Comscore Tracker

Ferrari Mulai Gelar Tes di Mugello Jelang F1 2020, Yuk Intip Aksinya!

Vettel dan Leclerc kembali mengaspal di tes privat ini

Formula 1 musim 2020 akan mulai digelar 3-5 Juli 2020 mendatang di Red Bull Ring, Austria. Sejumlah tim tengah bersiap menyongsong seri perdana yang digelar di tengah pandemi. Ferrari adalah salah satu yang turut mempersiapkan diri dalam persaingan ketat di musim baru.

Pada Selasa (23/6) malam WIB, tim berjuluk kuda jingkrak tersebut melakukan tes di Mugello. Dua pembalap andalan mereka Sebastian Vettel dan Charles Leclerc bergantian memutari sirkuit yang sering jadi tuan rumah MotoGP. 

1. Vettel dapat gilliran lebih dulu mengelilingi sirkuit Mugello

Ferrari Mulai Gelar Tes di Mugello Jelang F1 2020, Yuk Intip Aksinya!formula1.com

Pada sesi tes kali ini Sebastian Vettel mendapat giliran pertama memutari sirkuit Mugello. Ini merupakan 'penampilan' perdana pembalap asal Jerman tersebut setelah terakhir kali mengaspal pada tes pramusim yang digelar di Barcelona pada Februari lalu.

Perlu diketahui, musim ini menjadi akhir kebersamaan Vettel dengan Ferrari setelah pada Mei lalu mengumumkan berpisah dengan tim asal Italia tersebut. Masih belum jelas masa depan Vettel di Formula 1 musim depan meski sempat diisukan akan berpindah ke rival terdekat Ferrari, yakni Mercedes.

2. Leclerc mengaspal dalam sesi kedua tes privat Ferrari

Ferrari Mulai Gelar Tes di Mugello Jelang F1 2020, Yuk Intip Aksinya!formula1.com

Selepas Vettel melahap beberapa putaran di sesi pertama, Charles Leclerc pun keluar pada sesi berikutnya. Menggeber jet darat di Mugello bukanlah hal baru bagi Leclerc. Ini karena sebelumnya ia pernah balapan di sirkuit tersebut.

Dikutip dari ferrari.com, Leclerc pertama kali balapan di Mugello pada 2014 silam. Ketika itu pembalap asal Monako tersebut memulai debutnya di ajang single -seaters. Kompetisi yang diikutinya pada waktu itu ialah Formula Renault 2.0 Alps Series dengan memperkuat Fortec Motorsports. 

Baca Juga: Sudah Batal di 4 Negara, Formula 1 di Singapura Juga Tak Jadi Digelar 

3. Ferrari gunakan SF71H dalam tes privat, mobil balap edisi musim 2018 lalu

Ferrari Mulai Gelar Tes di Mugello Jelang F1 2020, Yuk Intip Aksinya!formula1.com

Tes privat ini jadi waktu yang berharga bagi Ferrari dalam merampungkan persiapan mereka sebelum kembali berkompetisi. Namun, mereka tak bisa menggunakan mobil seri terbaru untuk musim ini, SF1000. Ferrari memakai SF71H yang pernah dipakai pada 2018 lalu.

Seperti dikutip dari crash.net, penggunaan mobil keluaran musim ini untuk tes sangat terbatas dengan jarak tempuh hingga 100 km saja. Tim diperbolehkan melakukan tes tanpa batas jarak tempuh dengan memakai mobil dari dua musim sebelumnya. Hal ini juga dilakukan oleh Renault dan Mercedes kala melaksanakan tes privat baru-baru ini.

4. Kru dan pembalap mengenakan masker selama menggelar tes privat

Ferrari Mulai Gelar Tes di Mugello Jelang F1 2020, Yuk Intip Aksinya!formula1.com

Meski menggelar tes privat di tengah pandemi Ferrari tak lupa menerapkan protokol kesehatan. Sebastian Vettel dan Charles Leclerc memakai masker saat sedang bersiap di garasi.

Hal tersebut juga diterapkan oleh kru yang bertugas mempersiapkan mobil yang akan dipakai oleh kedua pembalap tim dengan livery khas merah itu. Desain garasi yang dipakai Ferrrari dimodifikasi untuk dapat menjalankan protokol physical distancing

5. Sebelumnya, Leclerc geber SF1000 di jalanan Maranello

Sebelum menggelar tes privat di Mugello, Ferrari sempat unjuk mobil baru di jalanan Maranello pada Kamis (18/6) pagi waktu setempat. Leclerc didapuk mengemudikan SF1000.

Leclerc berkendara melewati beberapa tempat penting milik Ferrari seperti Gestione Sportiva serta museum Maranello yang menyimpan mobil yang dirancang Ferrari sepanjang 73 tahun terakhir.

Nah, Ferrari sudah siap menyongsong musim baru Formula 1 meski di tengah pandemi. Kalau kamu gimana nih?

Baca Juga: 8 Rekor Ini Terancam Pecah Pada Formula 1 Musim 2020!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya