Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim Lalu

Perez juga belum coret dirinya dalam persaingan gelar juara

Formula 1 akan kembali mengaspal akhir pekan ini, Minggu (24/7/2022). Circuit Paul Ricard akan menyambut pertarungan sengit para pembalap yang berupaya meraih hasil terbaik.

Salah satu yang bersemangat menghadapi balapan akhir pekan ini adalah Sergio Perez. Pembalap Red Bull itu berharap bisa meraup lebih banyak poin setelah gagal finis pada GP Austria.

Selain itu, Perez juga mengaku belum mencoret dirinya dalam persaingan berebut gelar juara dunia Formula 1 2022 ini. Padahal, jarak poinnya dengan Max Verstappen di klasemen sementara kini sudah lebih dari 50 poin.

Lantas, apa yang membuat Sergio Perez semangat menyambut F1 GP Prancis?

1. Sempat berjarak 15 poin, Perez kini tertinggal 57 poin dari Verstappen

Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim LaluMax Verstappen dan Sergio Perez pada GP Spanyol 2022 (formula1.com)

Sergio Perez sempat memangkas jarak poin dengan Verstappen menjadi 15 poin setelah memenangi balapan GP Monako. Akan tetapi, pembalap berkebangsaan Meksiko itu mengalami nasib kurang beruntung dalam tiga balapan terakhir.

Meski sempat finis runner-up pada GP Inggris, Checo gagal menuntaskan balapan pada GP Kanada dan Austria. Alhasil, jarak poinnya dengan Verstappen melebar jadi 57 poin.

Bahkan, kini posisinya di klasemen berhasil dikudeta oleh Charles Leclerc. Perez tertinggal 19 poin dari Leclerc yang bercokol di peringkat kedua.

2. Perez tak menyerah meski gagal finis pada dua dari tiga balapan terakhir

Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim Lalupembalap Red Bull Sergio Perez (formula1.com)

Perez tak lantas menyerah setelah dua kali gagal finis dalam tiga balapan terakhir. Ia menargetkan untuk bangkit dan fokus dalam meraih hasil maksimal pada GP Prancis akhir pekan ini.

"Setelah akhir pekan sulit di Austria, sangat bagus kembali balapan dan punya kesempatan untuk memperbaiki keadaan. Kami mengalami dua kali gagal finis dalam tiga balapan terakhir dan kami tak mampu melakukannya dalam kejuaraan. Jadi, aku menargetkan perubahan pada akhir pekan di Prancis," ungkap Perez dilansir F1i.

Baca Juga: Red Bull Resmi Perpanjang Kontrak Sergio Perez hingga 2024

3. Perez ingin ulangi capaian bagus GP Prancis musim 2021

Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim LaluLewis Hamilton, Max Verstappen, dan Sergio Perez pada podium GP Prancis 2021 (twitter.com/Planet_F1)

Semangat Perez menyambut GP Prancis didasari oleh capaian yang berhasil didapat pada musim lalu. Sebab, pembalap bernomor mobil 11 itu finis ketiga di belakang Max Verstappen dan Lewis Hamilton. Tentu, Perez ingin mengulangi catatan positif tersebut ketika kembali beradu cepat di Paul Ricard.

"Tahun lalu, aku naik podium untuk kedua kalinya bersama Red Bull di Prancis. Aku sangat menantikan untuk mengulanginya. Paul Ricard adalah trek yang menantang karena ada racing line berbeda yang bisa aku ambil melewati tikungan dan tak mudah untuk tahu yang mana yang terbaik," jelas Perez. 

4. Ada sejumlah tantangan yang bakal dihadapi saat balapan di Circuit Paul Ricard. Apa saja?

Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim Lalutampilan Circuit Paul Ricard (twitter.com/HaasF1Team)

Lebih lanjut, Perez juga menekankan adanya sejumlah tantangan ketika beradu cepat di Circuit Paul Ricard. Faktor ini berkaitan dengan temperatur trek serta potensi degradasi ban yang tinggi. Untuk itu, pembalap perlu cermat dalam pemakaian ban saat balapan berlangsung.

"Suhu trek yang tinggi juga akan menjadi sebuah faktor yang patut dipertimbangkan pada akhir pekan ini. Secara fisik, ini sepertinya akan menjadi balapan yang sangat berat dan kita perlu melihat seperti apa kelanjutannya dengan degradasi ban karena suhu yang panas," terang Checo dikutip GPBlog.

5. Perez belum coret dirinya dari persaingan gelar juara dunia meski tertinggal dari Verstappen

Sergio Perez Semangat Sambut F1 GP Prancis, Kejar Kejayaan Musim Lalupembalap Red Bull Sergio Perez (twitter.com/Planet_F1)

Meski kini terpaut cukup jauh dari Verstappen, Perez tak lantas mencoret namanya dari daftar persaingan gelar juara dunia musim 2022. Menurutnya, masih ada kesempatan untuk kembali mendekati rekan setimnya itu asalkan tak banyak kehilangan poin.

"Aku masih dalam persaingan dalam perebutan gelar juara dunia di klasemen pembalap. Secara personal, sangat penting untuk tak kehilangan poin lagi," pungkas Perez.

Menarik untuk menanti hasil apa yang akan diraih Perez pada balapan Formula 1 GP Prancis 2022 ini. Akankah dirinya kembali naik podium? Atau, justru kembali mengalami nasib kurang menyenangkan?

Baca Juga: Jelang F1 GP Prancis, Sergio Perez Ingin Kembali Tampil Maksimal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya