Comscore Tracker

Sirkuit Mandalika Masuk dalam Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022

Bakal digelar pada Februari 2022 mendatang!

MotoGP secara resmi merilis jadwal tes pramusim MotoGP musim 2022. Sirkuit Mandalika didapuk menggelar sesi tes resmi sebelum musim balap mendatang bergulir. Rencananya, gelaran tes di Mandalika akan digelar pada Februari 2022. Seperti apa fakta-faktanya?

1. Tes pramusim di Mandalika akan digelar pada 11-13 Februari 2022  

Melalui situs resmi kejuaraan, MotoGP menjadwalkan tes pramusim di Mandalika akan digelar pada 11-13 Februari 2022. Tes ini akan diikuti oleh para tim dan pembalap di kelas utama.

Sementara itu, kelas Moto2 dan Moto3 hanya memiliki satu tes resmi yang akan dihelat di Jerez, Spanyol. Tes Jerez dijadwalkan pada 22-24 Februari sebelum menuju ke seri pembuka.

2. Sebelum tes Mandalika, para pembalap dan tim kelas utama bakal jalani tes di Sepang

Sirkuit Mandalika Masuk dalam Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022Takaaki Nakagami pada GP Sepang 2019 (motogp.com)

Sebelum menjalani tes di sirkuit Mandalika, para tim dan pembalap MotoGP akan menjalani sesi tes resmi lain di Malaysia. Bakal ada dua tes yang berlangsung di sirkuit Sepang.

Pertama, ada shakedown test yang diperuntukkan bagi pembalap berstatus test rider dan rookie pada 31 Januari - 2 Februari. Lalu, tes resmi Sepang baru dilangsungkan pada 5-6 Februari.

Baca Juga: Tak Hanya MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Dipakai untuk Formula 1

3. GP Qatar bakal membuka musim 2022 pada bulan Maret

Sirkuit Mandalika Masuk dalam Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022Podium GP Qatar musim 2021 (motogp.com)

Tak hanya tes pramusim, MotoGP juga memberikan informasi terkait kapan seri pertama musim 2022 dilaksanakan. GP Qatar kembali dipilih sebagai tuan rumah balapan pembuka yang bakal ‘mengaspal’ pada 4-6 Maret.

Meski begitu, baik jadwal tes pramusim dan seri perdana MotoGP masih berstatus sementara. Ada kemungkinan pihak Dorna selaku pemilik komersial MotoGP dapat mengubah jadwal sewaktu-waktu.

4. Tak hanya MotoGP, sirkuit Mandalika juga jadi tuan rumah WorldSBK

Sirkuit Mandalika Masuk dalam Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022Tampilan sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Sirkuit Mandalika tak hanya berstatus sebagai tuan rumah GP Indonesia di ajang MotoGP. Sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu juga akan menggelar balapan dari ajang WorldSBK.

Dilansir speedcafe.com, GP Indonesia akan menyapa penggemar pada 12-14 November. Seri tersebut sekaligus menjadi balapan penutup musim 2021 dari kejuaraan WorldSBK.

5. Infografis jadwal tes pramusim MotoGP 2022

Sirkuit Mandalika Masuk dalam Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2022Jadwal tes pramusim MotoGP 2022 (Dok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita)

MotoGP musim 2021 memang masih belum usai. Tapi, tak ada salahnya menanti para pembalap di ajang balap itu mengaspal di sirkuit Mandalika dalam sesi tes resmi tahun depan.

Nah, supaya kalian gak lupa kapan tes pramusim resmi digelar, IDN Times telah merangkumnya dalam infografis berikut ini. Jangan sampai lupa, ya!

Baca Juga: Pengaspalan Sirkuit Mandalika Tuntas, Kado HUT ke-76 Indonesia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya