MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerez

Mampukah The Doctor capai podium ke-200 akhir pekan nanti?

MotoGP akhir pekan ini akan kembali ke Spanyol. Sirkuit Jerez akan menjadi arena bagi para pembalap unjuk gigi guna mendulang kemenangan. Salah satu yang menantikan balapan di Jerez adalah Valentino Rossi.

Pembalap Petronas Yamaha SRT itu sudah tak sabar memacu YZR-M1 miliknya di Jerez. Baginya, Jerez adalah sirkuit yang penuh dengan sejarah bagi perjalanan kariernya di MotoGP.

1. Di sirkuit Jerez Rossi sukses meraih podium ke-199 pada tahun 2020 lalu

MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerezmotogp.com

Bukan tanpa sebab Rossi mengatakan bahwa Jerez begitu bersejarah baginya. Ia sukses finis ketiga pada balapan kedua bertajuk GP Andalusia musim lalu. Ia menyudahi balapan di belakang Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Finis ketiga cukup menambah rekor naik podium menjadi 199 kali selama berada di kelas utama MotoGP. Hal ini diakui oleh Rossi dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

“Aku pikir Jerez adalah salah satu sirkuit dalam kalender MotoGP yang aku nantikan tiap tahun. Sebab, aku punya kenangan luar biasa di sana,” kata Rossi dikutip dari crash.net.

2. Pemegang rekor menang terbanyak di Jerez

MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerezmotogp.com

Selain kenangan soal podium ke-199 musim lalu, Jerez masih menjadi tempat kekuasaan Rossi. Hal tersebut tampak dari rekor kemenangan yang diperolehnya kala membalap di sirkuit sepanjang 4,4 km itu.

Berdasarkan catatan motogp.com, The Doctor sudah tujuh kali menang di Jerez. Ia unggul empat kemenangan dari Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang sama-sama mengantongi tiga kemenangan.

Baca Juga: Punya Kenangan Manis di Sirkuit Jerez, Rossi Tak Sabar Rebut Podium

3. Dihantui rentetan hasil kurang oke di tiga balapan awal musim 2021

MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerezmotogp.com

Meski punya catatan manis di Jerez, Rossi masih dihantui deretan hasil kurang oke pada tiga balapan awal musim ini. Terbaru, ia harus sudahi balapan lebih awal akibat terjatuh saat GP Portugal.

Posisi finis terbaiknya adalah saat seri awal di GP Qatar yakni posisi ke-12. Rossi kini masih berada di peringkat ke-19 klasemen pembalap dengan total 4 poin.

4. Rossi optimistis bisa meraih hasil baik di Jerez

MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerezmotogp.com

Terkait pandangannya jelang GP Spanyol, Rossi mengaku optimistis bisa meraih hasil baik di sana. Ini tak lepas dari performa yang menurutnya mengalami peningkatan di GP Portugal.

“Kecepatanku selama balapan di Portugal cukup baik. Kami membuat beberapa peningkatan. Jadi, kami menyongsong seri keempat dengan lebih optimis dibanding sebelumnya.”

“Yang pasti, akan ada banyak pembalap yang jadi lebih kuat di Jerez karena kami semua mengetahuinya. Namun, kami akan mencoba yang terbaik dan melihat apa yang bisa kami lakukan untuk kembali ke posisi atas, tempat di mana seharusnya kami berada,” papar Rossi.

5. Yamaha mengejar rekor menang empat kali beruntun di Jerez

MotoGP: Incar Podium ke-200, Rossi Sudah Nantikan Balapan di Jerezmotogp.com

Di samping Rossi, Yamaha kini tengah berupaya mengejar rekor menang empat kali beruntun pada empat balapan pertama di kelas utama MotoGP. Tiga seri sebelumnya, duet pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, berhasil memenangi balapan.

Maverick Vinales memenangi seri perdana musim 2021 dalam balapan GP Qatar. Lalu, Fabio Quartararo secara beruntun menang di GP Doha dan Portugal.

Jika mereka berdua atau pembalap Yamaha lainnya berhasil menang di Jerez, manufaktur asal Jepang itu sukses mencatatkan rekor kemenangan empat kali beruntun untuk pertama kali sejak 2014. Kala itu, manufaktur asal Jepang lainnya, Honda, sukses mencatatkan rekor serupa.

Baca Juga: Petronas Yamaha SRT Rilis Motor Edisi 2021, Rossi Ada di Tim Baru!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya