Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang Sulit

Bertarung melawan Perez pada lap-lap terakhir balapan

George Russell kembali tersenyum lebar. Pasalnya, pembalap Mercedes itu kembali naik podium pada Formula 1 GP Prancis setelah mampu tuntaskan balapan di posisi ketiga.

Keberhasilan finis zona podium tentu disambut gembira oleh Russell. Menurutnya, balapan yang berlangsung pada Minggu (24/7/2022), malam WIB, tersebut adalah balapan sulit dan panjang. Apalagi, ia sempat bertarung melawan Sergio Perez dalam perebutan posisi ketiga.

1. Memulai balapan di posisi keenam, Russell mampu membuntuti Sergio Perez

Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang SulitGeorge Russell pada GP Prancis 2022 (twitter.com/MercedesAMGF1)

George Russell memulai balapan dari posisi keenam pada balapan di Circuit Paul Ricard. Pada lap 3, Russell mampu menyalip Alonso untuk berada di posisi kelima. Selepas itu, sepanjang balapan pembalap bernomor mobil 63 itu terus membuntuti Perez yang berada di depannya.

Sejatinya, Russell sempat disalip Sainz pada lap 30. Kemudian, Sainz merebut posisi ketiga dari Perez pada penghujung lap 41. Momen tersebut menjadi titik Russell mendekati Perez.

Russell mendapat peluang menyalip Perez pada lap 42. Akan tetapi, keduanya terlibat kontak dan membuat Perez sempat melebar keluar trek. Beruntung, Russell tak mendapat hukuman apapun atas insiden yang terjadi di tikungan 8 tersebut.

2. Russell sukses menyalip Perez selepas VSC, amankan posisi ketiga hingga akhir balapan

Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang SulitRussell menyalip Russell pada balapan GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Peluang Russell menyalip Perez kembali terbuka pada lap 50. Sebelumnya, balapan berada dalam kondisi Virtual Safety Car  (VSC) akibat mobil Zhou Guanyu yang berhenti di run-off tikungan 6. 

Saat lampu indikator di luar trek menunjukkan tanda hijau yang sekaligus mengakhiri periode VSC, Russell langsung tancap gas menyalip Perez untuk posisi podium. Perez berusaha mengejar, tapi upayanya tak cukup meredam laju Russell yang finis di zona podium.

Capaian Russell kali ini menjadi podium keempat baginya sepanjang 12 seri balap musim ini. Sebelumnya, ia mampu finis ketiga pada GP Australia, Spanyol, dan Azerbaijan.

Baca Juga: Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!

3. Russell senang bisa naik podium lagi, tanggapi insiden dirinya dan Perez pada tikungan 8

Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang Sulitmomen saat Russell terlibat kontak dengan Perez pada balapan GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Dalam sebuah wawancara seusai balapan, Russell mengaku senang bisa naik podium lagi. Ia menilai balapan kali ini membuatnya berkeringat karena berlangsung sangat ketat dan panjang.

Selain itu, pembalap berusia 24 tahun itu juga menanggapi insiden yang melibatkan dirinya dan Perez pada tikungan 8. Menurutnya, Perez tak memberinya ruang saat memasuki chicane.

"Aku melihatnya kesulitan saat Sainz berhasil menyalip dan aku punya peluang untuk itu. Bagiku, aku berada di sisi dalam tikungan.

Aturannya cukup jelas. Itu ban depan dengan ban belakang ketika Anda berada di sisi dalam. Itu yang aku punya. Dia benar-benar tak memberiku ruang yang cukup," ucap Russell dilansir F1i.

4. Tak hanya Russell, Hamilton turut finis di zona podium bertepatan dengan momen spesial

Kembali Naik Podium, Russell Sebut GP Prancis Balapan yang SulitLewis Hamilton saat berada di podium GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Tak hanya Russell yang naik podium, Lewis Hamilton juga finis di zona podium. Hamilton finis di posisi runner-up yang bertepatan dengan balapan ke-300 dirinya selama berkiprah di ajang Formula 1.

Kesuksesan Mercedes meraih double podium pada GP Prancis diapresiasi oleh Russell. Ia menilai ini adalah capaian yang bagus untuk tim sebelum berjibaku di Hungaroring, Hungaria.

"Aku membawa diriku pulang dengan finis posisi ketiga. Mercedes juga meraih dua podium. Itu hal yang hebat," puji Russell.

5. Toto Wolff tak mau berpuas diri usai timnya meraih double podium pada GP Prancis

Meskipun sukses merebut double podium, Toto Wolff tak mau berpuas diri. Pria yang menjabat sebagai Team Principal Mercedes tersebut menyadari W13 masih belum punya performa bagus untuk bersaing di barisan depan melawan Red Bull dan Ferrari.

Akan tetapi, ia mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh seluruh pihak dalam tim. Tak lupa, Wolff juga memuji kegigihan Russell dan Hamilton selama balapan berlangsung.

"Kami butuh untuk tetap rendah hati. Mobil kami tidak cukup pada saat ini bertarung dengan mereka yang ada di depan. Aku selalu sedikit pesimis karena aku pikir aku perlu itu. Kami tertinggal 0,6 atau 0,7 detik dari pemimpin balapan.

Secara keseluruhan, aku rasa upaya tim luar biasa. Para pembalap kami melakukan pekerjaan bagus. Russell tampil cepat. Hamilton juga selalu ada di sana, tidak kendur, dan kami melakukan upaya maksimal kali ini," kata Wolff dikutip Racing News 365.

Hasil tersebut membuat Russell masih duduk di posisi kelima klasemen pembalap dengan perolehan 143 poin. Ia unggul 16 poin dari Hamilton yang ada di peringkat keenam.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Prancis

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya