F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedes

Kemenangan pertama Red Bull di musim 2020

Max Verstappen sukses menyabet kemenangan pada seri kelima Formula 1 yang berlangsung di Silverstone, Inggris pada Minggu (10/8) malam WIB.

Verstappen mampu patahkan dominasi Mercedes yang sedari awal musim menyabet kemenangan lewat dua jagoan mereka Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Lebih spesial lagi, Verstappen raup kemenangan di balapan spesial. Yup, ia menang dalam seri khusus ulang tahun Formula 1 ke-70.

1. Bottas langsung pimpin lomba selepas start, Vettel lagi-lagi melintir meski dapat lanjutkan balapan

F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedesformula1.com

Valtteri Bottas yang memulai balapan dari posisi pertama langsung memimpin selepas lampu start padam. Sempat mendapatkan perlawanan dari Hamilton, posisi pembalap Finlandia itu tetap aman dari serangan rekan setimnya.

Masalah justru kembali dialami oleh Sebastian Vettel di awal lomba. Vettel kembali spin atau melintir di tikungan 1. Beruntung pembalap Jerman itu masih dapat melanjutkan balapan walau posisinya langsung anjlok ke peringkat ke-20.

Nico Hulkenberg yang beri kejutan dengan start dari posisi ketiga ternyata tak mampu membendung perlawanan Verstappen. Posisinya di awal balapan langsung diambil alih oleh Verstappen untuk menempel ketat duo Mercedes di depannya.

2. Duo Mercedes masuk pit lebih dini, Verstappen bertahan lebih lama di atas lintasan

F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedestwitter.com/F1

Pemakaian ban kompon medium oleh duo Mercedes membuat mereka harus masuk pit stop lebih dini. Dikutip dari formula1.com, Bottas lebih dulu mengganti ban ke kompon hard pada lap 14. Satu lap kemudian giliran Hamilton masuk di lap 15.

Sebelumnya, Hamilton mengeluhkan bahwa ban belakangnya sudah 'habis' sebab memakai kompon medium. Hamilton pun memakai kompon ban yang sama dengan Botttas. Verstappen pun memimpin balapan sebab ban hard yang dia pakai mampu bertahan lama di lintasan.

Di sisi lain, pembalap Ferrari Charles Leclerc sukses menyalip Lando Norris di lap 20. Leclerc dan Norris saling berkejaran untuk merebut posisi sepuluh. Namun, pertarungan dimenangkan oleh Leclerc.

Baca Juga: Ungguli Verstappen, Hamilton Raih Pole Position GP Singapura

3. Sempat disusul Bottas usai ganti ban, Verstappen kembali kuasai balapan

F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedestwitter.com/F1

Verstappen akhirnya masuk pit pada lap 27 dan mengganti ban dengan kompon medium. Pergantian ban ini terbilang cukup lambat sehingga Bottas dapat mengambil posisi satu dari Verstappen.

Namun, Bottas tak dapat berlama-lama menduduki pucuk pimpinan balapan. Pada lap yang sama Verstappen sukses asapi Bottas di tingkungan Luffield, nama untuk tikungan 7 di sirkuit Silverstone. 

Keduanya bahkan masuk pit stop di saat bersamaan pada lap 33. Tetapi, Verstappen keluar pit lane lebih dulu dan masih mempertahankan posisi pertama dari kejaran Bottas. Kedua pembalap sama-sama memakai ban hard hingga akhir lomba.

4 Hamilton salip Bottas setelah pergantian ban, Verstappen finish sebagai juara

F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedestwitter.com/F1

Saat Bottas mengganti ban pada lap 33, Hamilton masih belum masuk pit stop. Dilansir motorsportweek.com, Hamilton kembali mengeluhkan ban yang dia pakai mulai habis dan kecepetan mobilnya pun mulai tereduksi.

Pada akhirnya, Hamilton masuk pit pada lap 42 gunakan kompon ban hard. Strategi Mercedes ini sukses mengantarkan pembalap Inggris itu merebut posisi runner-up dari Bottas berkat kondisi ban baru yang lebih baik. Hasil ini pun bertahan hingga bendera finis dikibarkan.

Sementara itu, Verstappen terus melaju dan melenggang sebagai pemenang. Ia menang dengan jarak 11,326 detik dari Hamilton. Sementara itu, Leclerc mampu meraih posisi keempat meski hanya melakukan satu kali pergantian ban. Dikutip dari crash.net, Alexander Albon menggenapi posisi lima besar dalam seri balap kali ini.

5. Hasil lengkap F1 70th Anniversary GP di Silverstone

F1 GP Anniversary: Verstappen Sukses Patahkan Dominasi Duo Mercedestwitter.com/F1

Hasil apik Verstappen membuatnya untuk sementara berada di posisi kedua klasemen pembalap dengan 77 poin. Ia berselisih 30 poin dari Hamilton yang memimpin klasemen pembalap lewat perolehan 107 poin.

Seri balap F1 berikutnya akan menyambangi Belgia pada 28-30 Agustus mendatang. Balapan ini akan berlangsung di sirkuit Spa-Francorchamps.

Nah, buat yang ketinggalan aksi seru balapan tadi malam, kamu bisa langsung simak hasil lengkapnya berikut ini, ya.

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Max Verstappen, Pebalap Termuda yang Raih Podium Teratas di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya