR-M1 adalah terkait daya cengkeram ban belakang.

Masalah inilah yang terus menerus dialami The Doctor meski tak lagi berada di tim utama Yamaha.

Baca Juga: Melempem di MotoGP, Waktunya Pensiun Buat Valentino Rossi

3. Rossi sebut Yamaha Petronas SRT masih mendukung dirinya

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRTRossi disambut kru tim usai GP Doha (motogp.com)

Meski belum kembali ke performa terbaiknya Rossi mengaku masih mendapat dukungan dari timnya, Yamaha Petronas SRT. Ia tidak merasa tertekan meski dalam performa yang kurang baik.

“Itu adalah balapan yang sulit pada pekan balap yang sulit pula sebab aku tidak memiliki ritme balap. Itu momen sulit, tapi Petronas sangat mendukung saya,” ujar Rossi usai GP Spanyol beberapa waktu lalu dilansir Autosport.

4. Rossi keluhkan lambatnya akselerasi motor selepas melibas tikungan

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRTRossi menoleh ke belakang di salah satu sesi GP Spanyol (motogp.com)

Terkait motor yang ditungganginya, pembalap asal Italia itu memberikan evaluasi. Ia mengeluhkan motornya yang lambat dalam akselerasi selepas melibas tikungan. Akibatnya, banyak waktu yang terbuang akibat masalah tersebut.

“Aku merasa tidak nyaman dengan motorku. Saat berkendara, saya sedikit mengalami keterlambatan dan ini juga menimbulkan masalah dalam akselerasi sebab saya alami masalah pada dengan daya cengkeram di bagian belakang ketika keluar selepas dari tikungan. Jadi, saya tak bisa keluar dari tikungan dengan cepat,” papar Rossi dikutip Motorsport.com.

5. Tetap beri pujian pada peningkatan performa motornya

MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRTRossi melihat motornya di garasi pada GP Spanyol (motogp.com)

Meski memberi kritik pada sisi akselerasi motor, juara dunia sembilan kali di semua kelas MotoGP itu tetap memberi pujian pada kerja keras timnya. Menurutnya, ada peningkatan terutama pada pengereman motor yang lebih baik dari seri-seri sebelumnya walau tak besar.

“Kami bekerja dengan baik bersama tim, terutama pada pengaturan untuk tingkatkan kemampuan pengereman motor. Yamaha juga membawa komponen baru yang bekerja dengan baik, semua memberi sedikit bantuan untuk bantu tingkatkan kecepatan serta perasaan saat mengendarai motor,” jelasnya.

Baca Juga: Cerdas dan Hangatnya Petronas Yamaha Bikin Rossi Girang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya