Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022

Diskusi rencananya akan dilakukan sepanjang November

Formula 1 musim 2021 memiliki format kualifikasi baru. Format tersebut dinamakan sprint qualifying. Sesi ini akan menentukan posisi start para pembalap untuk balapan utama di hari Minggu dengan menjalani balapan sepanjang 100 km atau kira-kira berdurasi 25--30 menit pada hari Sabtu setelah sesi latihan kedua.

Kesuksesan menggelar sprint qualifying pada dua balapan di GP Inggris dan Italia membuat ada wacana menggelar lebih banyak sesi tersebut di musim mendatang. GP Australia dikabarkan akan jadi seri balap yang dibidik untuk melangsungkannya.

1. Bos GP Australia konfirmasi akan gelar diskusi perihal sprint qualifying

Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022Balapan Formula 1 2019 GP Australia (formula1.com)

Bos penyelenggara GP Australia, Andrew Westacott, telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan berdiskusi perihal peluang menggelar sprint qualifying pada musim 2022 mendatang. Rencananya, dialog akan dilakukan bersama Formula 1 sepanjang November tahun ini.

“Aku akan berbicara tentang itu dengan Formula 1 sepanjang November. Ini bukan sesuatu yang pernah aku diskusikan, tapi yang terpenting dari itu semua adalah memperoleh kesepakatan dan memastikan segala sesuatunya ada dalam kalender balap,” papar Westacott dilansir speedcafe.com.

2. Wacana sprint qualifying di sirkuit Albert Park ditunjang dengan modifikasi pada sejumlah tikungan trek

Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022Modifikasi tikungan 13 sirkuit Albert Park (formula1.com)

Keinginan menggelar sprint qualifying di sirkuit Albert Park pada musim mendatang bukan tanpa sebab. Selain popularitas sesi ini yang kian meningkat, sirkuit Albert Park juga sudah mengalami renovasi yang digadang akan menghadirkan balapan yang lebih cepat dan seru.

Berdasarkan data dari Formula1.com, total ada tujuh tikungan yang mengalami modifikasi dengan dua di antaranya dihilangkan. Tikungan yang dihilangkan adalah tikungan 9 dan 10 yang merupakan tikungan chicane.

Dua tikungan tersebut telah diluruskan dan pembalap dapat memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Area tersebut juga berpotensi menjadi zona DRS lainnya di sirkuit Albert Park.

Baca Juga: Jean Todt Nilai Formula 1 Tak Perlu Gelar Sprint Race

3. Selain modifikasi sejumlah tikungan, sirkuit Albert Park alami pelebaran pada pit lane

Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022Kondisi pit lane sirkuit Albert Park sebelum dimodifikasi (motorsportweek.com)

Selain melakukan perubahan pada sejumlah tikungan, sirkuit Albert Park juga melakukan pelebaran pada pit lane. Area tersebut mengalami pelebaran sebesar 2 meter dengan harapan batas kecepatan di area tersebut dapat meningkat dari 60 km/jam menjadi 80 km/jam.

“Semua aspek yang dilakukan melalui simulasi menunjukkan bahwa akan ada DRS keempat di Albert Park. Pada saat bersamaan, indikasi batas kecepatan di pit lane akan bertambah sebesar 20 km/jam,” papar Westacott.

4. GP Australia tunggu putusan FIA terkait zona DRS keempat dan batas kecepatan area pit lane

Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022Lampu start sirkuit Albert Park (formula1.com)

Walau berdasarkan simulasi yang sudah dilakukan ada kemungkinan pertambahan zona DRS serta naiknya batas kecepatan di pit lane, pihak GP Australia tak mau buru-buru memastikan. Kewenangan untuk mengesahkan itu semua berada di tangan FIA.

“Michael Masi adalah Race Director Formula 1 dan pihak FIA serta kejuaraan tak akan memutuskan hal tersebut sampai beberapa waktu jelang balapan digelar. 

Aku bisa memahami hal itu juga berkaitan dengan tingkatan yang lebih tinggi sehubungan dengan mobil baru yang akan hadir pada musim 2022,” ujar Westacott dikutip PlanetF1.

5. GP Australia 2022 bakal dilangsungkan pada 8--10 April 2022

Ada Wacana Gelar Sprint Qualifying pada Formula 1 GP Australia 2022Balapan Formula 1 GP Australia 2019 (formula1.com)

Sejatinya, GP Australia masuk kalender balap musim 2021 dan bakal menggelar balapan pada 19--21 November mendatang. Namun, akibat pandemi COVID-19, balapan di negara asal Daniel RIcciardo itu batal dilangsungkan dan diganti dengan GP Qatar.

GP Australia dijadwalkan akan menjadi seri ketiga pada musim 2022 mendatang. Rencananya, balapan akan dihelat pada 8--10 April tahun depan.

Baca Juga: Hamilton Berharap Formula 1 Kembali Gelar GP Afrika Selatan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya