Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP Azerbaijan

Verstappen dan Russell terlibat kontak pada lap pertama

Sprint race Formula 1 GP Azerbaijan berlangsung sengit sejak lap awal. Balapan yang berlangsung pada, Sabtu (29/4/2023) malam WIB itu berhasil dimenangkan oleh Sergio Perez.

Meski begitu, Max Verstappen dan George Russell mendapat sorotan kamera lebih banyak usai sprint race. Pasalnya, kedua pembalap mengalami tensi tinggi setelah terlibat duel pada lap pertama. Max Verstappen melayangkan kritik terhadap George Russell yang dianggap melakukan manuver berisiko.

1. Kronologi kejadian lap pertama sprint race antara Max Verstappen dan George Russell

Selepas lampu start padam, Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi ketiga dibuntuti oleh George Russell sejak tikungan pertama. Kedua pembalap terlibat duel saat memasuki tikungan kedua.

Russell yang berada di dalam sisi tikungan berusaha menyalip Verstappen. Akan tetapi, kedua pembalap mengalami kontak dan Russell belum bisa mengkudeta posisi kedua dari Verstappen.

Kesempatan kembali datang di tikungan ketiga. Kali ini, Russell berhasil menyalip Verstappen tanpa menyenggol mobil pembalap Red Bull tersebut.

Pada prosesnya, Russell gagal mempertahankan posisi ketiga dari Verstappen dan harus puas finis di posisi keempat. Pembalap asal Inggris itu meraup 5 poin dari sprint race yang berlangsung selama 17 lap.

Baca Juga: Charles Leclerc Raih Pole Position di Formula 1 GP Azerbaijan 2023

2. Max Verstappen kesal terhadap manuver berisiko George Russell saat sprint race

Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP AzerbaijanMax Verstappen melihat mobilnya yang mengalami kerusakan di bagian sidepod. (twitter.com/F1)

Selepas sprint race, Verstappen melontarkan kekesalannya terhadap Russell yang dianggap melakukan manuver berisiko pada awal balapan. Sebab, kontak yang terjadi antara kedua pembalap menyebabkan sidepod sisi kiri mobil Verstappen rusak.

"Aku tak paham bagaimana dia bisa mempertahankan posisinya hingga merusak mobilku. Ini agak konyol. Aku tak paham mengapa Anda harus mengambil terlalu banyak risiko," kata Verstappen dilansir F1i.

3. Penilaian Max Verstappen terhadap alasan George Russell atas kejadian lap awal sprint race

Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP AzerbaijanMax Verstappen berbicara dengan George Russell usai sprint race GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Russell menjelaskan kepada Verstappen bahwa ban mobilnya mengalami lock-up. Akan tetapi, Verstappen menilai itu bukanlah sebuah alasan terhadap manuver yang dipandang terlalu berisiko.

"Dia mengalami understeer menuju ke sidepod mobilku dan menciptakan lubang. Ban kami semua dingin dan mudah terkunci.

Dengan caranya menjelaskan, 'Ah, teman, aku terkunci. Lihatlah pada on-board,'. Itu tidak masuk akal. Namun, tak apa-apa. Kami masih dapat posisi ketiga dan meraih beberapa poin yang bagus," jelas Verstappen.

4. George Russell terkejut dengan reaksi Max Verstappen atas kejadian lap pertama

Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP Azerbaijanpembalap Mercedes George Russell (twitter.com/MercedesAMGF1)

Di lain pihak, George Russell mengaku terkejut dengan reaksi Verstappen atas kejadian pada lap pertama sprint race. Pembalap bernomor mobil 63 itu menilai Verstappen akan melakukan hal serupa seperti dirinya jika berada dalam posisi yang sama.

"Maksudku, aku berada di sisi dalam. Aku pikir, sebagai seorang pembalap, Anda tahu risiko saat Anda berada di sisi luar. Aku di sini untuk bertarung dan meraih kemenangan. Aku tak akan menahan diriku hanya karena dia memimpin klasemen sementara," tegas Russell dikutip Racing News 365.

5. George Russell tegaskan tak ada unsur kesengajaan dari kontak pada lap pertama

Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP Azerbaijanpembalap Mercedes George Russell (formula1.com)

Russell menjelaskan bahwa kontak yang terjadi antara dirinya dan Verstappen tidak ada unsur kesengajaan. Justru, ia merasa cukup kaget terhadap upaya Verstappen yang mempertahankan posisi saat berada di sisi luar tikungan.

"Aku cukup kaget dia masih mencoba untuk menahannya di sisi luar. Ini di sirkuit jalanan. 

Tak ada kontak yang disengaja. Aku melakukan yang terbaik untuk mendapatkan pertarungan yang clean. Akan tetapi, seperti yang kubilang, aku cukup kaget bahwa dia malah tidak menerimanya", papar Russell.

Main race Formula 1 GP Azerbaijan sendiri akan berlangsung pada Minggu (30/4/2023) pukul 18.00 WIB. Akankah duel panas Max Verstappen dan George Russell berlanjut di balapan utama nanti?

Baca Juga: Max Verstappen Tak Berhasrat Pecahkan Rekor Dua Legenda Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya