Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama Ayahnya

Mick menggeber Jordan 191 di sirkuit Silverstone

Raungan mesin V8 menderu di sirkuit Silverstone, Inggris pada Selasa (20/7). Sebuah mobil balap Formula 1 era 1990-an dengan livery hijau-biru berkeliling sirkuit tersebut. 

Rupanya, pembalap Haas Mick Schumacher memperoleh kesempatan menjajal mobil Jordan 191. Mobil tersebut adalah mobil yang pernah dipakai legenda Formula 1 sekaligus ayah kandung Mick Schumacher, Michael Schumacher.

1. Dapat kesempatan usai balapan GP Inggris

Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama AyahnyaMick Schumacher saat jajal Jordan 191 (formula1.com)

Mick Schumacher mendapat kesempatan mengemudikan Jordan 191 beberapa hari setelah GP Inggris usai. Pada balapan yang berlangsung Minggu (18/7) malam WIB, Mick finis di posisi ke-18.

2. Jajal Jordan 191 untuk keperluan tayangan khusus stasiun televisi olahraga 

Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama AyahnyaMick Schumacher dan mantan pembalap F1 Karun Chandhok berfoto bersama Jordan 191 (twitter.com/karunchandhok)

Bukan tanpa sebab Mick Schumacher menjajal Jordan 191 di Silverstone. Ini dilakukan untuk keperluan tayangan stasiun televisi olahraga Sky Sports pada pekan balap GP Belgia yang bakal dilangsungkan pada 27-29 Agustus mendatang.

Seperti dilansir f1i.com, Pembalap asal Jerman itu mengemudikan mobil tersebut di sela-sela tugasnya menguji ban Pirelli yang bakal dipakai musim depan. Tak hanya dirinya yang menguji ban baru Pirelli, ada pembalap Aston Martin Sebastian Vettel dan test driver Red Bull Alex Albon.

Baca Juga: 5 Momen Paling Kontroversial dari Michael Schumacher, Super Panas!

3. Alasan pembuatan tayangan yang melibatkan Mick Schumacher dan Jordan 191

Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama AyahnyaMick Schumacher saat jajal Jordan 191 (twitter.com/SchumacherMick)

Lantas muncul pertanyaan, mengapa tayangan dibuat untuk menyambut GP Belgia dan bukan untuk GP Hungaria yang bakal berlangsung lebih dulu pada 30 Juli - 1 Agustus mendatang? Hal ini berhubungan dengan debut Michael Schumacher di ajang Formula 1.

GP Belgia 1991 adalah awal mula Michael Schumacher terjun pada ajang balap yang membesarkan namanya itu. Mobil Jordan 191 yang dikemudikannya adalah mobil pertama yang dipakai saat debut. Tahun 2021 ini juga menandai 30 tahun debut Michael Schumacher di Formula 1 pada seri balap tersebut.

4. Mick Schumacher beberapa kali jajal mobil yang dipakai Michael Schumacher

Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama AyahnyaMick Schumacher saat jajal Ferrari F2004 pada 2020 lalu (scuderiafans.com)

Sejatinya bukan sekali saja Mick Schumacher peroleh kesempatan mengemudikan mobil balap yang dipakai oleh ayahnya. Berdasarkan catatan dari Formula 1, Mick Schumacher sudah beberapa kali menjajal mobil pemilik tujuh kali gelar juara dunia itu.

Pada 2017, Mick menyetir mobil Benetton B194 yang notabene mobil yang dipakai Michael Schumacher saat meraih juara dunia untuk pertama kalinya. Lalu, pada GP Tuscany yang berlangsung di Mugello, Italia musim 2020 lalu Mick berada di belakang kemudi mobil Ferrari F2004.

Ferrari F2004 adalah mobil yang dipakai Michael saat terakhir kali meraih gelar juara pada 2004. Mobil itu juga pernah dikemudikannya di Hockenheim, Jerman pada 2019 lalu. 

5. Cerita singkat debut Michael Schumacher di Formula 1

Schumacher Jajal Jordan 191, Mobil Formula 1 Pertama AyahnyaMichael Schumacher saat debut bersama Jordan pada musim 1991 (formula1.com)

Sedikit menilik ke belakang pada GP Belgia 1991, balapan itu adalah debut Michael Schumacher di Formula 1. Ketika itu, ia menggantikan Bertrand Gachot yang tersandung masalah hukum di Inggris akibat berselisih dengan sopir taksi.

Pada sesi kualifikasi, Michael berhasil menempati posisi start ketujuh. Namun, saat balapan ia mengalami nasib kurang beruntung. Mobilnya mengalami masalah pada kopling. Balapan pertama dalam kariernya itu harus diakhiri dengan gagal finis dan tidak membawa pulang poin. 

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 yang Menjadi Rival Besar Schumacher

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya