Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP Italia

Verstappen dan Nyck de Vries adalah rekan senegara

Nyck de Vries melakukan debut mengesankan pada Formula 1 GP Italia. Mengemban tugas sebagai pengganti Alexander Albon yang absen lantaran radang usus buntu, Nyck de Vries sukses finis kesembilan.

Di balik debut Nyck de Vris rupanya terselip kisah unik yang melibatkan dirinya dan Max Verstappen. Pasalnya, Verstappen memberi wejangan kepada rekan senegaranya itu pada pekan balap di Monza.

1. Verstappen dan Nyck de Vries start dari baris keempat

Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP ItaliaNyck de Vries jelang balapan GP Italia 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Max Verstappen memulai balapan dari baris keempat, tepatnya pada posisi ketujuh. Ini terjadi karena pembalap Red Bull itu terkena penalti lima posisi start akibat melakukan pergantian komponen mesin, yaitu Internal Combustion Engine (ICE).

Sementara itu, Nyck de Vries juga start dari baris yang sama dengan Verstappen. Bedanya, juara dunia Formula E musim 2020/2021 itu menempati posisi kedelapan. Posisi start Nyck de Vries naik dari posisi ke-13 akibat sejumlah pembalap terkena penalti.

2. Adanya Verstappen dan Nyck de Vries dalam satu balapan menciptakan catatan khusus

Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP ItaliaNyck de Vries pada GP Italia 2022 (twitter.com/Planet_F1)

Adanya Max Verstappen dan Nyck de Vries pada GP Italia menciptakan catatan tersendiri. Pasalnya, ini pertama kalinya ada dua pembalap asal Belanda dalam satu balapan Formula 1 sejak 2006.

Berdasarkan data StatsF1, terakhir kali ada dua pembalap Belanda Formula 1 tampil dalam satu balapan adalah pada GP Brazil 2006. Christijan Albers dan Robert Doornbos adalah dua pembalap yang saling berjibaku di Interlagos.

Di antara keduanya, Robert Doornbos mampu meraih hasil finis terbaik. Ia mempu menuntaskan balapan berdurasi 71 lap di posisi ke-12. Sementara itu, Christijan Albers berada dua posisi di belakang rekan senegaranya itu.

Baca Juga: Max Verstappen Finis Terdepan pada F1 GP Italia, Leclerc Runner-Up

3. Verstappen minta Nyck de Vries tetap tenang jelang balapan GP Italia

Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP ItaliaNyck de Vries pada balapan GP Italia 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Jelang balapan GP Italia, Verstappen memberitahu Nyck de Vries untuk tetap tenang. Juara dunia Formula 1 musim lalu itu juga kembali teringat momen saat pertama kali debut pada GP Australia 2015.

"Pertama, nikmatilah dan jangan terlalu stress akan hal itu. Aku ingat balapan pertamaku. Itu terjadi sangat cepat, tapi aku berpikir secara lebih luas.

Anda memberi tahu kepada diri Anda sendiri 'Lihat apa yang akan terjadi' ketimbang benar-benar menekankan pada 'Aku perlu permulaan yang bagus atau aku butuh lap awal yang bagus'. Anda tidak seharusnya berpikir begitu. Aku rasa dia (Nyck de Vris) melakukannya dengan sangat baik," kata Verstappen dilansir Racing News 365.

4. George Russell puji penampilan Nyck de Vries bersama Williams

Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP ItaliaNyck de Vries merayakan keberhasilan finis kesembilan bersama kru Williams (twitter.com/WilliamsRacing)

Tak hanya Max Verstappen, George Russell juga memuji debut Nyck de Vries. Pembalap Mercedes itu menilai Nyck de Vries mampu mengatasi tantangan untuk beradaptasi dengan cepat dengan mobil Williams yang dikemudikannya dari sesi FP3.

"Aku ingat ketika aku melakukan tes dengan Mercedes dan Force India serta membalap di Formula 2. Butuh beberapa putaran untuk terbiasa dengan perasaan yang berbeda pada bagaimana mobil-mobil bereaksi. Mencetak poin pada debutnya di Williams adalah hal yang cukup spektakuler," ujar Russell.

5. Nyck de Vries sudah cetak poin, Nicholas Latifi justru masih kesulitan

Max Verstappen Beri Wejangan kepada Nyck de Vries saat GP Italiapembalap Williams Nicholas Latifi (formula1.com)

Keberhasilan Nyck de Vries finis kesembilan menambah pundi-pundi poin Williams. Kini, tim yang dikepalai Jost Capito itu sudah mengumpulkan 6 poin, tetapi masih berada di posisi juru kunci klasemen konstruktor.

Sementara itu, Nicholas Latifi masih belum menyumbangkan poin untuk Williams. Tentunya, hasil kurang meyakinkan pembalap asal Kanada itu menjadi peringatan baginya jika ingin mengamankan posisi di tim untuk musim depan.

Baca Juga: Damon Hill Sebut Nicholas Latifi Tak Cukup Cepat untuk Bertahan di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya