Comscore Tracker

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-Flag

Rossi finis di posisi ke-11 pada GP Prancis

Valentino Rossi menuntaskan balapan GP Prancis dengan finis di posisi ke-11. Rossi harus berjibaku hingga akhir balap dengan kondisi cuaca dan trek yang berubah begitu dinamis. 

Usai balapan The Doctor memberi pandangannya terhadap balapan yang berjalan dalam skema flag-to-flag ini. Menurutnya, balapan dengan kondisi seperti itu sangat berbahaya dan dirinya tak terlalu suka akan hal tersebut.

1. Lebih memilih balapan normal dengan durasi 45 menit

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-FlagRossi saat masuk ke pit box saat balapan GP Prancis (motogp.com)

Rossi memberikan komentar terkait balapan yang berlangsung di Le Mans pada Minggu (16/5) malam WIB. Menurutnya, balapan flag-to-flag lebih berbahaya dan sulit. Ia lebih pun memilih balapan normal selama 45 menit tanpa perlu adanya pergantian motor.

“Sangat membuat stres, itu susah dan lebih berbahaya. Terkadang, kita membalap memakai ban kering dalam kondisi trek basah dan sebaliknya. Aku lebih memilih balapan sepanjang 45 menit karena Anda dapat ikuti ritme yang Anda punya, Anda dapat memakai strategi Anda. Di sini jadi lebih rumit”, kata Rossi dilansir Autosport.

2. Rossi sejatinya tunjukkan performa oke saat sesi warm up sebelum balapan

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-FlagRossi saat keluar dari pit lane GP Prancis (motogp.com)

Sejatinya Rossi menunjukkan performa oke saat digelar sesi warm up beberapa jam sebelum balapan dimulai. Pada saat warm up kondisi cuaca di sirkuit hujan sepenuhnya, tak seperti balapan yang di awal dinyatakan sebagai balapan kering.

Berdasarkan data dari MotoGP, pada sesi itu Rossi berada di posisi ketujuh dengan catatan waktu 1 menit 45,370 detik. Secara keseluruhan, Rossi menikmati peningkatan pada motornya di Le Mans setelah tes Jerez yang dilakukan secara resmi oleh pihak MotoGP dua pekan lalu.

Baca Juga: Perubahan Cepat di MotoGP yang Benamkan Valentino Rossi

3. Rossi sebetulnya optimis bisa bertarung untuk posisi 10 besar

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-FlagRossi saat sesi latihan di GP Prancis (motogp.com)

Rossi sebetulnya optimis bisa bertarung untuk perebutan posisi 10 besar. Namun, masalah traksi yang biasanya muncul pada motor Yamaha saat kondisi trek kering justru kembali muncul di GP Prancis.

“Kondisi yang bercampur untuk kami sangatlah memalukan karena aku kuat di trek basah. Pada pagi hari kami mendapat hasil warm up yang bagus. Aku cepat di kondisi trek yang sepenuhnya basah. Kecepatanku juga tidak buruk di kondisi trek kering jadi aku bisa melakukan balapan yang lebih bagus lagi”, paparnya.

4. Merasakan efek dari tes resmi di Jerez pada balapan GP Prancis

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-FlagRossi dan Vinales saling berjibaku pada balapan GP Prancis (motogp.com)

Meski masih merasa tidak puas dengan capaian kali ini Rossi tetap memberi apresiasi pada perkembangan motornya di GP Prancis. Ia merasa ada peningkatan jika dibandingan saat balapan di Jerez.

“Hasilnya tak terlalu spesial. Namun, akhir pekan ini menjadi yang lebih baik di mana kami bisa memastikan adanya peningkatan dari tes di Jerez. Aku tak terlalu buruk dan aku bisa bertahan untuk bertarung di posisi 10 besar. Tapi, itulah balapan”, jelas Rossi dikutip Motorsport.com.

5. Rossi kini berada di posisi ke-19 pada klasemen pembalap

Dianggap Berbahaya, Rossi Tak Suka Balapan Flag-To-FlagRossi saat menggeber motor di pekan balap GP Prancis (motogp.com)

Finis di posisi ke-11 membuat Rossi mendapat tambahan 5 poin. Alhasil, posisinya kini naik ke urutan 19 klasemen sementara pembalap dengan raihan 9 poin. Sebelumnya, Rossi berada di posisi ke-21 dengan total 4 poin.

Sementara itu, rekan setimnya Franco Morbidelli berada di posisi ke-8. Ia sudah kumpulkan 33 poin dan berjarak 47 poin dari pemuncak klasemen saat ini Fabio Quartararo yang raih 80 poin.

Baca Juga: Kualifikasi MotoGP Prancis: Marquez dan Rossi Mulai Menggigit

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya