Sebastian Vettel Rajai GP Belgia, Hamilton Finis Kedua

Diwarnai kecelakaan parah pada awal balapan

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel mampu keluar sebagai pemenang dalam race GP Belgia di sirkuit Spa-Francorchamps pada Minggu (26/8/2018) malam WIB. Vettel unggul 11,061 detik di depan Lewis Hamilton yang menempati urutan kedua.

Sementara itu, jagoan Red Bull asal Belanda yakni Max Verstappen melengkapi posisi tiga besar dengan catatan waktu lebih lambat 31,372 detik dari Vettel.

1. Diwarnai insiden kecelakaan selepas start

Sebastian Vettel Rajai GP Belgia, Hamilton Finis Keduatwitter.com/F1

Jalannya balapan sempat diwarnai insiden kecelakaan yang melibatkan tiga pebalap sekaligus. Nico Hulkenberg (Renault), Fernando Alonso (McLaren) dan Charles Leclerc (Sauber) jadi "aktor" dalam kecelakaan besar selepas start di tikungan pertama.

Seperti dilansir dari Motorsport.com, mobil Fernando Alonso melayang di atas kepala Charles Leclerc setelah ditabrak dari belakang oleh Nico Hulkenberg. Hal tersebut terjadi lantaran Hulkenberg telat melakukan pengereman dan bannya pun terkunci.

Beruntung, ketiga pebalap tidak mengalami cedera meskipun tak bisa melanjutkan balapan.

2. Raikkonen dan Ricciardo kena imbas kecelakaan parah

Sebastian Vettel Rajai GP Belgia, Hamilton Finis Keduatwitter.com/F1

Tak hanya ketiga pebalap yang merasakan dampak kecelakaan parah itu. Kimi Raikkonen dan juga Daniel Ricciardo pun kena imbas. Ban kanan belakang mobil Raikkonen pecah. Sedangkan sayap belakang mobil Ricciardo rusak parah terkena terjangan sayap depan milik Alonso.

Alhasil keduanya harus masuk ke pit stop untuk melakukan sejumlah perbaikan. Meski begitu, keduanya gagal menuntaskan balapan hingga usai. Raikkonen harus menyudahi persaingan pada lap ketujuh, sementara Ricciardo berhasil melahap 29 lap dari total 44.

3. Trek lurus Kemmel dimanfaatkan Vettel untuk dahului Hamilton

Sebastian Vettel Rajai GP Belgia, Hamilton Finis Keduatwitter.com/F1

Di lain pihak, Vettel mampu memanfaatkan kesempatan pada lap pertama balapan. Pebalap asal Jerman itu mampu memanfaatkan trek lurus Kemmel untuk menyalip Hamilton untuk memimpin jalannya lomba. Itu terjadi tepat beberapa detik sebelum Safety Car masuk lintasan menyusul kecelakaan yang terjadi di tikungan pertama.

Di belakang Hamilton ada Sergio Perez dan Esteban Ocon saling berebut posisi ketiga. Sergio Perez mampu mengatasi rekan setimnya untuk menempati posisi ketiga.

Masuknya Safety Car praktis membuat jalannya lomba sedikit tersendat sebab pebalap tak dapat menyalip satu sama lain. Kesempatan Hamilton untuk menyalip mulai terbuka pada penghujung lap keempat saat Safety Car masuk pit.

Hamilton berusaha merebut posisi satu di tikungan chicane tetapi gagal terjadi. Alhasil, Vettel tetap berada di posisi pertama dengan unggul 0,6 detik di awal lap kelima.

Keunggulan Vettel tetap tak tergoyahkan meskipun masuk pit stop satu lap setelah Hamilton untuk mengganti ban supersoft menjadi soft. Dikutip dari Autosport.com, Hamilton yang melakukan pergantian ban pada lap ke-21 tertahan oleh laju Max Verstappen. Sehingga Vettel mampu keluar pit di depan keduanya.

4. Hasil lengkap dan highlight balapan F1 GP Belgia

Sebastian Vettel Rajai GP Belgia, Hamilton Finis Keduatwitter.com/F1

Kemenangan yang diraih Vettel membuatnya tetap berada di posisi kedua klasemen dengan 214 poin. Jarak poin dengan Hamilton pun terpangkas menjadi 17 poin. Raceweek berikutnya akan digelar di sirkuit Monza, Italia, pada 31 Agustus hingga 2 September 2018.

Bagi kamu yang ketinggalan serunya balapan GP Belgia kami sajikan hasil lengkapnya, seperti dilansir oleh Twitter.com/F1.

https://www.youtube.com/embed/GXg1sGWpLlQ
Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya