F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024

Penggemar asal Jepang bisa lihat aksi Yuki Tsunoda, nih!

Formula 1 secara resmi mengumumkan kabar gembira untuk para penggemar di Jepang. Suzuka akan menggelar balapan hingga musim 2024 mendatang. Perpanjangan kontrak ini telah disepakati antara pihak F1 dan promotor balapan di Suzuka, yakni Mobilityland.

Perpanjangan ini menjadi angin segar bagi para penggemar di Jepang yang ingin menyaksikan pembalap kebanggaan mereka, Yuki Tsunoda, beraksi di atas lintasan balap Suzuka.

1. CEO F1 sambut baik perpanjangan kontrak, sebut Suzuka sirkuit sarat sejarah

F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024f1destinations.com

CEO F1, Stefano Domenicali, menyambut baik perpanjangan kontrak yang diteken kedua belah pihak untuk gelaran di musim-musim mendatang. Menurutnya, Suzuka adalah sirkuit yang sarat sejarah dan menyajikan keseruan bagi para penggemar di seluruh dunia.

“Jepang memiliki tempat khusus di hati dan pikiran penggemar F1 di seluruh dunia dan Suzuka telah jadi tuan rumah bagi banyak momen bersejarah dalam ajang balap tersebut,” kata Domenicali dilansir dari motorsport.com.

“GP Jepang selalu hadirkan drama seru dan menarik, jadi saya senang kami dapat terus menyuguhkan aksi dan kegembiraan F1 kepada para penggemar di Jepang yang antusias,” lanjutnya.

2. Suzuka sempat diisukan tak lagi ada di F1 menyusul Honda yang undur diri selepas musim 2021

F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024pitpass.com

Kontrak Suzuka di F1 sejatinya akan berakhir pada akhir musim 2021 ini. Kondisi tersebut memunculkan isu jika ke depannya Suzuka tak lagi menjadi tuan rumah untuk balapan ini di musim mendatang.

Terlebih, Honda sebagai pemasok mesin untuk Red Bull dan AlphaTauri memutuskan mundur dari kejuaraan setelah musim ini usai. Meski tak lagi di F1, Honda masih akan ada di mobil Red Bull dan AlphaTauri sebab hak paten serta produksi mesin telah diambil alih Red Bull.

Baca Juga: 6 Ramen Terlezat di Osaka Jepang, Kamu Tak akan Menyesal

3. Munculnya Yuki Tsunoda menjadi daya tarik GP Jepang di beberapa musim mendatang

F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024motorsport.com

Isu tersebut pada akhirnya hanya angin lalu setelah F1 dan promotor balap GP Jepang telah meneken perpanjangan kontrak. Kemunculan Yuki Tsunoda di grid balap musim ini menjadi daya tarik yang bisa memikat para penggemar Jepang.

Yuki Tsunoda yang membalap untuk tim AlphaTauri menjadi pembalap Jepang pertama setelah terakhir kali ada pembalap ‘Negeri Matahari Terbit’ di ajang F1 pada 2014. Ketika itu, Kamui Kobayashi memperkuat Caterham Renault.

4. Suzuka merayakan hari jadi ke-60 pada 2022, bertekad beri suguhan menarik kepada penggemar

F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024thecheckeredflag.co.uk

Di sisi lain, Kaoru Tanaka selaku President Representative Director Mobilityland menyambut dengan antusias berlanjutnya kerjasama dengan F1. Tanaka berkomitmen menggelar balapan yang dicintai oleh para penggemar. Apalagi, pada 2022 sirkuit Suzuka akan merayakan hari jadi ke-60 sejak pertama kali dibuka pada 1962.

“Pada tahun 2022, Sirkuit Suzuka akan merayakan hari jadinya yang ke-60. Selain Grand Prix Jepang Formula 1 yang akan diadakan mulai tahun 2022 dan seterusnya, kami akan menghadapi tantangan baru untuk masa depan.

Kami juga akan tetap menghargai sejarah dan tradisi olahraga sehingga kami dapat memberikan kejutan dan kegembiraan kepada para penggemar,” kata Tanaka dikutip dari formula1.com.

5. GP Jepang musim 2021 bakal digelar pada 8--10 Oktober mendatang

F1: Kontrak Baru, Suzuka Gelar Balapan Hingga Musim 2024formula1.com

Gelaran GP Jepang akan kembali digelar di musim 2021 ini. Musim 2020 lalu F1 tak menyambangi Jepang akibat pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Meski pandemi masih berlangsung, musim ini F1 akan tetap melaksanakan balapan di sana.

Pekan balap GP Jepang rencananya akan digelar pada 8--10 Oktober mendatang. Balapan tersebut diadakan berselang seminggu setelah GP Singapura yang dijadwalkan pada 1--3 Oktober.

Baca Juga: Super Cepat, Beginilah Rasanya Berada di Cockpit Mobil Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya