Verstappen Pakai Nomor 1 jika Jadi Juara Dunia Formula 1

Sebut nomor 1 bisa menaikkan nilai merchandise

Persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 2021 masih sengit. Max Verstappen unggul 19 poin dari rival terdekatnya, Lewis Hamilton.

Kans Verstappen untuk meraih gelar juara dunia masih sangat terbuka. Jika pada akhirnya pembalap asal Belanda itu mampu meraih gelar, ia akan memakai nomor mobil 1 pada musim mendatang.

1. Sejak aturan nomor mobil teranyar diberlakukan, baru Vettel yang memakai nomor 1

Sejak 2014, para pembalap diizinkan untuk memilih nomor mobil mereka sendiri. Hal ini menggantikan aturan sebelumnya ketika para pembalap memakai nomor mobil berdasarkan posisi klasemen pembalap dan konstruktor.

Hingga saat ini, pembalap yang memakai nomor 1 setelah aturan baru diberlakukan hanyalah Sebastian Vettel. Saat itu, pembalap yang kini memperkuat Aston Martin tersebut memakainya pada 2014, seusai menyabet gelar juara dunia semusim sebelumnya.

2. Verstappen sebut nomor mobil 1 akan menambah nilai jual merchandise

Verstappen Pakai Nomor 1 jika Jadi Juara Dunia Formula 1Max Verstappen mengepalkan tangan usai GP Meksiko. (formula1.com)

Saat ditanya apakah ada kemungkinan untuk mengganti nomor 33 yang melekat di mobilnya dengan nomor 1 usai menyabet gelar juara, Verstappen memberi jawaban antusias. Bahkan, ia berkelakar jika nomor 1 akan meningkatkan nilai merchandise yang bertemakan dirinya.

“Pastinya menarik. Berapa banyak kesempatan yang bisa Anda dapatkan untuk memakai nomor 1? Dan, itu baik untuk penjualan merchandise. Langkah pintar untuk melakukannya,” jawab Verstappen dilansir ESPN.

Baca Juga: 5 Rekor Max Verstappen di Formula 1, Calon Juara Dunia 2021

3. Meski antusias dengan nomor mobil 1, Verstappen fokus menuntaskan musim 2021

Verstappen Pakai Nomor 1 jika Jadi Juara Dunia Formula 1Verstappen tengah bersiap mejelang balapan. (formula1.com)

Walau merasa antusias dengan nomor mobil 1, Verstappen berusaha untuk tetap fokus menuntaskan beberapa seri balap tersisa musim ini. Ia pun tak ingin kejadian pada GP Inggris dan Hungaria menimpanya kembali.

Saat itu, Verstappen datang ke Silverstone dengan keunggulan 32 poin. Namun, dua hasil buruk di GP Inggris dan Hungaria membuatnya tertinggal delapan poin dari Hamilton di klasemen.

“Pada balapan tersisa, semua bisa terjadi. Kami tampak baik, tetapi banyak bisa berubah dengan cepat. Aku punya keunggulan besar di klasemen dan menghilang dalam dua pekan balapan. Jadi, kami berusaha untuk melakukan yang terbaik dan berusaha memenangi balapan.”

4. Hamilton beri penjelasan mengapa tak pakai nomor mobil 1 meski rengkuh gelar juara dunia

Verstappen Pakai Nomor 1 jika Jadi Juara Dunia Formula 1Lewis Hamilton saat hadiri konferensi pers GP Meksiko. (formula1.com)

Di sisi lain, Hamilton menanggapi mengapa dirinya tak memakai nomor 1 saat dirinya meraih gelar juara dunia era turbo hybrid. Menurutnya, nomor 44 yang melekat pada dirinya lebih bermakna daripada nomor 1.

“Nomor 44 berarti banyak bagiku ketimbang nomor 1. Itu bukan berarti aku bukan nomor 1. Nomor 44 adalah nomor keluargaku. Itu nomor yang aku punya ketika memulai karier balapan. Aku memenangi kejuaraan karting dengan 44. Nomor itu begitu berarti buatku,” ujar Hamilton dikutip PlanetF1.

5. Selain Lewis Hamilton, Nico Rosberg juga tak pakai nomor 1 setelah meraih gelar juara dunia

Verstappen Pakai Nomor 1 jika Jadi Juara Dunia Formula 1mantan pembalap Formula 1 Nico Rosberg (carandbike.com)

Selain Lewis Hamilton, Nico Rosberg adalah pembalap yang meraih gelar juara dunia yang tak memakai nomor 1 usai aturan baru terkait nomor mobil ditetapkan. Pasalnya, Rosberg menyatakan pensiun setelah menjadi juara dunia Formula 1 pada 2016 silam.

Menarik untuk dinantikan apakah Verstappen akan benar-benar memakai nomor mobil 1 seandainya menyabet gelar juara dunia 2021. Apakah Verstappen cocok pakai nomor 1 atau tetap 33 saja?

Baca Juga: 7 Kemenangan Lewis Hamilton Paling Tak Terlupakan di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya