Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Tim

Sebelumnya diisukan mengisi posisi baru di Alpine

Kabar mengejutkan datang dari Renault. Team Principal, Cyril Abiteboul, secara resmi meninggalkan tim yang pada musim 2021 tampil dengan 'wajah baru' sebagai Alpine F1 Team.

Pria asal Prancis itu sudah lama menjadi bagian dari Renault. Sempat pindah ke Caterham F1 Team pada 2012 dan menjadi kepala tim di sana, ia pun kembali lagi ke Renault pada 2014 sebagai Managing Director Renault Sport F1 dan memegang peran penting kembalinya Renault di Formula 1 pada 2016.

Baca Juga: Banyak Perubahan, Ini 5 Prediksi Balap Formula 1 Musim 2021

1. Sebelumnya ia dipersiapkan untuk menjadi Team Principal Alpine

Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Timtwitter.com/BBCSport

Seperti dilansir planetf1.com, Cyril dipersiapkan menjadi kepala tim Alpine ketika Renault melakukan rebranding pada tim Formula 1 mereka. Namun, kini Renault justru mengonfirmasi kepergian dirinya.

Bersamaan dengan itu, pihak tim juga memperkenalkan Laurent Rossi sebagai CEO Alpine. Nantinya, Rossi akan bertanggung jawab pada produk-produk mobil Alpine, tim Alpine F1, serta aktivitas kompetisi balap yang bakal dilakoni Alpine. Ia pun akan melaporkan ini secara langsung pada CEO Renault, Luca de Meo.

2. Cyril menyampaikan terima kasih pada Renault atas kesempatan yang diberikan

Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Timtwitter.com/FOXSportsAsia

Usai adanya konfirmasi kepergiannya dari Renault, Cyril menyampaikan rasa terima kasih pada manufaktur asal Prancis itu atas kesempatan yang telah diperolehnya. Ia berharap struktur baru yang dibangun dapat berhasil.

"Fondasi solid dari tim balap dan entitas yang berada di Prancis dan Inggris yang telah dibangun selama beberapa tahun, evolusi strategis menuju model berkelanjutan secara ekonomi, dan proyek Alpine baru-baru ini yang menyuguhkan dinamisme baru, semua poin tersebut sudah mengarah ke jalan yang tepat," ujar Cyril seperti dikutip dari formula1.com.

3. Apresiasi Luca de Meo pada kerja keras Cyril di Renault

Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Timtwitter.com/jdsenard

Di sisi lain, Luca de Meo juga memberi apresiasi pada kinerja Cyril selama berada di Renault. Menurutnya, apa yang telah digarap Cyril selama ini telah memberi harapan bagi Renault untuk meraih hasil lebih baik lagi.

"Kerja luar biasanya di Formula 1 sejak 2007 membuat kami dapat melihat ke masa depan dengan sebuah tim yang kuat dan identitas tim yang baru, yakni Alpine F1 Team. Kami siap menaklukkan lebih banyak podium tahun ini," ujar Luca de Meo.

4. Marcin Budkowski diprediksi bakal menggantikan posisi Cyril

Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Timgrandprix247.com

Selepas kepergian Cyril, pihak Renault masih belum mengumumkan siapa yang bakal menduduki posisi team principal di Alpine F1 Team. Seperti dilansir motorsport.com, besar kemungkinan posisi tersebut diisi oleh Marcin Budkowski.

Jika menilik dari situs resmi tim, Marcin Budkowski kini berada di jajaran manajemen Renault F1 Team dengan posisi sebagai Executive Director. Pria asal Polandia itu tercatat bergabung ke Renault pada 2018 lalu.

5. Prestasi Renault pada Formula 1 musim 2020 

Team Principal Renault, Cyril Abiteboul, Resmi Meninggalkan Timtwitter.com/RenaultF1Team

Renault pada musim 2020 mencatatkan hasil yang terbilang baik. Mereka tiga kali naik podium dengan Daniel Ricciardo menyabet finis ketiga sebanyak dua kali, sementara Esteban Ocon finis kedua sekali.

Capaian tersebut membantu Renault berada di posisi kelima klasemen akhir dengan raihan 181 poin. Mereka bahkan berada di atas Ferrari yang musim lalu tampil tidak mengesankan dan berakhir di posisi keenam klasemen.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 Peraih Gelar Juara Dunia Termuda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya