Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!

Verstappen makin jauh ungguli Leclerc di klasemen sementara

Max Verstappen kembali menambah jumlah kemenangan pada Formula 1 2022. Pembalap Red Bull itu berhasil finis pertama pada GP Prancis yang berlangsung, Minggu (24/7/2022), malam WIB.

Menyusul Max Verstappen, Lewis Hamilton dan George Russell finis zona podium dengan masing-masing menyudahi balapan di posisi kedua serta ketiga. Sementara itu, Charles Leclerc harus gigit jari lantaran gagal finis pada balapan kali ini.

Seperti apa keseruan balapan F1 GP Prancis yang digelar di Circuit Paul Ricard, Prancis, ini? Yuk, simak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

1. Leclerc langsung pimpin balapan selepas start, Verstappen mengejar di belakangnya

Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!suasana lap pertama balapan GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Ketika lampu start padam, Leclerc yang meraih pole position langsung memimpin jalannya balapan. Verstappen yang berada di posisi kedua harus berhadapan dengan Lewis Hamilton yang berada di belakangnya.

Sementara itu, terjadi insiden antara Esteban Ocon dan Yuki Tsunoda pada lap pertama. Kedua pembalap mengalami kontak dan menyebabkan Tsunoda mengalami spin. Atas insiden tersebut, Ocon dijatuhi penalti lima detik.

Verstappen terus mengejar Leclerc guna mengambil alih pimpinan balapan. Akan tetapi, usaha pembalap berkebangsaan Belanda itu untuk berada di posisi terdepan masih belum menemui hasil.

2. Leclerc gagal finis usai mobilnya melintir dan menabrak barrier pada lap 18

Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!Mobil Leclerc menabrak barrier pada balapan GP Prancis 2022. (twitter.com/F1)

Pada lap 17, Verstappen masuk pit untuk mengganti ban ke jenis hard. Namun, belum ada tanda-tanda Leclerc dan Ferrari merespons tindakan Verstappen untuk mengganti ban ke jenis yang sama.

Alih-alih masuk pit, Leclerc justru gagal finis lantaran mobilnya melintir dan menabrak barrier di tikungan 11 saat balapan berumur 18 lap. Rasa frustrasi dan teriakan kekecewaan dikeluarkan Leclerc lewat komunikasi radio dengan tim sesaat setelah insiden terjadi. Dilansir Racing News 365, Leclerc juga mengeluhkan pedal gas mobilnya yang mengalami masalah.

Kondisi tersebut membuat Safety Car memasuki lintasan. Hal itu dimanfaatkan Hamilton, Russell, dan Perez untuk masuk pit. Selain itu, Sainz juga masuk pit pada lap 19 saat Safety Car masih ada di trek untuk melakukan pergantian ban ke jenis medium.

Akan tetapi, Sainz hampir saja bertabrakan dengan Alexander Albon selepas keluar dari pit box. Alhasil, Sainz diganjar penalti lima detik akibat unsafe release tersebut.

Baca Juga: GP Prancis Akan Menjadi Balapan Formula 1 ke-300 bagi Lewis Hamilton

3. Sainz sukses salip Perez, tapi di saat bersamaan Ferrari minta dirinya masuk pit

Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!Sainz menyalip Perez pada balapan GP Prancis 2022. (twitter.com/F1)

Meski dijatuhi penalti lima detik, Sainz tetap berusaha menyalip pembalap di depannya guna mendapat posisi finis terbaik. Puncaknya, Sainz berhasil menyalip Perez di tikungan terakhir pada penghujung lap 41.

Pada saat bersamaan, pihak tim meminta Sainz masuk pit untuk melakukan pergantian ban sekaligus menunaikan penalti lima detik yang didapatkan. Akan tetapi, Sainz menolak sebab posisinya sedang berduel sengit dengan Perez untuk perebutan posisi ketiga.

Sementara itu, Russell mengalami kontak dengan Perez di tikungan 8 pada lap 42. Meski begitu, kejadian tersebut tidak membuat Russell sampai harus dipenalti karena stewards menganggapnya sebagai insiden balap saja.

4. Russell berhasil salip Perez selepas Virtual Safety Car berakhir pada lap 50

Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!Russell berhasil menyalip Perez pada balapan GP Prancis 2022. (twitter.com/F1)

Bendera kuning kembali berkibar usai mobil Zhou berhenti di luar trek di tikungan 6 pada lap 49. Alhasil, Virtual Safety Car diberlakukan hingga tuntas satu lap berselang.

Ketika lampu hijau indikator balapan kembali berjalan normal menyala, Russell langsung memanfaatkan kesempatan menyalip Perez dan sukses merebut posisi ketiga dari pembalap Meksiko tersebut. Perez berusaha mengejar Russell guna kembali meraih posisi ketiga.

Namun, hal tersebut gagal terjadi hingga akhirnya Russell yang berhak finis di posisi ketiga. Di sisi lain, Verstappen finis sebagai yang tercepat dengan jarak cukup jauh dari Hamilton yang ada di posisi kedua.

5. Verstappen yang tetap tenang mengejar Leclerc selama awal balapan

Ditemui seusai balapan, Verstappen menjelaskan upayanya untuk tetap tenang selama mengejar Leclerc. Juara dunia Formula 1 musim 2021 tersebut juga memuji mobilnya yang tampil cepat selama balapan berlangsung.

"Aku pikir kami punya kecepatan yang benar-benar bagus sejak awal balapan. Aku menempatkan tekanan pada Leclerc. Namun, membuntuti dengan kondisi di sini membuat ban menjadi sangat panas. Aku tak bisa benar-benar bergerak, kecuali sekali di tikungan 11.

Akan tetapi, kami mencoba untuk tenang dan tetap mendekat. Tentu, kami masuk pit sedikit lebih cepat. Sejak saat itu, kamu tak pernah tahu seperti apa balapan akan berlangsung. Mobil kami cepat kali ini dan Leclerc tidak dalam kondisi beruntung. Aku harap dia baik-baik saja," jelas Verstappen dilansir Formula 1.

6. Verstappen semakin unggul di klasemen pembalap sementara usai kesuksesan Formula 1 GP Prancis

Verstappen Finis Pertama di F1 GP Prancis, Leclerc Crash!klasemen sementara usai Formula 1 GP Prancis 2022 (twitter.com/F1)

Kemenangan pada GP Prancis membuat Verstappen kini mengoleksi tujuh kemenangan selama Formula 1 2022 ini. Ia pun semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 233 poin.

Verstappen unggul 63 poin dari Charles Leclerc yang ada di peringkat kedua. Tentunya, Leclerc perlu segera mengatasi masalah yang ada di timnya jika ingin memangkas jarak dengan Verstappen.

Formula 1 seri berikutnya akan berlangsung di Hungaroring, Hungaria, pada 29--31 Juli 2022 mendatang. Sanggupkah Leclerc menebus kegagalannya di GP Hungaria akhir pekan nanti?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Prancis

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya