Comscore Tracker

Max Verstappen Berjaya di GP Spanyol, Leclerc Kembali Bernasib Sial

Verstappen kudeta posisi puncak klasemen dari tangan Leclerc

Max Verstappen kembali naik podium tertinggi pada balapan Formula 1 musim 2022. Kali ini Verstappen memenangi balapan pada GP Spanyol yang berlangsung Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Sementara itu, Charles Leclerc kembali mengalami nasib sial. Ia harus menuntaskan balapan lebih dini akibat mobilnya yang kehilangan tenaga di tengah balapan. Seperti apa jalannya balapan seri keenam Formula 1 musim 2022 ini? Langsung simak sampai tuntas ya!

1. Leclerc pimpin balapan selepas start, Hamilton dan Magnussen terlibat kontak

Memulai dari pole position, Leclerc langsung memimpin balapan diikuti oleh Verstappen. Sementara itu, Carlos Sainz justru melakukan start dengan kurang mulus dan membuat posisinya melorot ke posisi 5.

Di belakang Sainz, terjadi insiden antara Lewis Hamilton dan Kevin Magnussen. Keduanya terlibat kontak di tikungan 4 dan membuat keduanya harus masuk pit untuk melakukan pergantian ban.

Insiden lagi-lagi terjadi di tikungan 4. Mobil Carlos Sainz keluar trek dan masuk ke gravel. Beruntung, ia bisa melanjutkan lomba meski turun ke posisi 11. Dua lap berselang, Verstappen juga bernasib sama dengan mobilnya berada di gravel tikungan 4. Ia masih bisa melanjutkan balapan meski disalip oleh Russell dan Perez sehingga bercokol di posisi 4.

2. Verstappen kesulitan menyalip Russell karena masalah DRS

Max Verstappen Berjaya di GP Spanyol, Leclerc Kembali Bernasib SialMax Verstappen berusaha mengejar George Russell pada GP Spanyol 2022. (twitter.com/F1)

Verstappen dalam upaya mengejar Russell yang berada di depannya. Namun, pembalap asal Belanda itu menemui kendala. DRS mobilnya mengalami masalah sehingga hanya terbuka beberapad detik saja. Hal itu terjadi pada lap 15 ketika berupaya merebut posisi 3 dari Russell.

Pada lap 24, Verstappen kembali mencoba menyalip Russell menggunakan DRS sebelum tikungan 1. Upayanya berhasil meski pada tikungan 3 Russell langsung menyalipnya kembali dalam perebutan posisi 2.

Baca Juga: Charles Leclerc Tak Mau Sesumbar Soal Performa Mesin Ferrari

3. Sedang memimpin balapan, Leclerc gagal finis lantaran mobilnya kehilangan tenaga

Leclerc unggul jauh dibandingkan para pesaingnya di belakang. Namun, nasib sial rupanya menghampiri pembalap berkebangsaan Monako itu. Dilansir Planet F1, pada lap 27, mobil Leclerc melambat dan mau tidak mau harus masuk ke pit untuk mengakhiri balapan lebih cepat.

Tentu, ini menjadi kerugian baginya dalam persaingan perebutan gelar juara dunia. Pasalnya, Leclerc dalam posisi berada di puncak klasemen sebelum balapan GP Spanyol digelar.

Pada saat yang bersamaan, kembali terjadi duel antara Russell dan Verstappen untuk memperebutkan posisi pimpinan balapan. Namun, Russell masih bisa mempertahankan posisinya dari kejaran juara dunia musim 2021 lalu tersebut.

4. Diminta 'mengalah', Perez disalip Verstappen dan bablas jadi pemenang GP Spanyol

Pada lap 29, Verstappen masuk pit untuk mengganti ke ban soft. Ini memberi peluang bagi Perez untuk berduel dengan Russell. Hasilnya, Perez sukses menyalip Russell untuk memimpin jalannya balapan.

Pada lap 47, Perez diberitahu oleh timnya bahwa dirinya punya strategi yang berbeda dari Verstappen. Ia diminta mengalah oleh tim jika Verstappen melaju lebih cepat meski merasa itu tidak adil.

Dua lap kemudian, Verstappen menyalip Perez untuk posisi pertama. Posisi tersebut tidak berubah hingga balapan usai. Verstappen finis sebagai pemenang, sedangkan Perez berada di posisi runner-up. George Russell menggenapi komposisi podium dengan melintasi garis finis di posisi ketiga.

5. Verstappen mengkudeta posisi puncak dari tangan Leclerc, kini unggul 6 poin

Max Verstappen Berjaya di GP Spanyol, Leclerc Kembali Bernasib Sialklasemen sementara Formula 1 usai GP Spanyol 2022 (twitter.com/F1)

Sebelum naik podium, Verstappen menceritakan apa yang dirinya alami selama balapan berlangsung. Ia mengaku kesulitan menyalip karena DRS yang tidak bekerja maksimal. Meski begitu, dirinya dan tim mampu mengatasi masalah tersebut dan memenangkan balapan.

"Jadi, di awal terasa sulit, tapi akhirnya memperoleh hasil bagus. Pada akhirnya, senang bisa menang dan aku turut senang kepada Perez. Itu hasil yang luar biasa untuk tim, kata Verstappen dilansir Formula 1.

Kemenangan Verstappen membuat dirinya mengkudeta posisi pertama dari tangan Leclerc. Ia kini unggul 6 poin dari Leclerc padahal sebelumnya tertinggal 19 poin sebelum GP Spanyol berlangsung.

 

Balapan berikutnya akan berlangsung di Monako pada 27--29 Mei 2022 mendatang. Balapan tersebut akan menjadi balapan di hadapan publik sendiri untuk Leclerc. Mampukah ia mempersembahkan kemenangan bagi para pendukungnya? Kita nantikan saja pekan depan ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Balapan Formula E dan Formula 1, Sudah Tahu?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya