Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkan

Pemerintah Malaysia deklarasikan keadaan darurat COVID-19

Pandemi COVID-19 masih melanda berbagai negara di dunia. Sejumlah hal mengalami dampak dari pandemi yang berkepanjangan. Bidang olahraga termasuk yang kena imbasnya, tak terkecuali MotoGP.

Pihak MotoGP mengumumkan pembatalan tes pramusim yang sedianya akan berlangsung di Sepang, Malaysia. Ini terjadi lantaran adanya peningkatan kasus positif COVID-19 di negeri Jiran tersebut.

Baca Juga: Malaysia Darurat Nasional, Tes MotoGP di Sepang Dibatalkan

1. Sudah jalin kerja sama, terpaksa batal karena Malaysia tetapkan status darurat  

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkanmotogp.com

Seperti dilansir Motosport.com, MotoGP telah bekerja sama dengan otoritas Malaysia guna meringankan mekanisme pembatasan saat para kru paddock masuk ke negara tersebut.

Upaya ini dilakukan meski memang kasus positif COVID-19 di Eropa mengalami eskalasi.
Namun, rencana tersebut harus kandas lantaran pemerintah Malaysia menyatakan keadaan darurat nasional pada Selasa (12/1). Keputusan ini diambil guna menekan angka penyebaran COVID-19.

2. Shakedown Test MotoGP di Sepang juga turut dibatalkan  

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkanmotogp.com

Dengan adanya keputusan dari pihak Malaysia perihal keadaan darurat nasional, FIM, IRTA, dan Dorna Sports secara resmi mengabarkan pembatalan tes. Tidak hanya tes pramusim resmi, shakedown test yang dikhususkan untuk para test rider juga ikut dibatalkan.

"Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan hasil dari adanya lockdown dan hal-hal yang menyertainya telah memaksa pembatalan pada dua gelaran yang mana akan digelar di Sepang International Circuit di Malaysia pada Februari,"  begitu bunyi rilis resmi MotoGP.

3. Tes pramusim di Qatar akan terus diupayakan agar tetap terlaksana  

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkanmotogp.com

Meski tes pramusim di Sepang batal, MotoGP masih menyisakan satu tes pramusim yang akan berlangsung di Qatar. Mereka akan terus mengupayakan agar gelaran itu dapat berjalan sesuai dengan jadwal.

"Tes di Qatar yang saat ini direncakanan berlangsung di Losail International Circuit pada 10 hingga 12 Maret masih terus dikonfirmasi dan segala perkembangan atau perubahan akan diumumkan sesegera mungkin jika tersedia," lanjut mereka.

4. MotoGP 2021 bakal gelar 20 balapan

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkanmotogp.com

Pada tahun 2021 ini MotoGP bakal menggelar 20 balapan. Sejatinya, rencana menggelar balapan dengan jumlah tersebut sudah diatur untuk musim lalu. Namun, pandemi memaksa balapan hanya digelar sebanyak 14 seri saja untuk kelas utama dan berpusat hanya di negara-negara Eropa.

GP Qatar didaulat menjadi seri pembuka pada 28 Maret mendatang dan GP Valencia akan menutup musim 2021 pada 14 November. GP Indonesia yang akan berlangsung di Mandalika masuk dalam daftar cadangan bersama dengan GP Rusia dan Portugal.

5. Potensi pembatalan seri balap masih membayangi

Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sepang Resmi Dibatalkanmotogp.com

Walau direncanakan bakal ada 20 balapan, MotoGP masih dibayangi oleh pembatalan seri balap seperti musim lalu. Hal ini terjadi lantaran pandemi masih terjadi di negara-negara tuan rumah balapan.

Dikutip dari Motorsport.com, sangat mungkin akan terjadi banyak perubahan dalam beberapa pekan ke depan, terutama pada seri balap yang digelar lebih dulu. GP Amerika Serikat dan Argentina yang didapuk sebagai seri balap kedua dan ketiga kemungkinan tidak dapat dilanjutkan.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP dengan Balapan Terbanyak, tetapi Tak Pernah Menang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya