Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung Terpenuhi

Verstappen mampu ungguli Hamilton hingga akhir balapan

Max Verstappen sukses keluar sebagai pemenang Formula 1 GP Belanda pada Minggu (5/9) malam WIB. Ia finis terdepan ungguli duo Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Balapan yang berlangsung di sirkuit Zandvoort itu ditonton langsung oleh para pendukung Verstappen. Sebab, ini balapan di negaranya sendiri. Kemenangan Verstappen ini berhasil memenuhi ekspektasi publik negara Kincir Angin tersebut.

1. Verstappen tunjukkan performa terbaik sepanjang akhir pekan GP Belanda

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat lintasi garis finis pada GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen mampu tampilkan performa terbaik sepanjang akhir pekan di GP Belanda. Pembalap Red Bull itu sukses meraih pole position berkat keunggulan tipis 0,038 detik dari Hamilton.

Pada balapan pun, Verstappen juga berhasil menuntaskan balapan tanpa membuat kesalahan. Strategi pit stop tim pun turut membantunya dalam meraih kemenangan di depan pendukung sendiri. Pada akhirnya, bendera dan lagu kebangsaan Belanda berkumandang sebagai penutup kesuksesannya di Zandvoort.

2. Verstappen tahu ekspektasi tinggi pendukung pada balapan GP Belanda

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat angkat trofi pada GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Balapan di negara sendiri menjadi pengalaman tak terlupakan untuk Verstappen. Pembalap bernomor mobil 33 itu mengaku jika para penggemar punya ekspektasi tinggi terhadapnya. Mereka ingin melihat dirinya naik di podium tertinggi di Zandvoort.

“Aku tahu para penggemar punya ekspektasi tinggi ketika datang ke sini. Mereka pastinya ingin menang. Ini tak pernah mudah sebelum Anda berada di sini. Pastinya aku sudah sangat puas dengan pole position, tapi juga senang memenangkan balapan”, papar Verstappen dilansir PlanetF1.

Baca Juga: 5 Momen Terbaik Max Verstappen Saat Meraih Podium, Aksinya Memukau

3. Verstappen berusaha jaga fokus saat balapan di hadapan ribuan pendukung sendiri

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat balapan GP Belanda (twitter.com/redbullracing)

Memang, menjaga fokus saat balapan disaksikan oleh ribuan pendukung di negara asal bukan perkara mudah untuk Verstappen. Tapi, ia tetap bersikap profesional dengan berupaya memberikan hasil maksimal.

“Aku tahu aku harus fokus saat balapan, itu cukup mudah. Tapi, pastinya ada lebih banyak gangguan terutama ketika Anda berada di grid dan di belakang kemudi. Ada banyak keramaian. Aku pikir kami cukup profesional untuk fokus pada pekerjaan kami saat berada di dalam mobil”.

4. Verstappen rasakan tekanan yang diberi Hamilton saat balapan

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiVerstappen saat berada di depan Bottas dan Hamilton (twitter.com/redbullracing)

Perang strategi pit stop antara Red Bull dan Mercedes sempat membuat jarak Verstappen dan Hamilton mendekat hingga menjadi satu detik saja. Namun, Hamilton gagal menyalip Verstappen hingga akhir lomba. Justru, Hamilton masuk pit ketiga kalinya untuk memakai ban soft guna mencari poin tambahan dari fastest lap.

Walau begitu, Verstappen merasakan tekanan yang diberikan oleh rivalnya itu. Ia pun bersyukur keputusan tim untuk dirinya dengan pemakaian ban hard di pit stop kedua berbuah kemenangan.

“Sepanjang balapan, ada jarak yang dekat antara aku dan Hamilton. Dia benar-benar memberi tekanan, tetap memberi beberapa lap bagus. 

Aku berpikir juga setelah pit stop terakhir. Aku pikir pada satu titik untuk berada dengan ban medium, dan aku pakai ban hard. Beruntung, itu (ban hard) dapat bertahan hingga akhir”, kata Verstappen dikutip Autosport.

5. Hasil balapan GP Belanda dan posisi Verstappen di klasemen pembalap

Verstappen Menang GP Belanda, Ekspektasi Pendukung TerpenuhiHasil balapan F1 GP Belanda (twitter.com/F1)

Kemenangan di GP Belanda membuat Verstappen kini berada di puncak klasemen dengan koleksi 224,5 poin. Ia unggul 3 poin dari Lewis Hamilton. Sementara itu, Valtteri Bottas bertengger di posisi ketiga dengan 123 poin.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Monza, Italia pada 10-12 September mendatang. Akankah Verstappen kembali meraih kemenangan? Atau, Monza akan jadi arena ‘balas dendam’ Hamilton usai takluk di GP Belanda?

Baca Juga: F1: Ketegangan Max Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya