Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026

Jadi pabrikan kelima yang teken kontrak baru!

Suzuki memastikan diri akan tetap berkompetisi di kelas utama MotoGP selepas musim 2021. Suzuki Motor Corporation telah menandatangani kesepakatan baru dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial kejuaraan.

Kesepakatannya mulai berlaku tahun 2022 mendatang, inilah lima faktanya.

1. Suzuki tetap turunkan tim utama hingga 2026

Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026motogp.com

Melansir dari motogp.com, kesepakatan baru antara kedua belah pihak akan berlaku mulai dari 2022 hingga 2026. Itu berarti Suzuki akan tetap menurunkan tim pabrikan, yakni Suzuki Ecstar selama lima musim.

2. CEO Dorna sambut baik perpanjangan kontrak Suzuki

Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026motogp.com

Kepastian Suzuki yang tetap bergabung di kejuaraan disambut baik oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Ia menyebut bahwa kerja sama yang terjalin dengan Suzuki selama di kompetisi sangat baik.

“Kami sangat bahagia dengan perpanjangan kesepakatan dengan Suzuki. Mereka ada sebuah manufaktur yang telah berkecimpung di dunia balap selama bertahun-tahun dan kami menikmati kerja sama yang luar biasa dengan mereka”, papar Ezpeleta.

“Kembalinya mereka ke MotoGP pada 2015 langsung dibuktikan dengan kesuksesan. Itu terkonfirmasi dengan gelar juara pembalap yang diraih pada 2020 oleh Joan Mir. Kami bangga memperpanjang kerja sama ini dan berharap dapat terus menciptakan sejarah dengan brand ikonik tersebut”, lanjutnya.

Baca Juga: Melempem di MotoGP, Waktunya Pensiun Buat Valentino Rossi

3. Suzuki jadi pabrikan kelima yang pastikan tetap bertahan di kompetisi

Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026motogp.com

Keluarnya kesepakatan antara Suzuki dan Dorna menempatkan tim asal Jepang tersebut sebagai pabrikan kelima yang memastikan diri tetap ada di MotoGP. Sebelumnya, Honda, KTM, Yamaha serta Ducati telah perpanjang kontrak dengan durasi yang sama.

Di sisi lain, dilansir dari motorsport.com, hanya Aprilia saja yang belum meneken kontrak baru dengan Dorna. Tapi, pabrikan asal Italia itu diyakini akan tetap berkiprah di kejuaraan selepas musim 2021 ini.

4. Berkiprah di ajang balap sejak 1960, sempat undur diri di akhir musim 2011

Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026motogp.com

Suzuki bukan wajah baru di dunia balap. Mereka telah berkiprah di kejuaraan balap roda dua sejak 1960. Ketika itu, mereka ikut serta dalam kejuaraan Isle of Man Tourist Trophy. Sejak saat itulah Suzuki mulai mengarungi pasang surut dalam kejuaraan balap.

Namun, pernah ada waktu saat Suzuki memutuskan hiatus dari ajang MotoGP. Itu terjadi pada akhir musim 2011 silam. Alasan finansial membuat Suzuki hilang sejenak dari peredaran sebelum pada akhirnya kembali di musim 2015.

5. Enam juara dunia kelas premier lahir dari tim Suzuki

Suzuki Resmi Perpanjang Kontrak di MotoGP Hingga Musim 2026motogp.com

Sepanjang berkiprah di kelas utama MotoGP Suzuki sukses melahirkan enam pembalap peraih gelar juara dunia. Berikut ini adalah daftar pembalap yang pernah juara ketika menunggangi motor Suzuki.

  • Barry Sheene (1976, 1977)
  • Marco Lucchinelli (1981)
  • Franco Uncini (1982)
  • Kevin Schwantz (1993)
  • Kenny Roberts Jr. (2000)
  • Joan Mir (2020)

Mulai tahun depan, para pencintanya akan kembali menyaksikan Suzuki menggeber di lintasan MotoGP. Kamu satu di antaranya?

Baca Juga: Aksi Sensasional Marc Marquez di Kualifikasi MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya