Comscore Tracker

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP Hungaria

Posisi kedua yang didapat Vettel pun dianulir

Sebastian Vettel berhasil finis kedua pada balapan Formula 1 GP Hungaria yang berlangsung pada Minggu (1/8/2021) malam WIB. Namun, kebahagiaan pembalap asal Jerman itu tak berlangsung lama.

Pasalnya, Vettel didiskualifikasi akibat masalah sampel bahan bakar pada mobilnya. Pihak pengawas balapan tak bisa mendapat sampel bahan bakar dari mobil Vettel dalam jumlah tertentu yang sudah diatur dalam aturan yang berlaku.

1. Jumlah sampel bahan bakar Vettel tak sesuai aturan FIA

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP HungariaIsi pernyataan diskualifikasi Vettel pada GP Hungaria (twitter.com/f1speed_indo)

Seperti dilansir formula1.com, disebutkan bahwa para tim harus memastikan bahwa sampel bahan bakar sebanyak 1 liter dapat diambil dari mobil kapan saja selama event. Namun, pada kasus Vettel, pihak pemeriksa dari FIA hanya bisa mengambil 0,3 liter dari mobil Vettel.

“Pada kondisi ini, mobil nomor 5 tidak memenuhi syarat aturan 6.6 FIA Technical Regulations. Berdasarkan pada aturan 6.6.2, kompetitor harus memastikan bahwa sampel bahan bakar sebesar 1 liter bisa diambil dari mobil kapan saja. Prosedur yang diikuti ternyata tidak bisa untuk mengambil sampel bahan bakar sebesar 1 liter,” bunyi pernyataan resmi FIA.

2. Aston Martin ajukan banding, yakini masih ada banyak bahan bakar di mobil Vettel

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP HungariaSebastian Vettel naik podium GP Hungaria sebelum putusan diskualifikasi (twitter.com/sebvettelnews)

Di sisi lain, pihak Aston Martin percaya bahwa sisa bahan bakar pada mobil Vettel masih banyak dan jauh di atas ambang batas yang ditentukan. Untuk itulah Aston Martin berencana melakukan banding atas putusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepada Vettel.

“Aku dapat mengonfirmasi bahwa kami mengajukan banding. Jadi, kami mempelajari lebih lanjut. Jika kami memiliki bukti, kami akan ajukan banding dan jika kami tak punya kami akan membatalkan. Kami hanya punya 96 jam untuk itu,” kata Otmar Szafnauer selaku Team Principal Aston Martin dikutip dari Motorsport.com.

“Dengan semua penghitungan kami, seharusnya ada 1,44 liter bahan bakar yang tersisa di mobil setelah diambil 300 mililiter. Kami hanya perlu menunjukkan pada FIA bahwa itu ada di sana dan 300 mililiter cukup untuk sampel bahan bakar mereka. Itu akan jadi dasar banding kami,” lanjutnya.

Baca Juga: Aston Martin Ingin Bersaing di Papan Atas Formula 1 Musim 2022 

3. Masalah bahan bakar diduga berkaitan dengan kejadian sesudah balapan

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP HungariaSebastian Vettel saat balapan GP Hungaria (twitter.com/formularacers_)

Masalah bahan bakar yang dialami Vettel disinyalir berkaitan dengan apa yang terjadi sesudah balapan. Vettel harus berlari ke parc ferme sebab mobilnya gagal menuju ke jalur pit. Mobilnya berhenti pada dua tikungan terakhir sirkuit Hungaroring.

Tim memercayai bahwa itu disebabkan oleh masalah pompa bahan bakar. Kondisi tersebut diduga dapat menjelaskan mengapa sisa bahan bakar yang masih banyak di mobil Vettel tak ditemukan.

“Sepertinya aku pribadi tak tahu, kami belum bisa membongkarnya. Namun, untuk beberapa alasan, pompa bahan bakar tak akan membuat bensin keluar dari mobil,” jelas Szafnauer.

4. Vettel didiskualifikasi, Hamilton ambil alih posisi kedua

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP HungariaHasil balapan F1 GP Hungaria usai Vettel didiskualifikasi (twitter.com/F1)

Didiskualifikasinya Vettel di GP Hungaria praktis membuat posisi Hamilton naik ke peringkat kedua pada balapan di sirkuit Hungaroring. Sementara itu, Sainz yang finis di posisi keempat berhak atas peringkat ketiga GP Hungaria.

Esteban Ocon berhasil mencatatkan kemenangan perdana sepanjang kariernya di Formula 1. Ia mampu menuntaskan balapan yang penuh drama sejak awal balapan yang membuat sejumlah pembalap gagal finis.

5. Ocon masuk sepuluh besar klasemen pembalap, Hamilton kudeta posisi Verstappen

Akibat Sampel Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi di GP HungariaKlasemen sementara F1 2021 usai GP Hungaria dan putusan diskualifikasi Vettel (twitter.com/F1)

Keberhasilan Ocon menjuarai GP Hungaria membuat posisinya terkerek ke sepuluh besar klasemen pembalap. Di sisi lain, Hamilton sukses mengkudeta posisi puncak klasemen dari Verstappen.

Pembalap asal Inggris itu kini kumpulkan 195 poin, unggul delapan poin dari Verstappen. Kini, Formula 1 2021 memasuki jeda tengah musim. Balapan berikutnya akan berlangsung 27--29 Agustus di Belgia.

Baca Juga: F1: Terlibat Insiden di GP Bahrain, Vettel Akui Sempat Salahkan Ocon

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya