Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 

Akhiri karier dengan sederet prestasi gemilang di Formula 1

Kabar mengejutkan datang dari Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman itu secara resmi akan gantung helm dari ajang Formula 1 pada akhir musim 2022.

Keputusan ini disampaikan langsung lewat akun Instagram resmi Sebastian Vettel, Kamis (28/7/2022), sore WIB. Tentunya, kabar ini menjadi momen mengharukan bagi seluruh penggemar Formula 1 di seantero dunia.

1. Vettel sebut keputusan pensiun bukanlah hal mudah untuk dirinya ambil

Vettel mengakui keputusan untuk memilih pensiun pada penghujung musim ini bukanlah pilihan mudah. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama berkiprah di ajang Formula 1.

"Pada akhir tahun, aku ingin mengambil banyak waktu untuk memikirkan apa yang akan aku fokuskan selanjutnya. Sangat jelas bagiku bahwa, sebagai seorang ayah, aku ingin menghabiskan waktu bersama keluargaku.

Hari ini bukanlah tentang mengucap selamat tinggal. Justru, ini tentang mengucapkan terima kasih kepada semua orang, tak terkecuali para penggemar. Tanpa dukungan penuh semangat, Formula 1 tidak akan ada," ucap Vettel dilansir Race Fans.

2. Lawrence Stroll menghargai keputusan Vettel

Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 pembalap Aston Martin Sebastian Vettel (formula1.com)

Lawrence Stroll selaku pemilik Aston Martin mengucapkan terima kasih kepada Vettel. Sejatinya, pihak tim ingin mempertahankan Vettel untuk tetap bersama mereka pada Formula 1 2023. Akan tetapi, Lawrence Stroll dan Aston Martin menghargai keputusan yang telah diambil pembalap bernomor mobil 5 tersebut.

"Kami menjelaskan kepadanya bahwa kami ingin ia melanjutkan perjalanan bersama kami tahun depan. Namun, pada akhirnya dia telah melakukan apa yang dirasa tepat untuk dirinya dan keluarga. Tentu saja kami menghargai itu.

Dia telah membalap pada beberapa balapan luar biasa untuk kami. Di belakang layar, pengalaman dan keahliannya dengan teknisi kami amatlah bernilai," jelas Lawrence dikutip Motorsport.com.

Baca Juga: Jadwal F1 2022 Kian Padat, Vettel: Bikin Balapan Tak Lagi Spesial!

3. Aston Martin berusaha yang terbaik hingga balapan terakhir Vettel di Abu Dhabi mendatang

Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 Sebastian Vettel dalam salah satu balapan Formula 1 musim 2022 (formula1.com)

Vettel masih akan membalap dengan Aston Martin hingga seri pemungkas musim ini di Abu Dhabi. Tentu, tim yang berbasis di Silverstone, Inggris, itu berupaya memberikan yang terbaik untuk pembalap berusia 35 tahun itu sebagai "kado" perpisahan.

"Dia adalah salah satu yang terhebat dalam sejarah Formula 1. Sebuah kehormatan bisa bekerja dengannya. Dia akan terus membalap bersama kami hingga GP Abu Dhabi. Kami akan memberikannya perpisahan yang luar biasa," ujar Lawrence.

4. Debut pada musim 2007, Vettel sukses catatkan rekor pada 2008 bersama Toro Rosso

Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 Sebastian Vettel saat menangi GP Italia 2008 bersama Toro Rosso (scuderia.alphatauri.com)

Vettel sudah 16 musim membalap di Formula 1. GP Amerika Serikat musim 2007 menjadi debutnya di ajang balap jet darat. Ketika itu, Vettel memperkuat BMW Sauber dan langsung finis di posisi ke-8 pada balapan yang digelar di Indianapolis Motor Speedway.

Masih pada musim yang sama, Vettel berganti tim karena promosi ke Toro Rosso. Perlu diketahui, Vettel merupakan bagian dari Red Bull Junior Team dan terikat kontrak dengan Red Bull Racing.

Toro Rosso sendiri adalah sister team dari Red Bull. Vettel masuk menggantikan Scott Speed pada GP Hungaria hingga seri terakhir yang berlangsung di Brazil. 

Bersama Toro Rosso, ia berhasil mencatatkan diri sebagai pembalap termuda yang mampu meraih pole position dalam sejarah Formula 1. Ia berhasil memperoleh start terdepan pada GP Italia musim 2008 pada usia 21 tahun 72 hari.

Pada balapan itu, Vettel mampu mengonversi keunggulan pole position menjadi kemenangan perdananya di Formula 1. Rekor sebagai pembalap termuda yang meraih pole position dan memenangkan balapan pada satu balapan yang sama tersebut masih bertahan hingga saat ini.

5. Vettel raih juara bersama Red Bull empat kali beruntun sebelum pindah ke Ferrari

Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 Selebrasi Vettel usai meraih gelar juara dunia pada musim 2013. (formula1.com)

Kebersamaan Vettel dan Toro Rosso hanya berlangsung singkat. Sebab, pada musim 2009, ia memperkuat Red Bull hingga musim 2014. Selama 6 musim di tim tersebut, Vettel mampu mempersembahkan empat gelar juara dunia beruntun dari musim 2010 hingga 2013.

Selepas dari Red Bull, Vettel melanjutkan perjalanannya di Formula 1 bersama Ferrari pada musim 2015 sampai 2020. Sayangnya, Vettel tak mampu meraih gelar juara bersama tim berjuluk kuda jingkrak itu. Capaian terbaiknya adalah finis runner-up di klasemen pembalap pada musim 2017 dan 2018.

Kini, Vettel menjalani musim kedua bersama Aston Martin sekaligus menjadi musim terakhirnya bersama tim ber-livery hijau tersebut. Prestasi terbaiknya bersama Aston Martin adalah finis kedua pada GP Azerbaijan musim 2021.

Vettel akan menutup buku karierinya di Formula 1 pada penghujung musim 2022 ini. Perjalanannya selama berjibaku di atas lintasan tentu bakal terkenang sepanjang masa. Apakah kamu punya kenangan tak terlupakan selama Vettel membalap di ajang Formula 1?

Baca Juga: Binotto: Ferrari Jauh Lebih Baik Ketimbang saat Era Sebastian Vettel

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya