Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Pengganti

Tapi, ini bukan Lorenzo yang dipilih

Valentino Rossi masih dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes PCR pada Selasa (3/11). Kondisi ini membuat peluang Rossi mengaspal di GP Eropa pada akhir pekan ini terancam.

Yamaha pun sudah berancang-ancang akan menggunakan pembalap pengganti jika hasil tes PCR lanjutan Rossi masih menunjukkan hasil positif. Namun, Yamaha tidak akan memakai tenaga dari Jorge Lorenzo yang statusnya sebagai test rider di tim tersebut.

Lantas siapa pembalap pengganti yang ditunjuk oleh Yamaha?

1. Yamaha siapkan Garrett Gerloff sebagai pengganti Rossi di GP Eropa

Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Penggantiinstagram.com/garrettgerloff

Berdasarkan keterangan resmi dari yamaha-racing.com, Garrett Gerloff akan didapuk sebagai pembalap pengganti di GP Eropa. Penunjukkan ini sebagai langkah Yamaha dalam mengantisipasi kondisi jika Valentino Rossi dinyatakan 'tidak fit' dari hasil dua tes PCR pada Rabu (4/11) dan Kamis (5/11).

Ini menjadi peluang bagi pembalap asal Amerika Serikat itu untuk menunggangi YZR-M1, motor yang ditunggangi para pembalap Yamaha di MotoGP termasuk Rossi. Selain itu, ia juga akan mendapatkan dukungan dari kru Valentino Rossi selama GP Eropa berlangsung.

2. Gerloff sebut pertimbangan Yamaha sebagai sebuah mimpi yang jadi nyata

Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Penggantiworldsbk.com

Pertimbangan Yamaha menunjuknya sebagai pengganti Rossi di GP Eropa membuatnya merasa bangga. Ia menyebut kesempatan ini seperti mimpinya sejak memulai karir di dunia balap motor.

"Ini merupakan impian saya mengendarai YZR-M1 MotoGP sejak aku memulai karier balap bertahun-tahun lalu dan punya potensi untuk mewujudkannya sangatlah mengasyikkan", ujar Gerloff dikutip dari motorsport.com.

Di sisi lain, ia mengaku sedih lantaran mendapat kesempatan ini akibat Rossi yang terkena virus COVID-19. Gerloff berharap Rossi bisa kembali pulih dan secepatnya berlomba di seri berikutnya.

Baca Juga: Positif COVID-19, Valentino Rossi Mengaku Marah dan Kecewa 

3. Rossi akui COVID-19 virus yang serius

Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Penggantiinstagram.com/valeyellow46

Valentino Rossi menyampaikan kondisinya sudah kembali fit setelah beberapa hari mengalami gejala awal. Ia pun turut menyebut bahwa virus COVID-19 adalah virus yang serius.

"Virus ini rumit dan serius. Aku merasa dalam kondisi buruk selama dua hari, kemudian dalam beberapa hari aku kembali fit 100 persen. Aku melakukan isolasi mandiri di rumah sepanjang waktu dan mengikuti saran medis", ungkap Rossi dilansir dari motorsport.com.

Rossi menaruh harapan pada dua tes PCR berikutnya agar bisa terbang ke Valencia untuk ikut serta dalam gelaran GP Eropa. Sebab, absen di dua balapan yang berlangsung di Aragon sudah sangat banyak baginya.

4. Perjalanan karier Garrett Gerloff, dari MotoAmerika Supersport sampai WSBK

Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Penggantiinstagram.com/garrettgerloff

Dilansir dari yamaha-racing.com, Garrett Gerloff memulai karier profesional pada MotoAmerica Supersport pada 2015. Di musim perdananya pembalap kelahiran 1 Agustus 1995 itu sukses tempati peringkat ketiga di klasemen akhir. Dua musim berikutnya performanya meningkat dan sukses segel gelar juara pada 2017 di usia ke-22.

Di musim 2018 Gerloff naik ke kelas MotoAmerica Superbike dan bergabung dengan tim Yamaha. Di musim itu ia mampu naik podium lima kali dan akhiri musim di peringkat kelima klasemen.

Pada 2019 Gerloff sukses raih empat kemenangan dan 11 podium dari 20 balapan yang digelar. Hasil apik ini mengantarkannya sebagai juara ketiga di klasemen pembalap pada akhir musim.

Musim ini ia berkancah di WSBK GRT Yamaha WorldSBK Team. Mengikuti 22 balapan ia mampu catatkan tiga podium dan bertengger di peringkat ke-11 di akhir musim dengan mengumpulkan 103 poin.

5. Jadwal MotoGP seri Eropa yang tidak boleh kamu lewatkan!

Rossi Masih Positif COVID-19, Yamaha Siapkan Pembalap Penggantimotogp.com

GP Eropa akan berlangsung pada 6-8 November 2020 mendatang. Buat kamu yang ingin menyaksikan keseruan balapan kali ini ada baiknya melihat jadwal berikut ini seperti dilansir motogp.com.

  • Jumat, 6 November 2020

1. Sesi latihan 1 : 16.55 - 17.40 WIB

2. Sesi latihan 2 : 20.30 - 21.15 WIB

  • Sabtu, 7 November 2020

1. Sesi latihan 3 : 16.55 - 17.40 WIB

2. Sesi latihan 4 : 20.10 - 20.40 WIB

4. Sesi Kualifikasi 1 : 20.50 - 21.05 WIB

5. Sesi Kualifikasi 2 : 21.15 - 21.30 WIB

  • Sabtu, 7 November 2020

1. Race : 20.00 WIB

Saat ini Joan Mir masih memimpin klasemen pembalap dengan 137 poin. Ia unggul 14 poin dari Fabio Quartararo yang ada di posisi kedua. Apakah Joan Mir akan mempertahankan posisinya sekaligus meraih kemenangan perdana di musim ini? Makanya, jangan sampai terlewat dan ikuti terus perkembangan MotoGP hanya di IDN Times.

Baca Juga: Kronologi Valentino Rossi Terjangkit COVID-19, Sempat Merasa Demam

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya