Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara Dunia

Rossi gagal rengkuh gelar juara dunia pada musim itu

Valentino Rossi sudah tak lagi mengaspal di MotoGP selepas musim 2021. Kini, The Doctor lebih banyak berada di belakang layar mengelola VR46 Racing Team yang turun di tiga kelas balap.

Walau begitu, kenangan akan persaingan panas di kelas utama masih membekas dalam benak Rossi. Salah satunya, duel panas perebutan gelar juara dunia musim 2015 yang diwarnai kontroversi.

1. Kontroversi GP Malaysia 2015, Rossi sampai dijatuhi hukuman start paling buncit!

Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara DuniaInsiden antara Valentino Rossi dan Marc Marquez saat GP Malaysia 2015 (motogp.com)

MotoGP 2015 jadi salah satu musim yang tak terlupakan untuk siapa pun, tak terkecuali Valentino Rossi. Saat itu Rossi punya kans untuk bisa angkat trofi juara untuk kesepuluh kalinya di semua kelas balap.

Rossi bersaing ketat dengan Jorge Lorenzo, rekan setimnya di Yamaha, dalam perebutan titel prestisius. Sayangnya, usaha Rossi mengalami gejolak saat GP Malaysia.

Meski mampu menuntaskan balapan di posisi ketiga, Valentino Rossi terlibat insiden dengan Marc Marquez pada lap 7. Dari kejadian tersebut, Rossi dijatuhi hukuman start dari posisi paling belakang di GP Valencia. Keputusan itu diambil karena Rossi dinilai melakukan manuver yang membuat Marc Marquez terjatuh di tikungan 14.

2. Rossi gagal meraih gelar juara dunia usai finis keempat di GP Valencia 2015

Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara DuniaValentino Rossi melewati Jorge Lorenzo yang sedang melakukan selebrasi gelar juara MotoGP 2015. (motogp.com)

Rossi yang memulai balapan dari posisi paling buncit di GP Valencia masih punya kesempatan meraih gelar juara. Pembalap bernomor motor 46 itu minimal harus finis di posisi runner-up supaya gelar kembali ke genggamannya.

Sayangnya, Rossi harus puas menyudahi balapan di posisi keempat. Sementara itu, Jorge Lorenzo sukses finis sebagai pemenang GP Valencia sekaligus memastikan gelar juara dunia ketiga di kelas utama MotoGP.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Bicara Soal Valentino Rossi dan Marc Marquez

3. Rossi sedih karena gagal meraih gelar juara dunia kesepuluh dalam karier balap motor

Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara DuniaValentino Rossi saat memperkuat Yamaha pada MotoGP 2015 (motogp.com)

Rossi masih menyimpan rasa sedih walau kejadian itu sudah berlalu beberapa tahun lamanya. Ia merasa layak meraih gelar juara pada saat itu berdasarkan performanya yang bagus saat memacu YZR-M1 di lintasan.

"Aku sedikit sedih karena aku tidak memenangkan gelar kesepuluh (untuk semua kelas balap). Aku berpikir aku layak mendapatkannya karena level dan kecepatanku. Aku melewatkan gelar dua kali pada balapan akhir dari suatu musim. Itulah mengapa aku pikir aku layak untuk gelar kesepuluh," ucap Rossi dilansir Crash.

4. Rossi tak merasa perlu mengeluhkan pencapaiannya selama di MotoGP

Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara DuniaValentino Rossi saat berada di garasi Mooney VR46 Racing Team (motogp.com)

Meski ada rasa sesal, Rossi tetap menerima perjalanan kariernya di MotoGP dengan senang hati. Pembalap asal Italia itu tak merasa perlu mengeluhkan pencapaian yang sudah diraihnya.

"Begitulah adanya. Aku tak berpikir aku bisa mengeluh tentang keseimbangan karierku secara keseluruhan," jelas Rossi dikutip Motorsport Total.

5. Capaian Rossi selama berkiprah di semua kelas balap MotoGP

Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara DuniaValentino Rossi merayakan gelar kesembilan di semua kelas MotoGP pada 2009. (motogp.com)

Berdasarkan data MotoGP, Valentino Rossi sudah mengoleksi 115 kemenangan dengan 89 kali finis pertama di kelas MotoGP, 14 kali di kelas 250cc, dan 12 kali di kelas 125cc.

Rossi juga mampu naik podium 235 kali dengan rincian 199 kali saat di kelas utama, 21 kali di kelas 250cc, dan 15 kali di kelas 125cc. Ia pun tercatat punya 9 gelar juara dunia dengan 7 gelar didapat saat berlaga di kelas utama dan masing-masing 1 kali di kelas 250cc serta 125cc. 

 

Walau tak lagi membalap di ajang MotoGP, Rossi masih aktif ikut balapan di kejuaraan balap mobil. Baru-baru ini, Rossi sukses naik podium setelah finis ketiga di ajang balap ketahanan Dubai 24 Hours.

Rossi memperkuat Team WRT dengan nomor mobil 46. Selain Rossi, ada Sean Gelael, Maxime Martin, Timothy Whale, dan Max Hesse yang secara bergantian mengemudikan mobil BMW M4 GT3.

Baca Juga: Bersama Sean Gelael, Valentino Rossi Raih Podium di Dubai 24 Hours

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya